9 Langkah Cara Membeli Franchise Yang Wajib Diperhatikan

Membeli bisnis franchise merupakan salah satu pilihan bisnis yang patut dipertimbangkan bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnisnya. Selain itu, para calon mitra franchise juga harus selektif dan teliti dalam membeli sebuah bisnis dan dapat memperoleh keuntungan. Berikut ini adalah beberapa langkah cara membeli franchise, diantaranya :

1. Melakukan Penelitian

Cara membeli franchise yang pertama adalah pebisnis melakukan penelitian terkait potensi pasar jangka panjang dari franchise yang akan dibeli. Diawali dengan memilih, termasuk dalam memilih dalam memilih bisnis franchise yang seperti apa. Setelah menentukan, pebisnis harus melakukan penelitian terlebih dulu terhadap prospek ke depannya dan memiliki sistem bisnis yang kuat.

Misalnya, dengan mengetahui bagaimana sistem keuangan, sistem promosi sampai dengan sistem pembagian hasilnya. Hal ini, pebisnis harus melihat secara detail sampai tidak ada kecurangan didalamnya. Dengan sistem franchise yang buruk, dapat mengakibatkan bisnis yang dijalankan tiba-tiba menjadi surut di tengah jalan.

2. Mendapatkan Sumber Pembiayaan

Setelah menemukan bisnis franchise yang cocok untuk dijalankan, langkah berikutnya adalah tentang pembiayaan. Dalam hal ini, pebisnis harus menemukan sumber pembiayaan baik untuk modal awal maupun untuk operasional. Kini, sudah banyak pilihan yang dapat dipilih oleh para calon franchise untuk memperoleh modal pembiayaan bagi usahanya.

Seperti meminjam modal dari bank konvensional maupun dari sumber lainnya yang menawarkan sebuah kredit usaha waralaba. Selain itu, dapat memperolehnya dari keluarga atau kerabat. Sebelumnya, rinci terlebih dahulu tentang  detail pembiayaannya agar dalam pencarian modal bisa efektif dan tidak terlalu lama.

3. Persiapan Lokasi Dan Tempat Usaha

Mempersiapkan lokasi dan tempat usaha merupakan salah satu cara membeli franchise yang penting dalam menentukan bisnisnya. Langkah ini, dapat mempengaruhi bisnis franchise karna kurang sesuai dengan potensi wilayah usaha. Sehingga, dapat mengakibatkan merk dagang menjadi tidak laku.

Untuk itu, pebisnis harus memastikan lokasi dan tempat yang sesuai dengan bisnis franchisenya. Kemudian, pebisnis dapat melengkapi tempat usahanya dengan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Serta dekorasi yang indah, untuk mempercantik tempat bisnis franchise.

4. Pastikan Franchise Sudah Punya Brand Yang Besar

Langkah berikutnya adalah pebisnis harus mengetahui apakah franchise tersebut mempunyai brand yang besar atau tidak. Franchise yang telah ramai atau dikenal oleh banyak orang, dapat membawa keuntungan bagi para pebisnis franchise. Menurut survey, para calon franchise akan membeli franchise karena brand franchise tersebut sudah terkenal.

Namun, dengan brand yang besar atau franchise yang sudah terkenal biasanya memiliki harga yang mahal. Oleh karena itu, pebinis harus memerlukan modal yang cukup besar untuk mendapatkannya.

5. Memastikan Kualitas Produk

Cara membeli franchise selanjutnya adalah memastikan kualitas produknya. Dalam bisnis franchise terdapat adanya konsistensi dalam kualitas produk dan jasa bagi konsumen. Kualitas produk merupakan salah satu hal terpenting bagi konsumen. Sehingga kualitas produk dan jasa sangan berpengaruh bagi customer experience.

Faktor yang harus diutamakan pada para calon franchise adalah mengontrol kualitas produknya. Hal ini merupakan salah satu kewajiban franchisor jika ingin bisnisnya terus berkembang hingga tahun berikutnya.

6. Menyusun Rencana Pemasaran

Bisnis franchise merupakan bisnis yang dijalankan tidak dimulai dari nol atau bisnis yang sudah memiliki nama dan dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu, bisnis tersebut sudah memiliki rencana pemasaran yang matang dan dapat dibagikan kepada para franchise.

Bahkan, pihak franchisor juga memberikan dukungan perihal pemasaran bagi para franchise. Sehingga, pemasaran dapat terus berjalan dan tak pernah surut. Menyusun rencana pemasaran merupakan salah satu hal penting bagi seorang franchisor untuk mengembangkan bisnisnya.

7. Teliti Dalam Memilih

Hal yang harus diperhatikan dalam cara membeli franchise adalah teliti dalam memilih. Pada umunya, banyak pebisnis baru yang memilih usaha franchise dibandingkan dengan membangun bisnis sendiri dari nol. Alasannya, karena usaha franchise sudah terbukti bisa berjalan dengan baik.

Namun, pebisnis juga harus berhati-hati dalam memilih bisnis franchisenya karena masih banyak penipuan yang berkedok bisnis franchise. Oleh karena itu, pebisnis harus mencari informasi yang bukan sekedar kata-kata melainkan disertai dengan bukti yang benar. Selain itu, pebisnis juga bisa memperolehnya dari teman atau kerabat yang pernah terkait membeli franchise.

8. Jangan Tergoda Harga Murah

Selanjutnya adalah pebisnis jangan mudah tergoda dengan bisnis franchise yang harganya murah. Namun, bukan berarti franchise dengan harga mahal selalu baik. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pebisnis harus mengenal baik proposalnya apakah akan mendapatkan keuntungan atau kerugian.

Pebisnispun perlu mengetahui tentang jelas mengapa bisnis tersebut ditawarkan dengan harga murah ataupun dengan harga mahal. Apabila pebisnis hendak membelinya, jangan mudah tergoda dengan harga yang murah. Namun, juga harus memahami tentang kualitasnya.

9. Pilih Franchise Yang Sehat

Hal yang perlu diperhatikan dalam cara membeli franchise adalah dengan mengetahui franchise yang sehat. Hampir semua franchise memang tampak sehat di luarnya, namun tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam franchise tersebut. Oleh karena itu, para calon mitra franchise harus mencari tahu dari klien franchise tersebut mengenai keuangannya sehat atau tidak.

Hal ini bertujuan agar calon franchise dapat memutuskan untuk membeli franchise atau tidak. Selain itu, bertujuan apakah franchise tersebut memang cocok untuk dibeli atau tidak.

Itulah beberapa ulasan tentang langkah cara membeli franchise yang dapat dilakukan bagi para calon mitra franchise. Nah jika tertarik untuk berbisnis franchise, sebaiknya perhatikan hal-hal di atas. Tujuannya tentu agar para calon mitra franchise dapat mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan membeli franchise.

No Response

Leave a reply "9 Langkah Cara Membeli Franchise Yang Wajib Diperhatikan"