Syarat Mendirikan PO Bus Yang Perlu Anda Ketahui!

0
383

syarat mendirikan PO busPenggunaan bus sebagai sarana transportasi cukup tinggi. Ini membuat sebagian pebisnis tertarik untuk membuka usaha tersebut. Untuk mewujudkan keinginannya, pebisnis perlu memenuhi syarat mendirikan PO bus.

Persyaratan in sudah diatur oleh pemerintah. Pebisnis yang dapat memenuhinya, pebisnis tersebut yang berhak mengantongi legalitas. Tentu saja, bus dapat beroperasi di jalanan tanpa kendala.

Pertanyaannya sekarang adalah apa saja persyaratannya? Inilah yang akan Anda temukan di sini. Tetapi sebelumnya, mari sejenak luangkan waktu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pendirian sebuah PO Bus.

Kelebihan PO Bus

Sebelum mengulas tentang syarat mendirikan PO bus, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dalam mendirikannya. Setidaknya, ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk menguatkan tekad Anda dalam membangun usaha.

Salah satu kelebihan utamanya, PO Bus ini memiliki pasar yang sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan besarnya minat masyarakat terkait moda transportasi tersebut.

Anda dapat melihat bahwa kebutuhan bus di tengah masyarakat cukup tinggi. Bus biasanya dimanfaatkan untuk perjalanan jarak jauh. Baik itu untuk kebutuhan pariwisata, mau pun sekedar mengantarkan dari satu tempat ke tempat lainnya sekali waktu.

Jika melihat dari tingginya minat, tentu pebisnis dapat memperoleh pemasukan yang cukup besar sekali berangkat. Contohnya dalam transportasi wisata, bus dapat mengantongi pemasukan hingga jutaan rupiah.

Meskipun nilainya tetap, keuntungannya tetap besar. Apalagi  memasuki musim liburan. Bus akan selalu menjadi primadona dalam mengantarkan penumpang ke tujuan wisata.

Sederhananya, kelebihan utamanya ialah lebih diminati oleh pelanggan dalam jumlah besar. Jadi, penerimaan dari jasa transportasi ini akan tinggi di tiap bulannya.

Kelemahan PO Bus

Setiap perusahaan transportasi menyadari bahwa jasanya juga memiliki kelemahan. Kelemahan utamanya terletak pada banyaknya pesaing.

Pesaing dengan modal luar biasa tentu sulit untuk dilawan. Karena dengan modal tinggi, armada yang disediakan jauh lebih baik. Dan ini tentu bisa menarik perhatian dari sebagian besar pengguna jasa.

Kemudian, modal usaha yang dibutuhkan sangatlah besar. Bayangkan saja, pembelian satu unit bus saja bisa mencapai miliaran rupiah.

Ini berarti, hanya pebisnis dengan modal besar yang dapat melakukannya. Apalagi, syarat mendirikan PO bus ini memberlakukan pebisnis untuk memiliki lebih dari 1 unit kendaraan. Jadi, modalnya akan berlipat meskipun baru dirintis dari nol.

Besarnya modal ini juga belum bisa ditutup hanya dalam hitungan bulan. Setidaknya, penerimaan uang dari pelanggan baru bisa menutup minimal 5 tahun dari pembelian. Itu pun jika bus sering beroperasi.

Jika kesulitan dalam menemukan pelanggan, PO ini terancam merugi. Minimal, perusahaan harus menunggu waktu lebih lama untuk mengembalikan modal awal.

Syarat Utama Mendirikan PO Bus

Jika Anda berniat untuk membangun usaha transportasi bus, ada beberapa persyaratan yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat mendirikan PO bus adalah sebagai berikut.

  • PO harus memiliki NPWP
  • Perusahaan sudah memiliki akta pendirian
  • Sudah mengantongi surat izin pendirian usaha di tempat tertentu
  • Memiliki minimal 5 buah unit bus
  • Mempunyai fasilitas penyimpanan kendaraan

Itu merupakan persyaratan pokok. Sementara sisanya merupakan syarat administrasi dan teknis. Yakni meliputi kesanggupan dalam memberikan pelayanan terbaik, memiliki perizinan trayek, memberi gambaran permodalan dan lain sebagainya.

Jika Anda mampu memenuhi persyaratan tersebut, Anda dapat mewujudkan bisnis transportasi. Dan Anda tinggal mengelolanya agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Tips Memulai Usaha Transportasi Bus

Membangun usaha ini tidak hanya sekedar mampu memenuhi syarat mendirikan PO bus. Karena, masih ada hal lain yang perlu Anda pertimbangkan.

