7 Usaha Ternak Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

0
162

Banyak orang yang masih bingung untuk menentukan usaha ternak yang menjanjikan seperti apa yang dapat mendatangkan untung besar. Padahal banyak sekali jenis hewan ternak yang bisa dijadikan usaha. Bahkan tidak perlu modal yang besar untuk memulai usaha hewan ternak. Tapi masih saja ragu untuk memulai usaha ternak.

Orang yang tidak sekolah di jurusan peternakan pun tetap bisa memulai usaha ternak. Dengan niat dan tekun dalam menjalankan usaha serta mau belajar dari awal untuk mengembangkan usahanya. Berikut ini ada beberapa referensi usaha ternak yang menjanjikan keuntungan besar :

1. Ternak Ikan Lele

Usaha ternak yang satu ini sudah tidak asing lagi, karena sudah banyak orang yang menjalankan usaha ternak lele. Tapi apa salahnya jika menjadikan ternak lele sebagai usaha ternak yang menjanjikan. Salah satu jenis ikan air tawar ini sangat diminati oleh banyak orang sehingga nilai konsumsinya tinggi.

Selain rasanya yang enak, harga yang dari ikan lele pun tidak terlalu mahal. Tapi jangan salah, walaupun harganya tidak mahal, tapi usaha ternak lele bisa meraup keuntungan yang besar karena banyaknya minat konsumsi. Selain konsumsi rumahan, ikan lele juga tersedia di berbagai warung makan.

Jumlah ternak ikan lele yang banyak dan memiliki kualitas ikan yang baik dan ukurannya pun lumayan besar, sudah pasti banyak yang membeli. Jadi jangan ragu untuk memulai usaha ternak lele, karena usaha ini menjanjikan keuntungan besar. Dan cara pengelolaan ternak lele pun tidak terlalu sulit dilakukan.

2. Ternak Ayam

Usaha ternak ayam bisa dijadikan peluang usaha ternak yang menjanjikan, karena telur dan daging ayamnya bisa dijual untuk mendapat keuntungan. Bahkan permintaan telur dan daging ayam juga setiap bulannya semakin meningkat. Daging ayam beserta telurnya juga merupakan kebutuhan bagi masyarakat karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Ada banyak jenis ayam yang dapat dijadikan ternak, di antaranya ayam petelur, ayam pedaging, dan ayam kampung. Ayam yang paling banyak dicari biasanya ayam pedaging, ayam pedaging ini disebut juga ayam boiler. Apalagi menjelang hari raya permintaan jumlah permintaan ayam pedaging ini cukup banyak.

3. Ternak Jangkrik

Jangkrik merupakan serangga berukuran kecil yang mungkin saat ini susah untuk ditemukan. Tapi sebenarnya jangkrik merupakan salah satu jenis ternak yang jika dikembangbiakkan akan menguntungkan karena banyak dicari oleh orang-orang yang hobi memelihara burung kicau. Sebab jangkrik merupakan salah satu makanan pokok untuk berbagai jenis burung kicau. 

Saat ini penjual jangkrik masih sangat sedikit, sehingga orang yang hobi dengan burung kicau bingung mencarinya. Maka dari itu, menjadikan jangkrik sebagai usaha ternak yang menjanjikan akan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan karena banyak yang membutuhkan jangkrik sebagai makanan burung kicau.

Tempat yang digunakan untuk ternak jangkrik juga tidak terlalu memakan tempat. Jadi sangat mudah untuk dijadikan ternakan dan biaya perawatannya juga lumayan terjangkau.

4. Ternak Ikan Nila

Selanjutnya usaha ternak yang menjanjikan adalah usaha ternak ikan nila, karena ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang dijadikan usaha oleh banyak orang. Permintaan ikan air tawar yang satu ini sangatlah tinggi, jadi sangatlah menguntungkan bagi pemilik ternak ikan nila. 

Beberapa rumah makan bahkan hotel menjadikan ikan nila sebagai salah satu menunya. Selain rasa ikan nila yang khas dan pastinya enak membuat para pecinta ikan air tawar menyukainya. Budidaya ternak ikan nila juga tidak terlalu sulit dilakukan makanan untuk ternaknya pun murah dan tidak sulit ditemukan. 

5. Ternak Sapi

Ternak hewan yang satu ini juga tidak kalah menguntungkannya juga, tapi modal awal yang harus dikeluarkan juga besar.Tapi jika menjalankan ternak sapi ini maka akan balik modal bahkan mendapat keuntungan yang jauh lebih besar. Karena daging sapi merupakan bahan pokok untuk makanan manusia.

Selain itu permintaan daging sapi setiap tahun ya semakin melonjak tinggi. Apalagi jika menjelang hari raya Idul Adha, permintaan akan daging sapi akan meningkat drastis daripada biasanya sungguh usaha ternak yang menjanjikan bukan.

6. Ternak Bebek

Usaha ternak yang menjanjikan selanjutnya adalah ternak bebek, selain modal nya tidak terlalu besar untuk mendapatkan keuntungannya pun tidak terlalu lama. Bebek termasuk jenis unggas yang memiliki cita rasa khas pada dagingnya dan bisa dibilang merupakan salah satu jenis hewan yang banyak peminatnya di Indonesia.

Untuk menjalankan usaha ternak bebek asal tekun dalam mengurus bebeknya maka akan mendapatkan keuntungan yang besar dari bebek yang terjual. Tapi untuk perawatannya memerlukan waktu dan biaya pakan yang sedikit lebih mahal agar dapat menghasilkan telur yang baik.

Sama seperti ayam, telur bebek juga bisa dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Telur yang dihasilkan bisa menjadi usaha telur asin atau telur asap yang dapat menambah keuntungan yang didapat dari beternak bebek.

7. Ternak Burung Kicau

Menjadikan ternak burung sebagai usaha ternak yang menjanjikan merupakan salah satu pilihan yang tepat. Banyak orang terutama yang memiliki hobi dengan burung kicau yang akan mengeluarkan berapapun biayanya untuk mendapatkan seekor burung kicau.

Apalagi burung-burung yang memiliki corak indah, suara bagus dan nyaring, serta yang luar biasa lincah. Bahkan harga satu burung kicau yang memiliki kualitas bagus, bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Banyak burung kicau yang didaftarkan untuk mengikuti kontes di setiap bulannya secara berkala, banyak orang yang lebih memilih beternak burung kicau. Karena jika dijual mendapatkan keuntungan yang besar dan bila diikutkan kontes juga akan mendapatkan uang jika burung tersebut menang. 

Biasanya burung kicau yang banyak dicari adalah burung lovebird, kenari, dan lain sebagainya. Tapi untuk perawatannya sendiri burung kicau ini harus dirawat dengan hati-hai karena sensitif terhadap lingkungan.

Nah itulah 7 usaha ternak yang menjanjikan keuntungan besar. Asal tekun dalam mengembangkan usaha ternaknya, maka akan mendapatkan keuntungan yang besar bagi pemilik ternaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here