Tips Memulai Dan Referensi Usaha Franchise Makanan Dibawah 10 Juta

0
508

Ingin menjalankan bisnis makanan tapi terkendala masalah modal terbatas dan tidak mahir dalam memasak? Kini tidak perlu khawatir lagi, karena tetap bisa merintis bisnis makanan dengan membeli lini kuliner waralaba alias franchise. Tak perlu modal yang besar, sekarang sudah banyak franchise makanan dibawah 10 juta yang bisa menjadi pilihan.

Sebagai pembeli franchise yang dibutuhkan adalah menyiapkan modal untuk franchise fee, lokasi berjualan, dan juga karyawan. Untuk sistem dan alur kerja, tinggal mengikuti sistem yang sudah dibakukan oleh pemilik franchise.

Tips Memulai Franchise Makanan

Sebelum membuka bisnis franchise makanan dibawah 10 juta, sebaiknya harus memperhatikan beberapa tips seperti di bawah ini:

1. Pilih Brand Franchise Makanan Yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih brand franchise makanan yang tepat. jika tidak terlalu mahir dalam bidang memasak, pilihlah franchise yang mudah dijalankan dengan tenaga pemasak yang bisa kamu rekrut. Selain itu, lirik franchise makanan yang punya banyak peminatnya dan memiliki banyak outlet sehingga sudah dikenal. Misalnya saja franchise makanan camilan kekinian yang banyak digemari anak muda.

2. Pelajari Syarat Dan Ketentuannya

Saat memilih brand franchise makanan, pastikan untuk mempelajari syarat dan ketentuan yang diberikan dengan teliti. Jangan sampai karena sudah cocok lalu langsung menandatangani kontrak. Perhatikan terlebih dahulu ukuran booth yang diberikan, kisaran harga jual, banner, bahan baku, kemasan franchise makanan, royalti atau komisi yang dikenakan, serta standard operating procedures (SOP) yang berlaku.

3.  Tentukan Lokasi Berjualan Yang Strategis

Tips memulai usaha franchise makanan dibawah 10 juta selanjutnya yaitu tentukan lokasi berjualan. Untuk menentukan lokasi berjualan yang strategis ini, yang harus dilakukan menemukan yang cocok dengan pilihan franchise makanan. Misalkan saja mengambil franchise makanan kekinian, maka harus mengambil lokasi di dekat sekolah atau universitas, jangan di area perkantoran karena segmentasi pasar yang dibidik adalah anak muda seperti pelajar dan mahasiswa.

4. Buatlah Perhitungan Yang Matang

Sebelum memulai bisnis harus membuat perhitungan yang matang terlebih dahulu. Apa saja yang harus diperhitungkan ketika memulai bisnis franchise makanan? Hitung biaya franchise yang dipatok oleh franchisor, sewa tempat, listrik, hingga gaji pegawai jika ingin menggunakan pegawai. Nantinya setelah bisnis franchise makanan sudah berjalan, harus tetap rutin membuat perhitungan di setiap bulannya.

5. Siapkan Modal

Setelah semua perhitungan sudah dilakukan, pastinya sudah tahu berapa kira-kira modal yang akan dibutuhkan untuk membuka bisnis franchise makanan. Membuka gerai franchise makanan memang memiliki modal yang tidak sedikit karena kebanyakan franchise makanan mematok harga franchise puluhan juga bahkan hingga ratusan juta. Tapi jika dana yang dimiliki terbatas, ternyata masih ada kok franchise makanan dibawah 10 juta yang bisa menjadi pilihan.

Pilihan Franchise Makanan Dibawah 10 Juta

Pada umumnya, biaya untuk memulai usaha franchise dengan prospek keuntungan yang tinggi dibandrol dengan harga mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 1 miliar. Tentu saja ini menciutkan nyali bagi yang ingin memulai dengan modal yang hanya dibawah 10 juta. Nah, kali ini akan disajikan daftar paket franchise murah dengan harga di bawah Rp 10 jutaan.

1. Dokar (Donat Bakar)

Franchise makanan murah memang tidak ada matinya dan selalu berinovasi, contohnya DOKAR. Bisnis makanan ringan dengan menu donat bakar ini menawarkan bisnis kemitraan dengan modal mulai dari Rp 7.5 juta hingga Rp 9.3 juta saja. Satu potong donat dibandrol dengan harga antara Rp. 1500 – 2000 saja. Tersedia dalam 42 varian rasa, Dokar telah memiliki 66 outlet di beberapa kota di Indonesia.

2. Siomay Youlagi

Terbuat dari daging ayam, Siomay Youlagi menawarkan produk siomay dan sejenisnya. Merek ini telah terdaftar di HAKI sejak 17 Mei 2013 lalu dan memiliki beberapa varian isi seperti telur, keju, sayuran, hingga cabe rawit bagi para pecinta pedas. Ada beberapa paket yang bisa dipilih besarnya investasi, mulai dari paket investasi Rp 1 juta, Rp 3 juta, hingga Rp 6 juta. Sesuai jika modal usaha franchise makanan dibawah 10 juta. Siomay ini dibandrol dengan harga Rp 10 hingga 12 ribu per porsinya.

3. Pota Potatoes

Pota Potatoes diproduksi oleh CV. Pioni Adya Group yang produknya berupa kentang goreng. Produk ini dipilih karena memiliki potensi yang cukup menjanjikan dan banyak digemari oleh semua kalangan. Pota Potatoes membidik kesempatan ini dan memberikan penawaran usaha franchise makanan dibawah 10 juta. Modal investasi yang perlu dikeluarkan untuk membeli hak waralaba ini hanya sekitar Rp 5 juta saja. Produk ini telah memiliki setidaknya 250 gerai.

4. Mie Goreng Umihantsa

Mie Goreng Umihantsa adalah usaha franchise makanan dibawah 10 juta yang memproduksi mie mentah tanpa bahan pengawet dan kimia yang sudah memiliki pengalaman selama 8 tahun dan sudah bersertifikat halal. Untuk paket investasi, Umihantsa mematok mulai dari Rp 8 juta, sedangkan fasilitas yang didapatkan oleh mitra adalah freezer, motor bag, produk mie umihantsa, media pemasaran (spanduk, Brosur, Kartu nama dan internet marketing).

5. Martabak Mini Afrika “Waka waka”

Martabak Mini Africa “Waka Waka” adalah bisnis franchise makanan dibawah 10 juta yang menawarkan produk jajanan martabak dengan varian rasa yang banyak. Sesuai dengan namanya, martabak ini berukuran mini dan uniknya lagi topingnya dibuat sangat menarik. Diperkenalkan sejak pada 2011 lalu, usaha waralaba ini sudah berhasil memiliki lebih dari 600 mitra di Indonesia. Franchise Martabak mini Africa ‘Waka Waka’ ditawarkan dengan biaya investasi mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 11 juta, dengan estimasi balik modal selama 1 bulan.

Jadi, apakah sudah menemukan pilihan paket franchise makanan dibawah 10 juta yang sesuai dengan kemampuan? Apapun pilihannya, jangan lupa untuk selalu gigih berusaha dan pantang menyerah ketika menjalankan bisnis. Jika usaha sudah berjalan, jangan ragu untuk mengembangkannya dan membuka cabang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here