5 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

Saat ini peluang usaha dapat ditemukan dimana saja. Mulai dari perkotaan hingga di pedesaan semuanya memiliki peluang masing-masing. Begitu pula bagi para pelajar/mahasiswa yang ingin memulai bisnis. Peluang usaha untuk mahasiswa sangat mungkin ditemukan apalagi di era konsumtif seperti saat ini. Karena pada dasarnya sebuah usaha/ bisnis yang dilakukan akan berjalan dengan maksimal selagi pelaku usahanya mampu dan jeli melihat peluang-peluang yang ada.

Mahasiswa notabene adalah remaja yang baru melihat dunia luar setelah lulus dari bangku sekolah merupakan pelaku usaha yang patut diperhitungkan. Pasalnya para mahasiswa ini akan lebih jeli dan kreatif dalam menemukan peluang usaha. Apalagi bagi mahasiswa rantauan yang jauh dari rumah. Tentu akan mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan kosnya atau sekedar menambah jumlah uang jajan. Berikut beberapa peluang usaha untuk mahasiswa yang dapat dilakukan tanpa modal sepeserpun, di antaranya :

1. Reseller

Peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini pastilah sudah tidak asing lagi. Bahkan dalam satu kelas perkuliahan akan mudah ditemukan beberapa reseller dari berbagai brand produk yang berbeda. Bukan tanpa alasan, menjadi reseller memang sebuah peluang yang sangat menguntungkan bagi mahasiswa. Selain mudah dan aman juga tidak memerlukan modal sedikitpun. Hanya meneruskan promosi dengan menunjukkan gambar produk yang juga telah disediakan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah produk yang dijual haruslah yang terpercaya. Atau bila perlu kita sudah pernah membeli produk tersebut dan sudah mengetahui kualitasnya. Atau bisa juga menjual produk yang sudah terkenal dan memiliki brand sendiri. Ini akan lebih aman dan menguntungkan karena tentunya sudah memiliki pelanggannya sendiri. Dengan menjadi reseller produk terkenal kita akan lebih mudah mendapatkan keuntungan dan tidak perlu lagi terlalu gencar mempromosikannya.

2. Berjualan Online Shop

Bagi mahasiswa, olshop menjadi hal yang sangat dekat dengan mereka. Pasalnya mahasiswa yang masih memiliki jiwa muda yang konsumtif tentu akan sering menghabiskan uangnya untuk berbelanja. Peluang usaha untuk mahasiswa inilah yang patut dijadikan target usaha. Dengan berjualan olshop, kita dapat dengan mudah mempromosikannya kepada teman-teman sekelas, teman satu kos, atau teman satu kantin.

Pilihlah target usaha ini dengan jeli. Jangan mempromosikan olshop yang dimiliki kepada sesama rekan yang juga memiliki olshop. Carilah target lain yang berpotensi pecandu belanja online di kampusmu. Ini bukanlah hal yang sulit, karena ada banyak mahasiswa yang masih berjiwa konsumtif dengan mengikuti tren yang ada. Tentunya bisnis ini dilakukan tanpa modal. Karena yang diperlukan hanya samrtphone dan foto-foto produk yang dapat diambil dari internet.

3. Jasa Tulis Laporan

Mahasiswa dan laporan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dimana ada mahasiswa disitu pasti ada laporan yang mengikutinya. Peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini sangat berpotensi dan wajib untuk dicoba. Karena kecil kemungkinan akan gagal. Tidak semua mahasiswa rajin dan bersemangat untuk menulis laporannya sendiri. Bahkan ada yang rela mengeluarkan budget khusus hanya untuk menyelesaikan laporannya secara instan.

Peluang ini yang dapat diambil alih oleh para mahasiswa yang memiliki jiwa bisnis. Dengan menawarkan jasa penulisan laporan kepada teman sekelas tentu akan sangat membantu bagi mereka yang tak mau repot dengan laporan. Apalagi bila sepak terjang kita dalam kuliah cemerlang tentu banyak teman-teman yang akan mempercayakan laporan mereka kepada kita. Tidak ada modal untuk usaha ini. Yang dibutuhkan hanya pulpen dan kertas yang pastinya sudah dimiliki oleh semua mahasiswa.

4. Jasa Print

Deadline dan tugas mendadak bagi mahasiswa adalah ancaman terbesar yang harus dilalui. Belum lagi saat lupa mencetak tugas yang harus dikumpul saat itu juga. Kondisi seperti ini dapat dijadikan peluang usaha untuk mahasiswa dalam mendapatkan keuntungan. Memanfaatkan kesempatan adalah kunci utamanya. Tugas-tugas mahasiswa yang banyak tentu akan membuat mereka lupa waktu dan terkadang lupa terhadap deadline. Disinilah peluang usaha yang dapat kita lakukan.

Buatlah pengumuman atau selebaran yang menyatakan bahwa kita menerima jasa titip print tugas. Atau bila perlu buatlah pesan broadcast yang dikirim ke semua kontak hpmu. Ini diperlukan agar semua teman sekampus  mengetahuinya. Bisnis ini hanya membutuhkan kejelian dalam melihat momentum.

5. Jasa Input dan Mengolah Data

Peluang usaha yang satu ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan pengolahan data diatas rata-rata. Karena bisnis ini sangat menguntungkan dan berpotensi bagi para mahasiswa tingkat akhir. Semester akhir biasanya tugas yang diberikan akan lebih ekstrim lagi. Untuk mahasiswa yang tidak paham sama sekali cara mengolah data maka jasa input dan pengolahan data menjadi solusinya.

Harga yang dipatok pun dapat mencapai ratusan ribu rupiah untuk setiap data yang diolah. Ini karena tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan dan teliti dalam mengolah data. Harga yang dipatok pun biasanya tidak menjadi masalah bagi para konsumen. Sebab mereka sudah menyadari bahwa tidak dapat melakukannya seorang diri. Yang dibutuhkan untuk bisnis ini hanya laptop, dan ketelitian yang tinggi serta kemampuan pengolahan data yang mumpuni.

Peluang usaha untuk mahasiswa memang banyak dan mudah untuk ditemukan. Namun perlu diingat dan diperhatikan bahwa setiap usaha yang kita kerjakan haruslah sesuai dengan kamampuan yang dimiliki. Jangan sampai kita merugikan banyak orang hanya demi mencari keuntungan semata. Selain itu juga, sebagai mahasiswa tentu kita memiliki tugas dan kewajiban yang juga harus diselesaikan. Jangan sampaikan tugas-tugas yang dimiliki terbengkalai karena usaha yang sibuk dijalani. Tetaplah ingat kewajiban sebagai mahasiswa.

No Response

Leave a reply "5 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Tanpa Modal"