Tips Peluang Usaha Di Bidang Perkebunan Buat Anda

tips menanam sengon

Menjadi wirausaha merupakan pekerjaan yang diidam-idamkan oleh semua orang. Tidak sedikit yang lebih memilih menjadi seorang wirausaha daripada harus bekerja buruh dengan orang lain. Usaha yang dilakukan juga sangat beragam, mulai wirausaha dibidang makanan, properti dan lain sebagainya.

Jika anda ingin menjadi seorang wirausaha maka perlu mencoba peluang usaha di bidang perkebunan. Usaha jenis ini sangat cocok bagi anda yang ingin membuka lapak di pedesaan ataupun daerah perkebunan. Para petani pasti mencari sentral terdekat untuk menunjang kebutuhan perkebunan mereka.

Wirausaha dibidang perkebunan sangatlah menjanjikan bagi anda karena keuntungan yang didapat tidak sedikit. Jika anda punya cukup modal untuk membuka usaha maka anda harus paham betul apa peluang usaha di bidang perkebunan tersebut.

Ada banyak peluang yang harus anda perhatikan tujuannya agar proses usaha anda berjalan dengan lancar. Anda perlu kecermatan, semangat serta tekat berwirausaha yang besar. Jiwa seorang wirausaha harus pantang untuk menyerah ketika usaha sedang down.

Tips Peluang Usaha Di Bidang Perkebunan Untuk Pemula

Ada banyak peluang usaha ketika anda ingin berusaha untuk mencari tau. Tidak sedikit dari pengusaha harus memutar balik otak hanya untuk mencari peluang dan strategi berbisnis. Anda tidak boleh ketinggalan juga dalam mencari peluang usaha di bidang perkebunan. Sehingga anda dituntut untuk mahir mencari peluang dalam membuka usaha. Berikut macam-macam trik peluang usaha yang bisa anda terapkan.

1. Harga Jual Produk Perkebunan

Anda dalam berbisnis harus pandai mengukur jumlah permintaan serta mencari informasi mengenai harga jual dari produk perkebunan. Tujuanya agar anda bisa mengetahui harga jual produk pada waktu tertentu dan pada kurun waktu tertentu. Dengan begitu anda bisa mengetahui serta menentukan apakah produk anda bisa dijual dengan harga tinggi atupun rendah. Selain itu semakin mahal harga produk yang ditawarkan maka semakin bagus prospek bisnis yang anda miliki. Sehingga peluang usaha dibidang perkebunan dengan memikirkan harga jual produk perkebunan sangatlah penting.

2. Ketersediaan Kebutuhan Perkebunan

Ketika anda memilih untuk memanfaatkan peluang usaha di bidang perkebunan maka anda juga perlu memperhatikan kesiapan modal. Anda perlu mempersiapkan modal yang digunakan untuk usaha dibidang perkebunan. Tidak sedikit modal yang dibutuhkan mengingat produk perkebunan sangatlah mahal harganya. Oleh karena itu alangkah baiknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu ketersediaan kebutuhannya. Selain itu anda juga harus memikirkan ketersediaan sumber daya alam yang ada. Tidak hanya ketersediaan sumber daya alam anda juga harus memperhatikan sarana transportasi, dan lokasi. Anda juga harus pandai-pandai menganalisa alat pertanian apa saja yang dibutuhkan.

3. Permintaan Hasil Produk Perkebunan

Anda harus bisa menganalisis seberapa besar permintaan hasil produk perkebunan didaerah anda. peluang usaha dibidang perkebunan harus anda perhatikan sebagai upaya memperlancar usaha anda. Yang menjadi dasar usaha anda adalah dengan melihat permintaan pasar terhadap produk yang akan anda tawartkan. Sehingga anda dituntut untuk menganalisa kondisi pasar terhadap permintaan. Peluang usaha di bidang perkebunan sangat membantu anda sebelum mendirikan lapak usaha. Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba karena sudah banyak pengusaha yang sukses dibidang ini.

4. Analisis Pesaing

Salah satu peluang usaha di bidang perkebunan yang harus anda perhatikan ialah mengenai kuota pesaing disekitar anda. Tempat lokasi wilayah yang wajib anda perhatikan juga mempengaruhi kelancaran usaha anda. Akan tetapi meskipun pesaing sudah banyak namun permintaan akan produk perkebunan terus meningkat. Anda tidak perlu khawatir untuk mencobanya karena jiwa seorang wirausaha adalah menerima semua tantangan. Setiap orang punya rejekinya masing-masing. Anda hanya perlu bersaing dengan sehat saja tanpa harus iri dengan pengusaha saingan anda yang lain.

5.Mencoba Bisnis Perkebunan Kelapa

Peluang usaha yang sudah banyak eksis dibidang perkebunan yakni kelapa sawit. Bisnis ini dijamin memiliki prospek usaha yang baik untuk kedepanya. Hal ini disebabkan karena produksi kelapa sawit merupakan salah satu komoditi yang paling berpengaruh menyokong perekonomian negara. Permintaan ekspor produk keluar negeri sangatlah tinggi. Ada banyak sekali yang bisa dimanfaatkan dari kelapa ini sehingga dijamin keuntungan akan berlipat ganda.

6.Membuka Usaha Kebun Pohon Jati

Siapa yang tidak mengetahui bahwa produk kayu jati memiliki harga jual yang sangat mahal dipasaran. Hal ini karena kualitas yang dimiliki pohon jati sangatlah tinggi. Namun untuk anda yang ingin berbisnis pohon jati harus memikirkan dua kali. Hal tersebut karena waktu penanaman pohon jati yang sangatlah lama. Butuh waktu berpuluh-puluh tahun untuk bisa memperoduksinya, akan tetapi ketika dipasarkan anda akan menerima keuntungan yang sangat besar.

7. Bisnis Pupuk Untuk Tanaman Perkebunan.

Anda bisa mencoba membuka lapak bisnis yang menjual pupuk perkebunan. Pupuk ini sangatlah berguna bagi petani untuk memaksimalkan hasil perkebunannya. Dengan begitu sasaran pasar dari bisnis ini terbilang sangat luas. Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba peluang usaha ini karena tidak sedikit yang sudah sukses.

8. Perkebunan Sengon

Sengon saat ini menjadi primadona dan dengan harga yang terus melambung tinggi terutama di daerah Jawa. Daerah ini memiliki industri perkayuan terbanyak terutama produk produk Barecore, Blockboard, Plywood dan Floorbased. Produk ini semua menggunakan bahan baku sengon terutama ukuran 2 meter menjadi harga termahal rata rata 1.2 juta per M3

Bayangin anda memiliki tanah kosong yang belum sempat mengelola anda bisa tanami sengon dengan jangka waktu panen yang relatif singkat sekitar 6 tahun.

Tips nya miliki 6 lahan yang berbeda masa tanamnya, buat daur rencana tanam 1 tahunan, jadi mulai 6 tahun kemudian anda akan rutin panen setiap tahun

Selamat mencoba

author
No Response

Leave a reply "Tips Peluang Usaha Di Bidang Perkebunan Buat Anda"