Peluang Usaha Kecil Menengah Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Jenis Bisnisnya

Usaha kecil menengah merupakan salah satu pilar perekonomian yang menopang Indonesia. Tanpa adanya usaha kecil menengah, Indonesia tidak akan mendapat Produk Domestik Bruto (PDB) sesuai target. Sayangnya, masih banyak pihak meragukan peran penting usaha kecil menengah. Banyak orang beranggapan peluang usaha kecil menengah untuk sukses sangat kecil. Terutama di era Revolusi Industri 4.0. Benarkah demikian?

Peluang Usaha Kecil Menengah Di Era Revolusi Industri 4.0

Peluang usaha kecil menengah untuk sukses menjadi salah satu yang paling sering diperdebatkan. Di satu sisi, ada pihak menyebut usaha kecil menengah kalah saing dibanding perusahaan raksasa. Terutama dari segi teknologi. Sementara itu, banyak pula pihak yang meyakini usaha kecil menengah bisa menyamai kesuksesan perusahaan lain. Sebenarnya, bagaimana peluang usaha kecil menengah di era Revolusi Industri 4.0? Ini rangkuman faktanya :

  • Usaha kecil menengah mampu menjual melebihi batas negara.
  • Kesempatan ekspor lebih banyak.
  • Usaha kecil menengah terancam kompetitor asing.
  • Teknologi pemasaran usaha kecil menengah kini lebih canggih.
  • Pajak untuk usaha kecil menengah saat ini lebih kecil.

Dari fakta-fakta di atas, dapat disimpulkan peluang usaha kecil menengah untuk sukses SANGATLAH BESAR. Tapi tentu saja, tidak semua bisa mencapai kesuksesan yang sama. Lantas apa saja bisnis paling berpeluang untuk usaha kecil menengah?

Bisnis Berpeluang Paling Besar Untuk Usaha Kecil Menengah di Era Revolusi Industri 4.0

Dari segi teknologi, usaha kecil menengah Indonesia mungkin kalah saing dibanding negara lain. Akan tetapi ada beberapa bisnis usaha kecil menengah Indonesia yang unggul di mancanegara. Berikut ini daftarnya.

1. Kuliner

Indonesia terkenal sebagai negara dengan sajian kuliner yang paling variatif. Selain itu, kuliner di Indonesia juga unik. Rasanya bahkan melebihi kuliner di negara-negara lain.

Salah satu peluang usaha kecil menengah yang akan sukses adalah dengan bisnis kuliner. Sejak pertama kali perdagangan global dibuka, Indonesia telah dikenal sebagai eksportir bahan makanan terbaik. Bisnis kuliner usaha kecil menengah yang paling laris biasanya berbentuk snack buah, makanan siap jadi, dan bumbu masak.

2. Alat Musik

Pembuat alat musik Indonesia juga cukup terkenal di mancanegara. Indonesia banyak menyuplai alat musik seperti gitar dan drum. Bahkan di Bali, terdapat bisnis gitar yang diminta mengekspor tiap bulan.

Peluang usaha kecil menengah di bidang musik termasuk tinggi. Selain banyaknya permintaan dari luar, kompetitornya juga tergolong kecil. Bagi pelaku usaha kecil menengah Indonesia, pasar musik dunia masih cukup berlimpah untuk diburu.

3. Handycraft

Selain alat musik, pelaku usaha kecil menengah Indonesia juga banyak mengekspor handycraft. Handycraft adalah aksesoris yang biasa digunakan untuk mengindahkan rumah. Aksesoris ini biasanya dibuat dengan bahan tak biasa, seperti rotan dan eceng gondok.

Di pasar dunia, pelaku usaha kecil menengah Indonesia bidang handycraft tidak punya banyak saingan. Hal tersebut dikarenakan keunikan handycraft Indonesia belum ada yang mampu menandingi. Simpulannya, peluang usaha kecil menengah bidang handycraft sukses sangatlah besar.

4. Fashion

Pernah mendengar nama desainer Tex Xaverio? Beberapa waktu lalu, desainer asal Indonesia ini mendapat kehormatan untuk mendesain kostum beberapa film Hollywood. Bukan hanya Tex, masih banyak desainer Indonesia lain yang namanya kondang di luar negeri.

Dari segi fashion, Indonesia juga punya keunggulan tersendiri yaitu batik. Peluang usaha kecil menengah dalam berbisnis batik sangatlah besar. Baik di dalam maupun luar negeri, batik masih banyak diminati. Ada berbagai produk fashion bertema batik yang laris di pasaran, misalnya tas, sepatu, hingga pakaian.

5. Animasi

Bagi usaha kecil menengah Indonesia, bidang ini tergolong baru. Tapi peluang usaha kecil menengah bidang animasi untuk sukses sangatlah tinggi. Terutama dalam 10 tahun ke depan.

Baru-baru ini, beberapa usaha kecil menengah bidang animasi berhasil mengharumkan nama Indonesia. Misalnya seperti usaha animasi di Bali dan Jakarta, yang telah berulang kali dikontrak perusahaan animasi Jepang.

6. Perhiasan

Tidak salah jika Indonesia disebut surganya mutiara. Faktanya, sebagian besar perhiasan dunia ditempa di Indonesia. Perhiasan tersebut bisa terbuat dari emas atau perak. Terkait bentuknya, usaha penempaan perhiasan di Indonesia biasa menggarap kalung, anting, gelang, dan bros.

Dibanding negara eksportir perhiasan lainnya, Indonesia-lah yang paling terkenal. Sebab, bentuk perhiasan buatan Indonesia biasanya lebih artistik. Melihat pamor tersebut, peluang usaha kecil menengah di bidang ini sangatlah tinggi. Membuka usaha di bidang ini memang butuh modal tinggi. Akan tetapi keuntungan yang dijanjikannya sepadan.

7. Furnitur

Selain perhiasan, Indonesia juga dikenal dengan furniturnya yang otentik. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia membuat para pengusaha furniturnya lebih bebas berkreasi. Furnitur yang diekspor bukan hanya berbentuk unik, tapi bahannya juga bermacam-macam.

Bahan yang biasa digunakan untuk furnitur misalnya bambu, kayu jati, sengon, cendana, hingga eceng gondok. Penikmat seni luar negeri biasanya akan membeli furnitur semacam ini. Oleh karena itu, usaha furnitur juga termasuk potensial.

8. Mainan

Salah satu barang produksi Indonesia yang paling banyak diekspor adalah mainan. Bukan hanya dari plastik, Indonesia juga biasa mengekspor mainan dari bahan tradisional. Jenis permainannya juga bermacam-macam.

Banyak orang luar negeri menyukai mainan-mainan khas Indonesia. Beberapa mainan yang paling disukai misalnya congklak dan alat musik. Maka dari itu, peluang usaha kecil menengah di bidang mainan cukup besar. Jadi jangan sampai disia-siakan.

Dari paparan di atas, dapat dikatakan peluang usaha kecil menengah Indonesia sukses di masa depan sangatlah cerah. Asal mau terus meningkatkan kemampuan bersaing, usaha kecil menengah Indonesia pasti bisa menguasai pasar dunia. Selain kemampuan bersaing, kreativitas juga dibutuhkan supaya para pengusaha UKM Indonesia makin dikenal di mancanegara.

No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Kecil Menengah Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Jenis Bisnisnya"