Meski Kompetisi Semakin Ketat, Bisnis Kopi Tetap Gurih

0
531

Ingin mencoba peruntungan di bisnis kopi? Jenis bisnis ini memang sangat menjanjikan. Sebab seperti yang kita ketahui, pecinta kopi sangatlah banyak sehingga usahanya pasti juga tidak akan pernah sepi dari peminat yang ingin menikmati kopinya.

Tak disangkal bahwa hampir semua kalangan pasti menyukai kopi, baik remaja, dewasa maupun orang tua sekalipun banyak yang menjadikan kopi sebagai minuman terfavorit mereka. Inilah poin penting yang menjadikan kopi sangat berpeluang sebagai ladang basah bisnis dengan pasar yang luas dan bisa sangat menguntungkan.

Cara Memulai Usaha Kopi

Minum kopi memang seakan sudah menjadi kebiasaan, bahkan tidak sedikit pula yang menyatakan tiada hari tanpa kopi. Dimana minum kopi sudah menjadi rutinitas wajib setiap hari bagi mereka. Melihat dari peminatnya yang tinggi ini, tentu bisa diketahui bahwa prospek bisnisnya pasti bagus. Nah, untuk Anda yang berminat memulai bisnis ini, perhatikan hal-hal berikut:

1. Siapkan Konsep Bisnis

Untuk memulai bisnis kopi, pertama yang harus dilakukan adalah memikirkan konsep bisnis yang jelas dan matang. Ini penting agar usaha yang dibangun lebih terarah dan memiliki perencanaan yang pasti. Tanpa adanya konsep yang kuat, bisnis akan mudah goyah dan bisa jatuh kapan saja. Untuk itu, buat konsep yang bisa membantu menarik konsumen dan sebaiknya juga Anda kuasai.

Beberapa contoh konsep yang bisa Anda pertimbangkan adalah konsep modern dengan gaya kekinian atau konsep unik dengan sentuhan adat budaya. Apapun konsep yang digunakan nantinya, pastikan untuk mengutamakan kenyamanan. Karena bagaimana pun, kebanyakan orang ingin menikmati kopi di tempat yang nyaman dengan suasana santai.

2. Tentukan Target Pasar

Hal kedua yang juga harus Anda tentukan sebelum mulai menjalankan bisnis ini adalah target pasar, yakni siapa yang Anda harapkan akan menjadi pengunjung usaha Anda. Apakah pelajar dan mahasiswa atau pebisnis dan pekerja juga ibu-ibu rumah tangga. Ini penting untuk ditentukan dari awal karena akan berkaitan langsung dengan pembangunan bisnis ke depannya, seperti dalam perencanaan konsep bisnis yang diusung hingga perhitungan anggaran yang harus disiapkan dan berapa harga yang pantas untuk kopi yang ditawarkan.

3. Temukan Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Oleh karena itu, pastikan Anda menemukan lokasi yang tepat untuk bisnis Anda. Ada baiknya pilih lokasi yang sering dilewati kendaraan bermobil atau yang berdekatan dengan pusat-pusat keramaian seperti kampus, sekolah, mal, perkantoran dan lainnya. Yang tidak kalah penting, perhatikan juga kebersihan dan keamanan dari lingkungan sekitar di daerah tersebut.

4. Cari Supplier Terbaik

Untuk menyajikan kopi yang berkualitas, Anda juga harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Untuk itu, Anda harus menemukan supplier yang bisa dipercaya dan memang menyediakan biji kopi pilihan. Tidak ada salahnya juga lakukan uji coba ke beberapa supplier sampai mendapatkan yang dirasa tepat, baik dari segi rasa maupun harga. Lebih baik lagi, usahakan carilah supplier yang lokasinya terjangkau dengan tempat usaha Anda.

5. Gunakan Tenaga Profesional

Anda mungkin sudah memikirkan dengan matang perihal bagaimana nantinya bisnis akan berjalan. Tapi untuk mengeksekusinya, Anda tentu butuh bantuan dari yang profesional. Oleh sebab itu, Anda harus menyertakan tenaga kerja ahli terutama bila Anda belum begitu mahir di bidang ini. Ini termasuk juga dengan menarik barista untuk meracik biji kopi, bila membuka kedai atau kafe. Pastikan Anda tidak salah pilih orang yang memang benar profesional.