Supaya tidak salah melangkah, Kami akan membagikan informasi tentang cara memulai usaha tersebut. Berikut ini tipsnya.

  1. Tentukan Jenis Layanan PO Bus

Layanan dari PO Bus terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah layanan transportasi reguler. Sementara yang kedua ialah layanan pariwisata.

Layanan reguler ini menggambarkan jalur yang dilalui oleh bus telah diatur. Bus akan beroperasi dari satu tempat ke tempat yang lain setiap harinya. Dan ini tentu saja memerlukan perizinan dari pihak dinas perhubungan.

Sementara bila menggunakan layanan pariwisata, bus ini memiliki jangkauan lebih luas. Bus dapat beroperasi ke mana saja. Khususnya untuk mengantarkan penumpang ke destinasi wisata di tanah air.

Biasanya, bus tersebut akan menempuh perjalanan cukup jauh setiap kali beroperasi. Dan perusahaan diwajibkan untuk menjaga kondisinya. Karena, tingkat kerawanannya di perjalanan cukup tinggi.

Alasannya sangat sederhana. Mesin kendaraan yang dipacu cukup jauh akan membuat beberapa elemen turun performanya. Misalnya menurunnya sistem pengereman dan lain sebagainya.

Untuk itulah, PO harus memiliki tempat penyimpanan serta tempat untuk memperbaikinya. Dengan begitu, kelayakan kendaraan di jalan raya bisa dipertanggung jawabkan.

  1. Pilih Armada yang Bermutu

syarat mendirikan PO busDisadari atau tidak, jenis armada memiliki andil dalam menarik perhatian pelanggan. Semakin baik armadanya, tentu semakin banyak pula orang yang ingin menggunakannya.

Di sini, Anda harusnya lebih cerdik dalam membeli unit bus. Ada baiknya jika Anda membeli unit yang memiliki performa mesin yang baik. Selain itu, unitnya didukung dengan chasis yang kuat.

Fungsinya untuk menjaga bus tetap beroperasi dalam kurun waktu yang lama. Ketika ketahanannya terjaga, Anda tidak akan sering berganti bus. Dan ini jelas lebih menguntungkan bagi bisnis.

Menariknya, kekuatan serta kehebatan performa bus membuat pelanggan semakin nyaman. Setidaknya, pengguna jasa tidak berisiko menjumpai kerusakan bus di jalan raya.

  1. Sediakan SDM yang Mumpuni

Sebagai pemilik bisnis, Anda hanya bertugas untuk mengelola usaha sebaik mungkin. Anda bertindak sebagai pemilik yang memastikan kendaraan dapat beroperasi dengan baik.

Di lain sisi, Anda butuh orang yang mampu bertugas dalam memberikan pelayanan pada pelanggan. Oleh karenanya, Anda butuh SDM yang memang berpengalaman.

Selain orang yang bertugas memberi pelayanan di perjalanan, Anda juga perlu memperkerjakan SDM di bidang pemeliharaan kendaraan. Ini juga sangat penting. Bahkan, menjadi bagian dari syarat mendirikan PO bus.

Karena kenyataannya, Anda dituntut untuk menyediakan fasilitas pemeliharaan bus. Jika tidak memilikinya, perizinan akan dicabut. Bahkan, Anda akan kesulitan untuk memohon izin beroperasi ke depannya.

  1. Terapkan Strategi Pemasaran yang Tepat

Ketika Anda sudah memperoleh perizinan, langkah selanjutnya ialah menemukan pelanggan. Untuk menemukannya, Anda perlu mempromosikannya.

Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara paling mudah saat ini ialah melalui internet.

Langkah awalnya, buatlah website resmi perusahaan Otobus. Kemudian, promosikan ke berbagai saluran. Baik itu menggunakan media periklanan Google, atau melalui promosi media sosial.

Kenapa? Alasannya, kebanyakan pengguna jasa akan mencari layanan transportasi di Internet. Jika layanan Anda terlihat di internet, pencari layanan bus akan segera mengunjungi Anda.

Biasanya, Anda akan dihubungi oleh calon penumpang. Di sini, Anda tinggal menanggapinya dengan baik. Yakinkan untuk menggunakan jasa, serta berikan jaminan kualitas agar pelanggan ini semakin loyal.

Akhirnya, Anda dapat merealisasikan keinginan untuk bisnis di bidang transportasi. Dengan catatan, Anda memiliki modal yang kuat. Selain itu, Anda memang memenuhi syarat mendirikan PO bus yang ditetapkan oleh pihak berwenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here