Cara Menemukan Franchise Bisnis Kosmetik Yang Tepat

0
911

franchise bisnis kosmetik

Franchise/Waralaba menjadi model bisnis yang diincar oleh banyak orang. Tidak terkecuali dengan franchise bisnis kosmetik yang nyatanya punya target pasar lebih luas.

Berbicara tentang kosmetik merupakan topik paling menarik bagi kaum hawa. Nyatanya, kosmetik sudah menjadi barang wajib dalam hidup perempuan. Terutama generasi milenial.

Tanpa disadari, animo perempuan terhadap kosmetik ternyata menawarkan prospek bisnis yang menjanjikan. Tapi masalahnya, sebagai pebisnis pemula Anda masih awam dalam dunia bisnis. Untuk itu, bergabung sebagai mitra franchise adalah solusi terbaik.

Nah, apakah Anda tertarik membuka franchise? Jika iya, dalam artikel ini Anda akan mempelajari berbagai hal tentang cara membuka franchise untuk bisnis kosmetik yang akan Anda geluti. Jadi, yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Memilih Franchise yang Tepat

Bisnis franchise memang lebih menguntungkan ketimbang merintis bisnis sendiri dari nol. Buktinya setelah membeli franchise, Anda akan memiliki lisensi menjalankan usaha menggunakan brand terkenal.

Kendati demikian, Anda harus berhati-hati dalam membeli franchise. Karena tidak semua pemilik franchise atau franchisor menawarkan kemitraan yang baik. Untuk itu, terapkan 5 cara memilih franchise yang tepat  berikut ini:

  1. Pilih Sesuai Passion

Sebelum membuka bisnis franchise, Anda harus membelinya kepada franchisor. Pastikan jenis franchise yang Anda pilih sudah sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Jadi, apakah Anda memang memiliki passion dalam dunia kosmetik? Jika iya, franchise bisnis kosmetik memang cocok untuk Anda geluti.

Mengapa harus berdasarkan passion? Karena menggeluti bisnis yang sesuai passion Anda akan terasa menyenangkan. Jadi, Anda akan lebih bersemangat memajukan bisnis.

  1. Perhatikan Tren dan Kebutuhan Pasar

Memulai bisnis franchise merupakan proses Anda menjadi seorang entrepreneur. Oleh sebab itu, pilihlah franchise yang sesuai tren dan kebutuhan pasar.

Mengapa tren dan kebutuhan pasar penting? Karena agar bisnis franchise yang akan Anda geluti  bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Apa jadinya jika Anda menyepelekan kedua hal tersebut? Akan dijamin bisnis Anda akan cepat mati. Bahkan dalam jangka waktu pendek.

  1. Tuliskan Beberapa Opsi Franchise

Cara selanjutnya, Anda dapat menuliskan beberapa opsi franchise kosmetik yang ingin Anda jalani. Tulislah franchise beserta penawaran terbaik yang diberikan kepada Anda.

Umumnya, ada dua hal yang perlu Anda pertimbangkan betul-betul. Yakni franchise fee atau biaya awal, serta royalty fee atau keuntungan yang harus Anda bayarkan kepada franchisor per bulan.

Bagaimana jika Anda menemukan dua franchise bisnis kosmetik dengan kredibilitas yang sama? Pilihlah franchise yang menawarkan franchise fee dan royalty fee lebih rendah.

  1. Tentukan Franchise Kosmetik Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap bisnis franchise selalu memberikan penawaran berbeda. Kebanyakan bisnis franchise dengan brand awareness tinggi dipatok dengan harga yang tinggi pula.

Brand awareness merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis franchise. Karena itu akan membuat franchise bisnis kosmetik Anda berkembang cepat dan meraup banyak keuntungan.

Jadi, pertimbangkan segala aspek yang akan Anda jalankan dalam bisnis franchise. Tentukan franchise yang terbaik yang akan menguntungkan dan bisa berkembang dalam jangka waktu panjang.

  1. Pastikan SOP Jelas

Cara terakhir, perhatikanlah standard operating procedure atau SOP dari brand kosmetik yang akan Anda pilih. Pastikan SOP yang ditawarkan franchisor jelas.

Setiap bisnis franchise harus memiliki SOP yang jelas. Dalam SOP berisi tentang aturan dan ketentuan yang harus Anda patuhi selama menjalankan bisnis franchise tertentu.

Untuk itu, sebelum membeli franchise bisnis kosmetik pastikan SOP telah Anda pelajari dengan benar. Setelah itu, SOP harus disepakati oleh kedua belah pihak, yakni Anda dan franchisor.

