Sukses Bisnis Bagi Seorang Pemula Itu Bukan Khayalan

0
303

Sukses dapat ditempuh dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berwirausaha. Pada umumnya, wirausaha berupa berjualan produk atau jasa dengan memperoleh laba. Apabila usahanya berhasil, laba yang diperoleh pasti berlipat. Bagi Anda yang berminat menjadi pengusaha, ada berbagai jenis bisnis yang dapat dicoba.

Terlebih di era yang serba canggih ini, bisnis telah berkembang dengan memanfaatkan teknologi seperti internet dan gadget. Selain mudah, modal yang diperlukan pun tidak besar. Yuk simak cara sukses bisnis bagi pemula sesuai trend bisnis tahun 2019.

Cara Sukses Bisnis bagi Pemula

Menjadi seorang pebisnis berbeda dengan karyawan biasa. Apabila karyawan memiliki bos sebagai petingginya, maka pebisnis sekaligus menjadi bos yang mengatur segala usahanya. Oleh karena itu, tiap pebisnis haruslah memiliki ketekukan dalam bekerja supaya usahanya berjalan lancar. Bagaimana cara memulai usaha bagi pemain pemula?

Putuskan Apa yang Akan Anda Jual

Ketika hendak memulai bisnis pasti Anda akan bertanya-tanya, kira-kira produk apa yang harus dijual? Apalagi jika Anda memilih trend bisnis tahun 2019 berupa bisnis online. Akan ada lebih banyak poin yang harus diperhatikan. Pertama, akankah produk yang Anda pilih memungkinkan untuk dikirim ke wilayah berbeda? Jika tidak, lebih baik pertimbangkan lagi untuk menjualnya secara online.

Begitupula ketika Anda menjual produk digital berupa desain grafis. Apakah produk tersebut dapat dikirim via internet? Jika proses pengiriman mudah, maka keputusan Anda menjual produk tersebut juga tepat. Kedua, apabila produk yang Anda jual dikerjakan sendiri, akankah mampu mengimbangi permintaan pasar? Jika tidak, pikirkan untuk bekerjasama dengan supplier. Ketiga, pastikan tiap produk tersebut benar-benar diminati oleh masyarakat. Dengan kata lain, ada pasar yang menjadi target Anda. Kemudian, lakukan pendekatan dengan orang-orang sekitar guna penyebarluasan toko online Anda alias marketing.

Niche Market

Jika Anda perhatikan lagi, pasti ada bisnis online dengan produk yang serupa berkeliaran di sosial media bukan? Ketahuilah, ketersediaan produk yang seragam dengan toko online lain sangat tidak disarankan bagi Anda yang berniat memulai bisnis online. Pasalnya, calon pembeli tidak akan merasa tertari karena produk tersebut juga tersedia di toko lain, bahkan dengan harga yang lebih murah. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan membuat niche market sebagai trend bisnis tahun 2019 dengan tepat.

Niche market ini bertujuan untuk mendapatkan kepuasan dari pelanggan serta memperkecil persaingan pasar online. Pada intinya, niche market ingin membuat toko online dan produk Anda berbeda dengan toko online lainnya. Jadi, temukanlah unsur pembeda dari toko online Anda sehingga untung yang diperoleh bisa lebih banyak.

Untuk itu, perhatikan beberapa hal berikut sebelum membuka online shop sebagai trend bisnis tahun 2019. Pertama, lakukan survey untuk melihat persaingan dalam portal-portal online. Kedua, pastikan produk yang jual berkualitas dan menarik. Misalnya saja Anda menjual produk kerajinan hand made. Maka, usahakan produk tersebut kreatif dan berbeda dengan kerajinan lain yang telah ada. Jika perlu, manfaatkan keahlian Anda supaya online shop berjalan lebih lancar. Selanjutnya, aturlah toko online milik Anda supaya mudah proses pembelian produknya.

Uji Coba Pasar dengan Menjual Produk Skala Kecil

Sebelum Anda memulai bisnis online dengan membuka situs belanja pribadi, terlebih dahulu cobalah untuk menguji produk Anda untuk dijual dalam skala kecil. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui respon serta minat masyarakat. Ikutilah beberapa pameran atau event-event tertentu untuk promosi produk Anda. Bisa juga dengan mengikuti marketplace untuk mengetahui peluang pasar terhadap produk Anda. Apabila peminatnya banyak, mulailah untuk berbisnis lebih serius di portal online milik Anda. Jangan lupa untuk menanyakan kepuasan pelanggan melalui fitur rating. Hal ini penting untuk feedback customer selanjutnya serta perbaikan pelayanan trend bisnis tahun 2019 dalam bisnis online Anda.

Buatlah Perencanaan Bisnis

Cara sukses bisnis selanjutnya bagi pemula adalah luangkan waktu Anda untuk membuat perencanaan bisnis. Tujuannya, untuk mencari kesempatan, apakah ketika bisnis tersebut telah berjalan, memungkinkan untuk mendapatkan dana dari para investor atau tidak. Jika iya, tentu kucuran dana dari investor akan mampu memberikan perbaikan lebih maju pada toko online Anda. Ya, meskipun berbisnis online tidak memerlukan biaya alias gratis, tetap saja dalam aplikasinya memerlukan biaya produksi.

Mulailah untuk membuat strategi bisnis tersendiri dengan memetakan biaya pengiriman yang diperlukan, produksi sendiri atau kontrak dengan supplier, gaji karyawan apabila ada, serta biaya untuk layanan web hosting maupun nama domain. Keempat hal tersebut penting menjadi pertimbangan ketika Anda hendak membuat bisnis online.

Jika Masih Sulit Ikuti Saja Training Online

Tidak semua training online menjanjikan sebuah kesuksesan dan tentu perlu dukungan biaya yang tidak kecil. Biasanya training training online di Internet memerlukan biaya bulanan yang cukup besar dan tidak diajakan praktek dengan produk nyata.

Jika anda sampai saat ini belum menemukan medianya, kami ada informasi bagus mengenai akademi bisnis digital dimana akan di jabarkan bagaimana cara belajar bisnis digital tahap demi tahap dengan cara yang sangat mudah dipahami.

Melalui presentasi online dengan video dan presentasi sederhana yang sangat membantu teori dan praktek bisnis online mulai dari nol. Training Gratis ini sangat cocok buat pemula karena bener bener dari hal yang paling sederhana

Selain belajar secara online juga disediakan fasilitas belajar secara offline di berbagai kota di Indonesia jadi anda akan lebih cepat menyerap ilmunya dan langsung praktek

Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi akademi bisnis digital

Nah, itulah beberapa kiat sukses bisnis online sebagai trend bisnis tahun 2019 bagi pemula. Ingat, perencanaan yang matang akan berpengaruh pada action-nya dilapangan menjadi lebih baik. Begitupula sebaliknya. Semoga berhasil!

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here