Peluang dan Resiko Bisnis Digital Yang Perlu Anda Ketahui

0
221

Bisnis Digital Marketing sekarang ini semakin trend dan memiliki pengaruh positif yang cukup signifikan. Hal ini terjadi karena banyak orang lebih menyukai bisnis secara online daripada konvensional. Banyak yang berpendapat bahwa sistem pemasaran secara digital lebih dapat menjangkau konsumen secara relevan dan tepat waktu serta langsung pada orang yang membutuhkan produk.

Menjadi seorang digital marketing itu susah-susah gampang. Seorang yang mengemban bisnis digital marketing harus senantiasa update mengenai berbagai info terbaru dan juga trend yang berkembang di masyarakat. Dengan cara memantau sosial media dan melakukan promosi serta branding yang halus tentu tidak mudah. Namun setiap profesi pasti selalu ada titik positif dan resiko masing-masing.

Bahkan ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam menjadi pebisnis digital marketing yang sukses. Peluang yang ditawarkan memang banyak yang menjanjikan, namun tidak menutup kemungkinan banyak resiko yang harus dihadapi bukan? Oleh karena itu disini kamu membantu Anda mengemukakan beberapa peluang dan resiko dalam digital marketing, supaya bisa menambah wawasan Anda lebih jauh tentang digital marketing.

Peluang Bisnis Digital Marketing

Jika Anda seorang pebisnis digital marketing, sudah sukseskah Anda dalam menjalankan bisnis Anda? Ataukah masih biasa-biasa saja? Mulai sekarang ubahlah pola pikir Anda untuk menjadi sukses sedini mungkin. Bisa jadi ada beberapa hal yang belum Anda pahami, semisalkan peluang. Kemungkinan, Anda dalam menjalankan bisnis ini belum mengetahui dimana saja peluang bisnis digital marketing yang dapat Anda dapatkan. Wah rugi juga kalau Anda tidak tahu.

#E-Commerece

E-Commerece memiliki perkembangan dan peningkatan presentase cukup besar di Indonesia. Peluang bisnis digital marketing ini cukup berpengaruh pada pendapatan di Indonesia. Buktinya e-commerece selalu banyak pengunjung setiap harinya. E-commerece atau dalam arti lain adalah Toko online ini merupakan sarana bisnis ratail untuk mengubah haluan mereka dari offline ke online.

Peluang bisnis marketing ini dapat Anda lakukan sebagai strategi pintar dalam menyukseskan bisnis Anda.  Sudah banyak e-commerece yang berkembang di Indonesia dan cukup sukses dalam bisnis digital marketing. Contohnya saja, Berrybenka.com, Blanja.com, dan Elevenia serta masih banyak lagi e-commerece yang sukses di Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi gunakan peluang bisnis ini sebagai penunjang kesuksesan bisnis digital marketing Anda.

#Marketplace

Jika Anda sudah bergabung di dunia bisnis digital marketing, tentunya Anda sudah harus tahu perbedaan E-commerece dan Marketplace. Toko online sudah dibahas di atas. Kini kita membahas tentang marketplace. Marketpalce sama seperti halnya e-commerece. Namun, marketplace tujuan berbeda. Jika e-commerece mengubah haluan offline menjadi online.

Sedangkan marketplace merupakan toko online yang menyiapkan tempat bagi para pedagang untuk berjualan di tempat mereka. Marketplace bisa juga dikatakan Mall, yaitu dimana banyak pedagang menjual produk mereka dengan berbagai jenis. Sudah banyak marketplace yang berkembang di Indonesia, misalnya Tokopedia.com, Bukalapak , dan Lazada.co.id. Mereka merupakan marketplace bukan e-commerece.

Peluang bisnis digital marketing untuk marketplace, masih sangat menjanjikan dan berada diposisi atas. Walaupun peluang bisnis ini sudah dikuasai oleh para pebisnis sukses, bukan juga menjadi halangan Anda untuk maju sebagai pengusaha dalam bidang marketpace ini. Anda harus mencobanya.

#Financial

Dunia keuanganpun tidak luput dari kemajuan teknologi dan bisnis. Sekarang melakuakn segala sesuatu, seperti mengirim uang, mengajukan kartu kredit, atau lainnya bisa dilakuakn secara online melalui Financial Tecnology.  Peluang Fintench masih cukup menjanjikan. Selain itu, masayarakat juga sering melakuakn peminjaman dana  di bank-bank.  Anda bakhan bisa mencobanya sebagai bisnis digital marketing Anda.

