Eits, Jangan Asal Pilih Bisnis Franchise Ya

0
116

Apakah Anda sedang mencari bisnis franchise? Mungkin Anda salah satu orang yang tergiur dengan mudahnya menjalankan bisnis ini. Hingga akhirnya saat ini Anda mencari tahu usaha franchise yang bisa Anda jalankan.

Kebanyakan, mereka yang menjalankan bisnis seperti ini adalah karyawan. Karena mereka tidak memiliki waktu untuk memulai bisnis, makanya mereka cari shortcut. Mengambil produk franchise.

Atau ada juga orang yang ingin usaha sendiri tapi tidak yakin dengan usaha yang mereka bangun sendiri. Risiko terlalu tinggi jika harus memulai usaha baru. Lebih rendah risikonya jika memilih bisnis franchise.

Apalagi sekarang ini ada semacam training agar franchisee (orang yang mengambil usaha franchise) bisa punya peluang tinggi untuk berhasil. Semakin menarik bukan?

Makanya, wajar jika semakin banyak brand yang sebenarnya franchise. Akan tetapi, Anda tidak boleh buru-buru. Kelihatannya memang manis sekali buah dari usaha bisnis franchise ini. Padahal, tidak pasti lho.

Kekurangan Menjalankan Bisnis Franchise

Pasti Anda sudah tahu apa saja kelebihan bisnis franchise. Namun, Anda pasti sepakat jika semuanya pasti ada faktor risiko. Begitu juga dengan franchise.

Harus diakui ada beberapa kekurangan jika Anda menjalankan usaha franchise.

#Kontrol yang Kurang

Dengan menjadi franchisee, Anda tidak bisa bebas berinovasi. Anda hanya bisa menjalankan bisnis sesuai dengan franchisor.

Meskipun Anda punya ide untuk melakukan inovasi produk, itu tidak bisa Anda lakukan. Karena Anda harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh franchisor.

Tentu franchisor selalu memikirkan tentang inovasi. Bagaimanapun juga, produk yang mereka buat harus terus diperbaiki dan diperbaharui agar membuat pelanggan semakin loyal. Akan tetapi, apakah inovasi tersebut sejalan dengan ide yang ada di pikiran Anda? Belum tentu, bukan?

Karena itulah bisnis franchise itu cocok untuk mereka yang sebenarnya tidak begitu brilliant dalam hal bisnis. Mereka yang ikut prosedur cocok untuk menjalankan bisnis ini. Sementara itu, bagi orang yang kreatif dan selalu punya ide baru yang harus segera dieksekusi kurang cocok menjadi franchisee.

#Tidak Bisa Memaksimalkan Untung

Bagaimana cara menambah profit dari jualan? Banyak sekali caranya. Menaikkan harga bukan menjadi cara yang bijak. Biasanya, cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menekan harga beli bahan pokok. Mereka mencari bahan pokok yang lebih murah agar margin keuntungan yang didapatkan lebih tinggi.

Sayangnya, itu tidak bisa Anda lakukan jika Anda menjadi franchisee. Pasalnya, semua bahan pokok sudah disupply dari pihak franchisor. Meskipun Anda tahu di mana mendapatkan bahan yang lebih murah, Anda tidak bisa melakukan itu. Karena itu melanggar aturan franchisor.

#Tidak Bisa Menjaga Brand

Apakah Anda bisa menjaga brand franchise Anda? Bisa. Namun, Anda tidak bisa mengontrol penuh.

Bayangkan jika ada salah satu franchisee yang melakukan kesalahan. Dan kesalahan tersebut membuat brand buruk. Imbasnya juga akan Anda rasakan. Hal yang sama juga dirasakan oleh puluhan atau bahkan ratusan franchisee.

Belum lagi jika ada masalah pada bagian franchisor. Hal buruk otomatis melanda seluruh franchisee.

Terlepas dari kekurangan menjalankan peluang usaha franchise tersebut, ini bukan pilihan yang salah. Bahkan, ini pilihan yang terbaik untuk Anda yang ingin belajar memulai usaha. Dan jika Anda cermat, Anda bisa memaksimalkan pendapatan Anda hanya dari menjalankan bisnis franchise.

Memaksimalkan Pendapatan dari Bisnis Franchise

Masih yakin untuk memulai usaha franchise? Mungkin Anda galau. Setelah tahu kekurangan dari jenis usaha ini, mungkin Anda mempertimbangkan lagi sebelum membuat keputusan.

