Kelebihan Dan Jenis Pekerjaan Dalam Bisnis Konstruksi Dan Properti

0
610

Konstruksi dan properti adalah dua hal yang beriringan. Properti seperti rumah, kantor, mall, atau bangunan pencakar langit dibangun oleh perusahaan konstruksi. Bisnis konstruksi dan properti di Indonesia jelas merupakan salah satu lahan menjanjikan. Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan serta jenis bisnis konstruksi dan properti.

Kelebihan Bisnis Konstruksi Dan Properti

Bisnis konstruksi dan properti bisa dimulai dari modal yang cukup sedikit. Misalnya dengan memiliki satu petak tanah, dijual kemudian dapat untung. Dibelikan tanah lagi, terus berulang hingga modal semakin banyak dan bisnis semakin besar. Dengan keuletan maka pebisnis bisa mencapai target yang diinginkan. Pebisnis pemula tidak perlu ragu atau takut bisnis ini akan tenggelam. Berikut adalah beberapa kelebihan bisnis konstruksi dan properti.

1. Harga Selalu Meningkat

Harga tanah dan bangunan nyaris selalu meningkat. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan tanah kosong di kota besar maupun pedesaan yang mulai berkurang. Ini adalah hukum ekonomi sederhana, dimana jika barang sedikit namun permintaan banyak maka harga akan naik. Tanah yang semakin sempit karena dibangun rumah atau jalan akan semakin tinggi harganya. Ini adalah keuntungan bagi pebisnis properti karena bisa mendapatkan untuk dengan hanya menjual satu bangunan atau sebidang tanah.

2. Dibutuhkan Banyak Orang

Siapa yang tidak ingin punya rumah? Semua orang ingin punya rumah sendiri. Memiliki rumah seringkali dihubungkan dengan kemandirian finansial seseorang. Karyawan yang baru bekerja juga pasti mulai berusaha menabung atau bahkan berani mengambil kredit perumahan di bank. Ini menandakan bahwa bisnis konstruksi dan properti jelas dibutuhkan banyak orang.

3. Pemasaran Mudah

Pemasaran produk kini bisa dilakukan secara offline maupun online. Cukup foto produk kemudian sebarkan dengan deskripsi yang menarik. Begitu juga dengan menjual bangunan atau properti. Pebisnis perlu mengambil foto bangunan secara detail. Misalnya desain luar bangunan, isi kamar, denah rumah, hingga fasilitas menarik yang didapatkan saat membeli rumah. Dengan foto dan deskripsi yang menarik rumah akan lebih mudah terjual.

Jenis Pekerjaan dalam Bisnis Konstruksi

Beberapa perusahaan ternama pun memulai bisnis konstruksi dari proyek-proyek kecil seperti proyek membangun rumah. Namun lama kelamaan mereka bisa berkembang dan mendapat proyek lebih besar. Untuk pemula yang ingin memulai bisnis konstruksi, berikut adalah beberapa jenis bidang yang dikerjakan oleh bisnis konstruksi. Bisnis ini tidak harus langsung bermodal besar.

1. Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan bisa mengerjakan proyek berupa rumah atau perumahan, ruko, gedung, sekolah, hotel, dan lain sebagainya. Pekerjaan ini fokus pada pembangunan untuk ditinggali atau digunakan sebagai tempat aktivitas sehari-hari. Pengusaha konstruksi bangunan membutuhkan ahli dalam bidang arsitrktur, desain interior, teknik sipil dan mungkin bekerja sama dengan tukang kayu untuk membuat kelengkapan furniture dalam bangunan.

2. Konstruksi Jembatan

Bidang ini cukup sulit dan membutuhkan perencanaan yang matang. Jembatan biasanya menghubungkan dua daerah yang terbagi oleh sungai. Atau yang lebih spektakuler adalah jembatan yang membelah lautan seperti jembatan Suramadu di antara pulau Jawa dan Madura. Pekerjaan ini jelas memakan waktu yang lama dan perhitungan yang kompleks karena jembatan harus kuat menahan beban di atasnya serta iklim atau cuaca di daerah tersebut.

3. Konstruksi Jalan

Konstruksi jalan berhubungan dengan beton, aspal dan pembangunan tol. Bisnis konstruksi dan properti yang mengurus pembangunan jalan harus menguasai berbagai ilmu. Misalnya ilmu tanah, teknik sipil, arsitektur dan lain sebagainya. Karena konstruksi jalan hampir selalu berkaitan dengan proyek negara, maka pemakaian dana juga harus dilakukan secara efisien. Hal ini disebabkan jalan digunakan oleh masyarakat dan menjadi milik negara sehingga tanggung jawabnya jauh lebih besar.

Jenis Bisnis Properti

Berbeda dengan bisnis konstruksi yang berurusan langsung dengan proses pembangunan, bisnis ini bisa lebih sederhana dan membutuhkan modal lebih sedikit. Berikut adalah beberapa jenis bisnis properti yang bisa dilakukan pemula.

1. Jual Beli Rumah

Jual beli rumah adalah bisnis properti yang paling sering dan banyak dilakukan. Saat ini banyak orang memiliki lebih dari satu rumah untuk kepentingan investasi. Mereka meyakini bahwa menambah rumah dan tanah akan lebih bernilai ekonomi dibanding memiliki mobil atau benda lainnya. Hal ini bisa dikatakan benar karena harga tanah akan selalu meningkat. Begitu juga dengan harga rumah di atasnya.

Selama rumah terjaga dan tidak rusak, maka harganya bisa semakin tinggi. Menjadi perantara dalam penjualan rumah sangat menguntungkan. Caranya adalah, cari rumah yang sedang atau akan dijual. Kemudian berikan DP atau bayar penuh jika memang sudah ada modal. Setelah itu, pasarkan kembali, lalu naikkan harga.

2. Jual Beli Kavling Tanah

Kavling tanah sekarang marak diperjualbelikan terutama sebelum memasarkan rumah dalam perumahan. Hal ini dikarenakan proses pembangunan membutuhkan modal. Sedangkan modal utama pengembang lahan mungkin sudah habis untuk membeli tanah. Karena mereka membutuhkan dana untuk proses bangun rumah, maka cara paling jitu adalah menjual kavling tanah. Setelah kavling terjual, baru rumah akan didirikan. Hal ini juga mengurangi kemungkinan rugi jika rumah yang siap huni ternyata lama terjual.

3. Sewa Rumah / Kos

Sewa rumah kini bisa dilakukan tahunan, bulanan, bahkan harian. Di kota besar yang dekat dengan universitas banyak dibangun rumah besar dengan banyak kamar. Tujuannya adalah untuk dijadikan kos atau kontrakan. Ini merupakan bisnis yang agak mudah. Caranya adalah sewa sebuah rumah, kemudian iklankan kembali dengan harga sedikit lebih tinggi. Istilah kekiniannya adalah oper kontrak atau pindah tangan kontrak.

Bisnis konstruksi dan properti ternyata sangat luas dan cukup mudah untuk diterapkan. Hanya perlu keberanian, dan ketelatenan agar bisnis ini bisa berjalan. Sedikit untung di awal lebih baik daripada tidak berani mencoba sama sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here