#Jasa Digital

Semakin canggihnya teknologi, kini jasapun bisa dilakukan secara digital. Memang dampak bisnis digital marketing ini sudah merambah ke segala lini bisnis yang ada. Anda yang memiliki kemampuan dalam dunia digital markerting, pengembangan website, jasa tulis menulis dapat membuka usaha pada ketiga bidang tersebut. Usaha-usaha ini sangat menanjikan dan potensial. Anda mencobanya segera dalam peluang jasa digital.

Resiko Bisnis Digital Marketing

Resiko bisnis digital marketing pada dasarnya sama halnya dengan resiko bisnis online lainnya. Resiko bisnis tentu akan mengganggu dan menghambat kesuksesan bisnis. Biasanya resiko tersebut terjadi karena beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Oleh karena itu, Anda perlu memahami apa saja resiko yang akan Anda alami, supaya Anda bisa memiliki strategi tersendiri untuk menghadapinya.

#Persaingan Yang Ketat

Persaingan merupakan resiko yang paling umum terjadi dalam dunia bisnis. Persaingan yang ketat terjadi karena keefisiensian dari bisnis marketing ini yang akhirnya membuat orang minat untuk menggeluti bidang bisnis ini. Mengingat target bisnis Anda akan semakin sempit, tentunya nanti akan membuat Anda kehilangan keeksistensian Anda dalam berbisnis.

Oleh karena itu, resiko persaingan yang ketat dapat cegah dengan memunculkan ide atau inovasi baru dalam produk Anda. Keunikan produk Anda tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli produk Anda.

#Penipuan

Dalam bisnis digital marketing terjadinya penipuan sangatlah mengganggu aktivitas bisnis Anda. Semakin canggihnya zaman banyak masyarakat abai dengan adanya penipuan yang terjadi di sekitar kita. Para penipu dengan mudahnya memperdaya korban lewat maraknya bisnis digital marketing ini. Penipu juga bisa berasal dari konsumen Anda sendiri.

Jika Anda mengalami hal tersebut, pastikan sebelum melakukan transaksi, baiknya Anda teliti dengan data konsumen agar tidak terjadi suatu penipuan. Dengan itu, Anda akan lebih mudah melacak dan melaporkan jika memang terjadi sebuah penipuan.

#Permintaan Yang Banyak dan Berubah-Ubah

Banyak konsumen lebih suka melakukan pembelian produk secara online, karena dirasa lebih mudah dalam transaksi dan boleh melakukan permintaan dan perubahan permintaan sesuai keinginan.  Akan tetapi hal tersebut menjadi salah satu resiko yang cukup besar bagi Anda, untuk itu Anda perlu bersabar dalam menghadapi konsumen tipe tersebut.

Karena pada dasarnya Anda sebagai pelaku bisnis marketing harus mampu membaca peluang pasar dan mendorong untuk menciptakan produk yang sesuai . Permintaan yang tidak dikabulkan dari produsen membuat banyak konsumen lari ke tempat lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu mensiasati resiko tersebut.

#Proses Pemasaran

Salah satu resiko yang cukup besar terjadi dalam dunia bisnis digital marketing ini adalah proses pemasaran. Proses pemasaran harus diperhatikan dengan baik, karena mengingat pemasaran erat hubungannya dengan pihak eksternal bisnis seperti konsumen. Oleh karena itu, Anda perlu pandai-pandai dalam menjalankan proses pemasaran.

Banyak hal bisa mempengaruhi proses pemasaran, seperti halnya konten yang menarik, kecepatan dalam memberikan respon, strategi pemasaran. Semua hal tersebut haruslah Anda kuasai supaya Anda lebih mudah dalam menjalankan bisnis digital marketing ini.

Bagi Anda yang sudah siap terjun ke dunia bisnis digital marketing, tentunya sudah harus tahu semua hal yang kami bahas di atas. Peluang yang bagus perlu Anda dapatkan untuk menunjang bisnis Anda, sedangkan Resiko bisnis harus mampu Anda siasati untuk menghindari kelambatan perjalanan bisnis Anda. Jadi, jangan Anda bisa mencoba bisnis digital marketing.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here