Persiapan Sebelum Membeli Produk Franchise Kosmetik

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memutuskan untuk bermitra dengan franchisor. Persiapan ini dibutuhkan untuk mendukung kelancaran usaha. Jika tidak dilakukan, usaha ini berisiko mengalami kegagalan.

Persiapan pertama, Anda harus mencari lokasi bisnis yang strategis. Lokasi yang strategis sangat menentukan kesuksesan bisnis franchise yang akan Anda tekuni.

Untuk itu, pilihlah tempat yang ramai dan memenuhi target pasar Anda. Apabila ingin menggeluti franchise bisnis kosmetik, Anda bisa memilih lokasi yang terletak di pinggir jalan dan dekat dengan kantor, mall, serta kampus.

Setelah mencari lokasi, persiapkan modalnya dengan baik. Umumnya, bisnis franchise membutuhkan modal yang sangat bervariasi. Jadi, sesuaikan kemampuan finansial Anda dengan jenis bisnis franchise yang akan Anda jalankan.

Terakhir, pelajari segala hal tentang bisnis franchise yang akan Anda pilih. Jika memilih franchise bisnis kosmetik, maka kenali dulu brand, sistem pembayaran, serta sistem bisnis yang ditawarkan franchisor kepada Anda.

Bagaimanapun juga, setiap perusahaan memiliki SOP yang berbeda demi mendongkrak kualitasnya. Jadi, jangan malas belajar. Atau Anda akan menderita kerugian nantinya.

Kesalahan Dalam Mengikuti Franchise Kosmetik

franchise bisnis kosmetik

Membuka bisnis dengan sistem waralaba bisa menjadi solusi yang menarik. Sayangnya, sebagian orang melakukan kesalahan sehingga merugikan diri sendiri. Jika Anda memilih cara tersebut, pastikan untuk menghindari kesalahan seperti di bawah ini.

  1. Tidak Menyediakan Dukungan Dana Operasional

Kesalahan yang seringkali dialami para pebisnis franchise pemula adalah tidak punya dukungan dana yang besar. Mitra menganggap bahwa pendanaan keseluruhan akan dibantu oleh Franchisor.

Padahal, masih ada biaya lain yang harus ditanggung oleh mitra. Khususnya biaya untuk menunjang operasional kerja. Contohnya ialah membayar gaji karyawan dan lain sebagainya.

  1. Memilih Franchise Kosmetik yang Konsepnya Rumit

Konsep franchise yang rumit hanya akan menyulitkan diri sendiri. Anda akan kehilangan waktu berharga untuk menyelesaikan sistem kerja sama. Terbuangnya waktu sama artinya membuang pundi-pundi keuntungan dari berbisnis.

  1. Terburu-Buru untuk Membuka Cabang

Berikutnya, terburu-buru membuka cabang juga perlu Anda hindari ketika membuka bisnis franchise. Memang betul, tolok ukur kesuksesan franchise dilihat dari banyaknya cabang yang dibuka.

Kendati demikian, jangan pernah membuka cabang baru jika Anda belum siap dengan perkembangan baru. Karena membuka cabang baru, bertambah pula dana operasionalnya.

Apabila memaksakan diri, Anda akan kesulitan menjalankannya. Bahkan perjalanan bisnis ini sering menemui kendala yang tak pernah terselesaikan.

  1. Franchisor Tidak Punya SOP

Sudah dipaparkan di atas, kriteria memilih franchise yang baik adalah memiliki SOP yang dapat dipahami dengan jelas. Tidak adanya SOP tentu akan membuat bisnis yang Anda jalankan menuai banyak masalah.

Betapa tidak, perjalanan bisnis ini tidak memiliki kontrol. Risikonya, Anda bisa saja diberhentikan dari kerja sama secara sepihak. Tentu saja, ini sangat merugikan ketika Anda sudah memiliki banyak pelanggan.

  1. Meminjam Uang Tanpa Perhitungan

Sebetulnya, meminjam uang bisa Anda lakukan sebagai dana dukungan. Namun meminjamnya tanpa perhitungan malah justru bisa memunculkan masalah baru.

Ada banyak risiko yang Anda dapatkan jika melakukan hal ini. Jadi, perhitungkan dengan baik saat melakukan peminjaman uang agar Anda tidak rugi.

Demikian penjelasan tentang cara membeli franchise bisnis kosmetik yang penting Anda ketahui. Jadi, apakah Anda masih tertarik membuka usaha dengan model tersebut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here