Tips Memulai Usaha Cuci Motor Modal Kecil Serta Analisa Keuntungannya

0
299

Banyak usaha yang bisa ditekuni untuk mengatasi pengangguran yang saat ini semakin menjamur. Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan yaitu usaha cuci motor. Tak perlu modal yang besar, usaha cuci motor modal kecil bisa dilakukan siapa saja.

Peluang usaha ini tak mengenal musim. Namun di musim penghujan, usaha cuci motor akan semakin ramai pelanggan. Untuk memulai usaha yang satu ini perlu memperhatikan beberapa hal terkait usaha cuci motor modal kecil berikut ini.

Tips Memulai Usaha Cuci Motor Modal Kecil

Meskipun urusan mencuci motor terlihat sepele, tapi tidak boleh meremehkan begitu saja. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai usaha cuci moto modal kecil yang bisa dipraktekkan, di antaranya :

1. Pilihlah Lokasi Yang Strategis

Tips pertama memulai usaha cuci motor modal kecil adalah penentuan lokasi usaha. Carilah lokasi yang strategis dan dekat jalan raya sehingga lebih mudah dicari. Sebisa mungkin jangan dekat dengan kompetitor, untuk menghindari persaingan usaha yang tidak sehat. Pemilihan lokasi yang strategis, akan lebih menguntungkan dan mengurangi biaya pemasaran. Lokasi yang bagus untuk usaha cuci motor modal kecil adalah pinggir jalan besar, di kawasan kost-kostan, dekat pabrik, dan perumahan padat penduduk.

2. Menentukan Konsep Tempat Usaha

Setelah menentukan lokasi usaha, selanjutnya yaitu tempat pencucian. Jika lokasinya tanah pribadi sebaiknya membuat tempat yang permanen, namun jika tidak bisa menyewa tanah sekaligus bangunannya. Hal ini bisa lebih menghemat biaya. Buatlah tempat minimal sebesar 3×4 meter, dengan luas tersebut dapat menampung 2-3 motor secara berjajar.

3. Pilih Karyawan Yang Baik

Untuk memperlancar usaha, ada baiknya jika mencari tenaga kerja yang pekerja keras (lebih bagus lagi jika sudah berpengalaman). Carilah karyawan yang mampu membersihkan kotoran yang melekat di body kendaraan, karena inilah jualan utama dari usaha cuci motor. Untuk memulai usaha cuci motor modal kecil sebaiknya mempekerjakan 1 atau 2 karyawan dulu. Kalau pelanggan sudah banyak bisa menambah lagi.

4. Buatlah Promosi Yang Menarik

Jika semua dirasa sudah siap, maka tips selanjutnya yaitu buatlah promosi yang menarik. Ya, meskipun hanya cuci motor, namun promosi perlu dibuat apalagi pada saat awal-awal usaha. Buatlah spanduk atau banner yang menuliskan tentang kelebihan-kelebihan usaha. Ada beberapa promosi yang menarik yang bisa dijalankan diantaranya memberikan undian, voucher, sampai dengan gratis cuci motor dengan syarat dan ketentuan yang telah tercapai oleh si pelanggan.

5. Sediakan Ruang Tunggu Yang Nyaman

Sediakan juga ruang tunggu yang nyaman, dengan tempat duduk seperti sofa serta sediakan minuman mineral gelas dan koran harian untuk dibaca. Bisa juga membuat warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman yang lezat, hal ini sekaligus bisa menambah penghasilan.

6. Berikan Kualitas Hasil Cucian Semaksimal Mungkin

Tips berikutnya yang membuat usaha cuci motor makin maju dan memiliki pelanggan tetap adalah kualitas hasil cucian motor yang bersih dan cemerlang. Tidak sedikit konsumen yang mengutamakan kualitas, biasanya tidak terlalu begitu peduli dengan masalah harga. Mereka akan kembali lagi (menjadi pelanggan tetap) apabila hasil cucian bersih maksimal.

7.  Perhatikan Kebersihan

Menjaga kebersihan tempat usaha sangatlah penting. Karena hal ini akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dan yakin karena tujuan utama pelanggan datang kesitu untuk mencari kebersihan. Jika tempat usah tidak bersih pelanggan akan ragu akan kinerja dalam membersihkan motor mereka.

8. Berikan Pelayanan Yang Ramah

Tips penentu keberhasilan yang terakhir yaitu pelayanan yang diberikan. Selain hasil cucian yang bersih, konsumen yang menggunakan layanan jasa selalu mempertimbangkan keramahan dan kesopanan dari pemilik usaha beserta para pegawainya, bukan hanya sekedar memberikan senyum kepada pelanggan. Lakukan pelayanan cuci motor yang cepat dan praktis, namun tetap menjaga kualitas. Setelah selesai jangan lupa berikan ucapan terimakasih kepada pelanggan. Dengan alasan tersebut,  pemilik harus mau melatih diri dan semua karyawan agar senantiasa menonjolkan profesionalisme dalam bekerja.

9. Sediakan Peralatan Yang Lengkap

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha cucian motor biasanya tergantung konsep yang diinginkan. Tapi jika ingin membuka usaha dimulai dari yang sederhana dulu apalagi modal yang dimiliki hanya sedikit. Belilah peralatan yang sekiranya perlu saja dan cukup untuk satu orang tanpa karyawan.

Pastikan peralatan tersebut lengkap meskipun jumlahnya masih sedikit. misalnya alat-alat operasional seperti : pompa air, kompresor,sabun, busa pencuci motor, kain (kanebo), sikat, dan lain lain. Jika ditotal harga alat dan bahan memerlukan biaya sekitar Rp 4 juta, cukup murah untuk yang ingin memulai usaha cuci motor modal kecil.

Analisa Keuntungan Yang Bisa Didapat

Untuk menghitung berapa jumlah keuntungan yang bisa diperoleh setiap bulannya, maka perlu dihitung terlebih dahulu biaya operasionalnya (selain biaya investasi). Mulai dari biaya listrik, sewa tempat, renovasi dan lain-lain termasuk bayar karyawan (jika ada).

Anggap saja biaya operasional sebesar Rp. 2.500.000 per bulan. Selanjutnya akan dihitung estimasi pendapatannya, jika biaya jasa cuci motor sebesar Rp. 8.000/motor.

Contoh: Seandainya dalam sehari saja bisa mencuci 20 sepeda motor (dari jam 07.00 pagi sampai  jam 5 sore). Maka jika biaya cuci motor sebesar Rp 8.000 per motor, maka akan mendapatkan omset sehari sebesar Rp 160.000 atau Rp 4.800.000 sebulan.

Dengan omset Rp 4.800.000 sebulan dikurangi biaya operasional sebesar Rp. 2.500.000 maka memperoleh pendapatan sebesar Rp. 2.300.000. Hanya dalam 2 bulan modal sudah kembali, dan bisa membeli paket mesin lagi.

Kalau memiliki mesin dengan jumlah lebih dari 2 maka dapat dipastikan bisa menyelesaikan mencuci motor lebih cepat dalam sehari. Semakin banyak motor yang dicuci maka semakin banyak omset yang didapatkan.

Demikianlah rincian tips dan analisa keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha cuci motor modal kecil. Jika sedang mencari peluang usaha dengan modal yang kecil tak ada salahnya mencoba peluang bisnis usaha cuci motor ini yang bisa dikerjakan di rumah maupun menyewa tempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here