Ini Yang Harus Kamu Pelajari sebelum Terjun di Bisnis Dropship

Memulai usaha atau bisnis bukan pekerjaan mudah bagi anda yang baru memulai usaha, oleh karena itu anda harus banyak mencari peluang-peluang usaha yang sudah ada di lapangan, salah satunya dalah peluang usaha dropship. Dropship atau dengan kata lain usaha makelar plus merupakan peluang bisnis yang patut anda perhatikan jika anda adalah pebisnis pemula.

Disebut makelar plus, karena dalam bisnis dropship, posisi anda dihadapan pembeli adalah sama, pembeli tidak tahu apakah anda pemilik barang atau hanya pemasar saja. Kedua anda juga melakukan transaksi terlebih dulu dengan pembeli dan mengirimkan uang sesuai harga yang diberikan oleh produsen atau supplier sebagai pemilik barang asli. Supplier atau produsen pun akan mengirimkan barang kepada pembeli menggunakan nama anda sebagai penjualnya. Sehingga dalam bisnis model dropship, anda pun dapat melakukan self branding sebagai penjual barang tertentu yang sebenarnya tidak anda miliki.

Nah, jika anda tertarik untuk mengambl peluang usaha dropship sebagai tangga pertama anda menjajal bisnis online, anda perlu memperhatikan persiapan-persiapan yang harus anda lakukan agar usaha anda berjalan dengan lancar.

Kuota dan Gadget, Seberapa Penting?

Apakah anda harus menggunakan gadget mahal untuk memulai usaha dengan sistem dropship? Jawabannya adalah tidak. Anda dapat gunakan gadget atau smartphone berbasis android yang harganya cukup terjangkau. Bahkan kini, banyak sekali smarthpone android ini yang sudah menggunakan koneksi 4G namun dengan harga yang ramah dengan dompet anda.

Selanjutnya and juga harus perhatikan modal kuota dalam menjalankan bisnis ini. Hal ini penting agar anda tidak terlalu menghabiskan banyak biaya. Pastikan anda membeli kuota internet dengan koneksi 4G agar segala aktivitas bisnis baik berupa promosi maupun transaksi dengan pembeli dan supplier tidak terganggu.

Perbesar Profit Dengan Produk Termurah

Anda ingin mendapatkan profit bukan dari bisnis dropship? Maka kunci selanjutnya adalah anda harus mencari suplier atau produsen yang menyediakan peluang usaha dropship dengan harga yang semurah mungkin, namun dengan kualitas yang sama atau tidak terlalu jauh.

Selain, anda bisa mendapatkan profit margin yang tinggi dari selisih harga barang dari supplier dan harga jual yang anda tentukan, anda juga dapat bersaing dengan pebisnis online lainnya. Bahkan jika anda bisa mendapatkan harga termurah, anda dapat menjual dengan sistem diskon dan bonus pembelian jika pembeli membeli dengan jumlah tertentu.

Produk Trending

Tidak hanya mencari harga produk yang paling murah, anda juga harus mampu mencari produk apa yang sedang banyak dicari oleh konsumen. Hal ini penting anda perhatikan jika anda ingin cepat mendapatkan untung. Dengan menjual produk yang sedang trending, maka anda dapat langsung mendapatkan profit dalam sekejap.

Namun jika and mencari produk yang bisa bertahan lama sales nya, anda bisa memilih produk-produk yang berkaitan dengan hobi tertentu atau komunitas tertentu. Walaupun salesnya tidak cepat, namun anda akan sanggup menjual produk yang sama berulang. Tentu saja, baik produk trending ataupun produk hobi, anda harus siap bersaing dengan pebisnis-pebisnis kelas kakap yang sudah dulu masuk ke sektor bisnis ini.

Pilah-Pilih Suplier?

Terlalu banyak suplier dalam peluang usaha dropship mungkin terlihat bagus dan menguntungkan, karena jika barang yang dijualan tidak tersedia di suplier utama, bisa mengambil dari suplier lainnya. Namun, hati-hati dengan layanan dan aturan dari masing-masing suplier yang terkadang berbeda. Setidaknya ada beberapa faktor yang wajib anda perhatikan ketika mencari suplier.

  • Track Record Sales. Jika anda sudah menentukan produk yang ingin dijual dan menemukan suplier dengan harga termurah, lakukan segera pengecekan apakah suplier ini sudah memiliki transaksi yang cukup banyak di market place misalnya, atau di website milik suplier tadi. Biasanya detail produk yang dijualnya sudah tercantum di halaman market place miliki supplier atau websitenya. Jika memang supplier itu sudah melakukan penjualan yang banyak, maka anda bisa menjadikannya suplier utama.
  • Setelah yakin dengan track record sales dari calon suplier utama, cobalah lakukan percakapan melalui aplikasi percakapan ataupun melalui website dan media sosial. Apakah respon dari suplier cukup cepat atau sangat lambat. Jika respon yang anda terima cukup cepat, maka anda bisa melangkah ke langkah berikutnya.
  • Selanjutnya adalah pengiriman. Untuk mengecek apakah suplier cepat melakukan pengiriman atau tidak, maka anda harus melakukan uji coba pemesanan produk kepada calon suplier anda, tidak harus produk yang mahal, namun anda coba dari produk murah yang dijual suplier. Jika pengiriman cepat dilakukan dan cepat sampai, maka selamat. Langkah anda untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan peluang usaha dropship tinggal landas saja.

Terakhir, dari semua proses di atas ada yang paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis, apapun bisnisnya, yaitu action dan konsistensi. Ketika anda sudah yakin berbisnis dengan sistem dropship misalnya, maka anda harus segera merealisasikan bisnis anda segera. Kemudian, pertahankan ritme dan gerak bisnis anda. Jika tahap tersebut sudah Anda lampaui, Anda tinggal scale up dengan cara melakukan monetize blog, tidak hanya untuk dropship tapi juga bisnis online lain sekaligus.

Jangan sampai hari ini semangat sekali, besoknya sudah tidak memiliki semangat karena tidak ada sales misalnya. Karena dalam bisnis apapun, ada kalanya hari ini untung banyak, besok untung sedkit. Nah, jika dua hal ini bisa anda pertahankan, maka dengan memanfaatkan peluang usaha dropship pun, anda bisa menjadi pebisnis yang sukses.

author
No Response

Leave a reply "Ini Yang Harus Kamu Pelajari sebelum Terjun di Bisnis Dropship"