Sebenarnya, kata kuncinya adalah berani mencoba. Apalagi bagi Anda yang ingin mulai berbisnis. Jelas menjalankan usaha franchise merupakan pilihan yang terbaik.

Apakah Anda bisa hidup dengan hanya menjalankan bisnis ini? Jelas sekali. Dan sudah ada buktinya. Logikanya, jika model bisnis ini tidak berjalan, tidak mungkin jumlah franchisor semakin banyak.

Memang ada franchisee yang gagal. Itu harus diakui. Namun, bukan itu yang seharusnya menjadikan Anda mundur teratur. Seharusnya Anda belajar dari kegagalan mereka. Lalu, Anda mencari solusi.

Setidaknya, berikut ini hal yang bisa lakukan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis franchise.

#Pilih Brand yang Sudah Popular

Sebelum Anda pilih franchise, tanyakan satu hal. Apakah brand tersebut sudah terkenal? Setidaknya brand tersebut sudah harus dikenal oleh masyarakat di mana Anda menjalankan bisnis. Semakin terkenal brand tersebut, maka semakin mudah Anda menjalankan bisnis.

Ini yang sering tidak diperhatikan. Banyak orang yang hanya memilih brand yang terkenal. Padahal, jika brand tersebut ditanyakan kepada masyarakat di mana mereka ingin jalankan bisnis franchise, tidak banyak yang tahu.

Pilih brand yang sudah dikenal masyarakat luas. Itu kunci utamanya.

#Managemen yang Jelas

Jika sudah mendapatkan brand bisnis franchise yang terkenal, jangan buru-buru ambil. Pelajari juga managemennya. Bagaimana sharing profit-nya dan bagaimana cara aturan menjalankan bisnis yang ditetapkan oleh franchisor.

Jangan khawatir jika ada peraturan yang banyak dan ketat. Itu artinya managemen ditata dengan begitu rapih. Justru jika aturannya kurang detail, Anda harus curiga. Bisa saja managemen kurang begitu jelas.

Dalam sebuah bisnis franchise, bukan hanya managemen kerja saja yang diatur. Juga harus ada managemen risiko. Semakin detail managemen diterapkan, itu semakin bagus.

#Support System dari Franchisor

Apakah bisnis franchise yang Anda akan pilih selalu di support oleh franchisor? Seorang franchisor pasti bakal menjawab “ya”. Namun, apakah benar-benar ada support system yang bagus?

Bagaimana jika terjadi masalah seperti promosi yang Anda lakukan kurang begitu berhasil. Apakah franchisor akan membantu dalam hal promosi?

Beberapa brand sudah terkenal di beberapa kota. Namun, ketika seorang franchisee membuka usaha di kota tertentu, brand tersebut ternyata tidak menarik bagi masyarakat.

Hal semacam itu wajar terjadi. Nah, jika itu yang Anda alami, apakah franchisor akan membantu Anda dalam hal promosi? Seharusnya ada. Namun, faktanya, tidak banyak franchisor yang memberikan support system sampai sejauh itu. Mereka hanya mementingkan franchisee yang sudah jalan.

Sebaiknya, Anda tanyakan apa saja support system yang bakal Anda dapatkan sebelum mengambil produk franchise. Terutama dalam hal promosi. Karena ini sangat krusial. Promosi menjadi nyawa ketika usaha Anda mulai jalankan.

Nah, sudah siap untuk terjun di dunia bisnis? Saat ini, ada banyak franchisor yang serius menggarap pasar. Salah satunya adalah franchise Green Leaf. Dengan modal hanya Rp 5 jutaan saja, ada potensi penghasilan sebesar 1 milyar.

Bagaimana itu mungkin terjadi? Hal ini disebabkan managemen bisnis yang tertata begitu rapih. Franchisee yang ikut bergabung bisa memaksimalkan pendapatan. Tidak hanya dari penjualan tapi dari sisi yang lainnya.

Produk Green Leaf sangat mudah ditawarkan. Karena produk ini menerapkan prinsip Go Green yang sekarang yang sedang trend. Setiap orang ingin menggunakan produk yang ramah lingkungan, bukan? Makanya, Anda akan dengan mudah sekali menawarkan produk Green Leaf ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here