Ini Dia 5 Dasar Yang Wajib kita Pahami Untuk Dapat Memanfaatkan Peluang Usaha Web Hosting Di Indonesia

Jika kita ingin mengolah bisnis dengan keuntungan menjanjikan, maka web hosting adalah solusinya. Apakah web hosting itu? Pengertian web hosting adalah sebuah industri pelayanan jasa penyedia space data storage untuk suatu website.

Biasanya perusahaan web hosting memberikan ruang penyimpanan online dan bandwith dengan sistem unlimited. Sehingga ketika bandwith kita telah mencapai batas kuota maksimal, maka bisa jadi perusahaan web hosting akan menonaktifkan web kita. Setidaknya seperti itulah cara kerja dari web hosting.

Apalagi di era modern ini, pelayanan jasa web hosting di negara kita sangat diperlukan untuk mengolah website baik pribadi maupun perusahaan. Oleh karena itulah, kita bisa memanfaatkan peluang usaha web hosting di Indonesia ini.

Sebelum memulai sebuah usaha, tentu kita harus memiliki ilmunya terlebih dahulu. Paling tidak kita menguasai dasar dari usaha yang akan kita jalankan. Selain itu, kita juga harus bersedia kerja keras dan siap menanggung resiko.

Karena, untuk mempromosikan layanan jasa kita butuh mental yang kuat sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Begitu pun dengan web hosting. Terbukanya peluang usaha web hosting di Indonesia tentu saja harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, sangat penting kita memahami 5 dasar web hosting sebelum kita memulai bisnis ini :

1. Web Server

Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan data sekaligus merespon permintaan dari HTTP atau HTTPS pada web browser yang dikenal. Sehingga akhirnya web server mengirimkan kembali permintaan tersebut dalam bentuk halaman web atau yang biasa disebut dengan dokumen HTML. Halaman web ini bisa berupa teks, gambar, video, audio dan sebagainya. Adapun contoh web server yang biasa digunakan di internet antara lain Apache, microsoft windows server 2003, Xitami Web Server dan lainnya.

2. IP Addres

Salah satu dasar yang harus kita pahami  sebelum membuka peluang usaha web hosting di indonesia adalah IP Addres. IP Addres adalah sebuah alamat atau semacam seri khusus komputer hingga bisa terhubung dengan komputer lainnya. IP Address terdiri dari dua bagian yaitu Net ID dan Host ID. Jika satu komputer ingin terhubung dengan komputer yang lain maka IP dari Net ID kedua komputer tersebut harus sama dengan host yang berbeda. Misalnya IP Address dari sebuah komputer adalah 192.168.100.1. Maka yang merupakan Net ID adalah 192.168.100. Dan Host ID adalah 1.

3. Sistem Keamanan Web

Selain memahami web server dan IP addres, kita juga wajib memahami sistem keamanan web atau yang biasa dikenal dengan web security. Keamanan web ini berfungsi sebagai pelindung web kita dari virus yang dapat membuat web kita error dan rusak.

Sehingga tidak bisa diakses oleh pengunjung web. Seiring berkembangnya teknologi, tentu saja tak bisa lepas dari munculnya para hacker yang melakukan berbagai teknik untuk merusak web kita. Kita bisa menangkalnya dengan cara menggunakan kombinasi kata kunci.

Dan Pastikan tulisan skrip kita benar-benar teruji dan tidak memungkinkan terjadinya kesalahan atau error script. Atau untuk cara yang lebih ampuh kita bisa bekerja sama dengan perusahaan web profesional untuk melindungi web kita.

4. Promosi Web

Poin yang sangat penting dalam memanfaatkan peluang usaha web hosting di Indonesia adalah promosi web. Kita harus menyiapkan segala taktik untuk mempromosikan web kita agar dikenal oleh para pengguna internet. Karena Tanpa melakukan promosi, maka tentu saja kita tidak akan mendapatkan keuntungan.

Padahal keuntungan tersebut datang seiring banyaknya pengguna yang mengunjungi web kita.  Kita bisa menggunakan beberapa taktik promosi web antara lain melalui email, melakukan broadcast, mengedit signature email dan berbagai aplikasi social media.

5. Sabar Menghadapi Berbagai Karakter Konsumen

Ketika kita ingin mendapatkan banyak konsumen, maka pastinya kita harus sabar menghadapi berbagai macam karakter mereka. Karena pelayanan yang ramah juga sangat dibutuhkan dalam membangun bisnis, baik itu online maupun offline. Pastikan emosi kita benar benar terkontrol saat berhadapan dengan konsumen. Jika bisa, kita menggunakan cara bagaimana memikat konsumen agar tertarik untuk mengunjungi web kita.

No Response

Leave a reply "Ini Dia 5 Dasar Yang Wajib kita Pahami Untuk Dapat Memanfaatkan Peluang Usaha Web Hosting Di Indonesia"