Pilihan Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

0
314

Banyak wanita yang memilih menjadi wanita karir ketimbang ibu rumah tangga karena mengira sangat membosankan berada di rumah tanpa adanya pekerjaan. Padahal, menjadi ibu rumah tangga bukan hanya berada di rumah dan berdiam diri. Ada banyak hal yang dilakukan seperti mengurus anak, membersihkan rumah, bahkan sampai bersosialisasi dengan masyarakat. Memang ada kalanya perasaan bosan terasa karena rutinitas yang monoton. Namun, jangan mengira ibu rumah tangga tak bisa menghasilkan uang karena pada trend bisnis tahun 2019 ada beragam ide usaha yang dapat dilakukan bagi IRT. Apa sajakah ide usaha tersebut?

Ide Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Ketahuilah jika berbisnis dapat dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari pelajar, karyawan, bahkan ibu rumah tangga. Ada berbagai macam bisnis yang dapat dicoba oleh ibu rumah tangga untuk mendapatkan uang tambahan atau sekedar mengisi waktu luang. Namun, tak ada salahnya melakukan usaha dengan giat untuk prospek ke depan yang lebih bagus bukan? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikut!

Menjadi Penulis Lepas

Menjadi penulisa lepas adalah ide usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Pasalnya, trend bisnis tahun 2019 ini tidak memerlukan waktu full untuk mengerjakannya alis freelance. Jadi, pekerjaan ini dapat Anda selesaikan ketika urusan rumah sudah beres. Tapi, ingat! Untuk menjadi penulis ini memerlukan bakat dan keterampilan untuk menulis tentunya. Kemudian, carilah peluang pekerjaan ini melalui media-media atau situs marketplace. Biasanya media ini memerlukan pekerjaan menulis untuk proses marketing.

Bisa juga menulis tema tertentu seperti tips-tips pada situs pribadi Anda. Jangan salah, ketika situs Anda banyak pengunjung, google akan membayar lho! Atau, bergabunglah pada situs-situs yang akan membayar fee Anda tergantung jumlah viewer postingan Anda. Cukup menggiurkan bukan? Selain mudah, bisnis ini hanya bermodal komputer dengan kuota internet saja.

Berbisnis Tanaman

Jika Anda tak terlalu menyukai bidang kepenulisan dan lebih menyukai kegiatan outdoor seperti bertanam, ide ini juga berpeluang mendatangkan keuntungan pada trend bisnis tahun 2019 lho! Caranya, tanamlah berbagai jenis tanaman hias atau tanaman obat di pekarangan Anda. Lakukan dengan benar mulai dari pembibitan supaya hasil anakan tumbuhan lebih subur. Kemudian, tawarkan pada tetangga atau melalui sosial media terkait tanaman yang Anda jual. Apabila jenis tanamannya lengkap dan benar-benar subur, bukan tidak mungkin akan lebih banyak peminatnya. Jika perlu, lakukan pameran kecil-kecilan untuk menunjukkan berbagai tanaman yang Anda miliki bersama pemilik bisnis serupa. Selain memasarkan produk, Anda dapat manfaatkan kesempatan ini untuk berinteraksi dan sharing dengan pemilik bisnis tanaman lainnya.

Buka Jasa Katering

Ide trend bisnis tahun 2019 bagi ibu rumah tangga lainnya yang dapat Anda coba adalah buka jasa katering. Ya, saat ini banyak orang memilih jasa katering untuk keperluan persediaan makanan acara tertentu ketimbang memersiapkannya sendiri. Selain mudah, harganya juga lebih murah. Nah, bagi Anda yang menyukai dunia memasak dan kreatif, gunakanlah kesempatan ini untuk membuka jasa catering. Pasarkan jasa Anda melalui internet, kerabat, dan tetangga. Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan pada awal opening, tawarkan harga lebih murah atau promo menarik lainnya. Pastikan pula menu-menu yang tersedia lengkap, menarik, dan nikmat tentunya.

Produk Kerajinan Tangan

Trend bisnis tahun 2019 lain bagi ibu rumah yang dapat Anda coba adalah usaha kerajinan tangan. Tentunya Anda harus memiliki keterampilan dulu untuk memulai bisnis ini. Baru, tawarkan melalui marketplace produk kerajinan karya Anda. Siapa tahu, ada yang tertarik dan menginginkan produk tersebut untuk keperluan souvenir pernikahan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan mengingat modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Buatlah beragam kerajinan yang menarik. Tingkatkan kualitasnya menjadi lebih baik supaya peminatnya produk Anda juga meningkat. Seiring berjalannya waktu, apabila dilakukan dengan giat, bukan tidak mungkin bisnis kecil-kecilan Anda akan berubah jadi usaha berskala besar.

Bisnis Online

Inilah ide trend bisnis tahun 2019 yang sekarang lagi booming dan dilakukan oleh banyak orang, termasuk ibu rumah tangga yaitu bisnis online. Ada banyak hal yang bisa dijual dalam bisnis online seperti produk kecantikan, kuliner, kerajinan, dan lainnya. Apabila produk tidak Anda dimiliki, bisa juga menjadi reseller atau menjualkan produk orang lain. Tentunya dengan mengambil untung. Bisa juga menggunakan metode dropshipping untuk mempertemukan pelanggan dengan pemasok barang. Saking banyaknya pilihan bisnis online, usahakan untuk menentukan jenis usaha yang tepat dengan kemampuan Anda. Yang terpenting adalah teknik marketingnya.

Nah, itulah ide bisnis rumahan yang patut ibu rumah tangga coba. Apabila waktu Anda digunakan untuk berbisnis, akan lebih bermanfaat bukan? Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here