6. Lakukan Promosi Bisnis

Promosi dan strategi marketing adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Karena dengan melakukan promosi dan strategi ini Anda akan bisa mengenalkan produk lebih luas kepada masyarakat dan bisa meningkatkan penjualan. Untuk mempromosikan bisnis, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan. Seperti promosi dari mulut ke mulut, menyebarkan selebaran atau memanfaatkan media sosial sebagai tempat melakukan promosi online.

Selain menggunakan media sosial, cara mempromosikan bisnis melalui online bisa juga dilakukan dengan mengajak food blogger untuk mengulas bisnis Anda atau dengan cara mendaftarkannya ke situs-situs food review dan google. Untuk mempertahankan eksistensinya ini, aktiflah melakukan promosi sejalan dengan Anda terus berinovasi dalam bisnis.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Kopi

Banyaknya pebisnis yang melirik kopi sebagai peluang usaha menjanjikan bukan hanya karena popularitas minuman kopi kekinian yang tengah booming saat ini. Akan tetapi karena bisnis ini yang sebetulnya memang sangat menguntungkan. Kenapa demikian? Berikut beberapa keuntungan menjalankan bisnis kopi:

A. Memiliki Pasar Yang Sangat Luas

peluang usaha kopi

Seperti yang kita ketahui, pecinta kopi sangatlah banyak dimana semua kalangan dari kelas atas hingga bawah, usia remaja hingga dewasa, hampir bisa dipastikan semuanya menyukai kopi. Hal inilah yang menjadikan bisnis ini memiliki pasar yang luas sehingga dapat meraih keuntungan dalam jumlah besar.

Namun perlu diingat kembali, tingkat persaingan dalam bisnis ini lumayan cukup ketat. Jadi Anda tetap harus mempunyai strategi jitu agar produk kopi Anda bisa laris terjual dan disukai pelanggan. Terlebih jika Anda ingin meraup keuntungan yang besar, menyediakan kopi yang nikmat dan tempat yang nyaman adalah hal mutlak yang wajib dimiliki di samping pelayanan yang memuaskan.

B. Bisa Mendapatkan Omzet Harian

Tidak seperti jika Anda bekerja di kantor atau perusahaan yang memberi Anda pemasukan per bulannya. Membuka bisnis usaha kopi memungkinkan Anda bisa mendapatkan pemasukan setiap hari dari keuntungan atau omzet harian. Hal ini tentu dapat lebih mengamankan kondisi keuangan Anda. Apalagi biasanya omzet akan meningkat saat hari libur seperti akhir pekan dan libur sekolah. Belum lagi dengan kebiasaan ngopi di pagi hari yang juga memungkinkan Anda untuk bisa meraih omzet harian lebih besar dibanding bisnis lainnya.

C. Tidak Perlu Modal Besar

Untuk berbisnis kopi, Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk dapat memulai usahanya. Anda bahkan juga bisa mengatur semua keperluannya, mulai dari tempat hingga bahan dan peralatan untuk bisa sesuai dengan modal yang dimiliki. Ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para calon pebisnis pemula dengan modal terbatas. Dimana biaya membuka usaha dapat lebih ditekan dan sisa modal dapat dialokasikan untuk hal-hal lain yang bisa berguna membantu mengembangkan bisnis ke depannya.

D. Mudah Dijalankan

Jenis bisnis yang satu ini sangatlah simpel dan mudah dijalankan, dimana Anda hanya memerlukan menu sederhana dan tempat yang nyaman untuk usahanya. Yang paling penting adalah Anda harus bisa menawarkan kopi sebaik mungkin untuk menarik minat konsumen terhadap bisnis. Bisa juga dengan menyediakan varian menu kopi atau jika perlu Anda juga bisa memasang fasilitas tambahan pada tempat usaha seperti WiFi gratis, colokan listrik dan sebagainya.

Dalam bisnis kopi, yang terpenting adalah selalu perhatikan dan pertahankan kualitas biji kopi agar cita rasa produk kopi Anda tidak berubah. Dengan begitu, pelanggan setia pasti akan bertambah dan penjualan pun akan meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here