Menghasilkan Uang Sebagai Fotografer Di Era Berbasis Digital

0
139

Siapa bilang menghasilkan uang sebagai fotografer di era berbasis digital sulit dilakukan. Justru sebaliknya, kini banyak sekali sumber yang bisa dimanfaatkan oleh seorang fotografer untuk mengeruk pundi-pundi rupiah setiap harinya.

Banyak yang belum menyadari jika ternyata teknologi sudah mengubah bidang fotografi menjadi lebih “ramah” untuk semua kalangan. Pasalnya tanpa memperhatikan pendidikan formal dan usia, siapapun bisa mengasah kemampuan fotografinya melalui berbagai workshop, referensi internet, hingga pengalaman posting foto lewat media sosial semacam Instagram.

Apalagi dengan semakin bertambahnya kamera digital yang ditawarkan di pasaran, kini siapapun semakin mudah memilih jenis kamera yang sesuai dengan keinginannya. Mulai dari kamera DSLR profesional, kamera mirrorless, hingga kamera smartphone yang saat ini sudah didukung dengan berbagai fitur yang sangat canggih.

Definisi Fotografer

Berbicara mengenai pengertian atau definsisi fotografer, bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Jika dilihat dari jenis kegiatannya, fotografer di era sekarang bisa dikategorikan menjadi dua, yakni profesi dan hobi.

Pengertian fotografer jika dilihat dari hobi adalah seseorang yang melakukan aktivitas fotografi dengan tujuan untuk melakukan kegiatan rekreasi di saat waktu luang dengan maksud untuk mendapatkan kesenangan atau untuk menenangkan pikiran.

Sementara itu jika dilihat dari profesi, fotografer bisa dipahami sebagai seseorang yang melakukan kegiatan fotografi secara profesional sebagai tanggung jawabnya untuk kegiatan pokok tertentu agar menghasilkan uang sebagai fotografer.

Artinya profesi fotografi sederhananya bisa dipahami sebagai seseorang yang hidup dari fotografi. Sebenarnya tidak jauh beda dengan profesi-profesi lainnya, misalnya seperti profesi sebagai dokter, profesi sebagai guru, dan lain sebagainya. Artinya mereka mendapatkan penghasilan dari keahlian yang dimilikinya.

Berbicara mengenai penghasilan sebagai seorang fotografer pun bisa berasal dari banyak sumber. Apalagi di era berbasis digital seperti sekarang ini. Terdapat cukup banyak ladang uang yang bisa dimanfaatkan oleh para fotografer untuk meraih pundi-pundi rupiah setiap harinya.

Fotografi bukan hanya sekedar hobi yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu senggang saja. Di atas sudah sangat jelas diulas jika fotografi juga bisa dijadikan sebagai profesi yang menghasilkan banyak uang.

Bagi Anda yang merasa skill fotografinya sudah mumpuni, kini banyak sekali media yang bisa dipilih untuk menghasilkan uang sebagai fotografer. Bahkan banyak yang mengatakan jika profesi fotografer kini sangat menjanjikan.

Pilih Membangun Studio Sendiri Atau Tidak?

Untuk cara yang satu ini sebenarnya sudah sering dilakukan oleh para fotografer sejak dulu. Sebenarnya Anda tidak perlu memiliki studio untuk melakukan hal ini. Pasalnya kini banyak tempat penyewaan studio foto yang bisa Anda sewa.

Namun untuk meminimalisir budget, alangkah baiknya jika Anda memiliki studio foto sendiri. Meskipun untuk saat ini cukup banyak juga klien yang lebih suka melakukan pemotetran di outdoor.

Artinya tidak perlu merisaukan hal sederhana semacam ini. Banyak peluang yang bisa Anda dapatkan. Apalagi orang memiliki kecendrungan butuh sorang fotografer profesional untuk mengabadikan momen-momen spesialnya.

Yang perlu Anda lakukan sebenarnya adalah membuat portofolio yang meyakinkan tentang diri Anda. Jangan lupa juga untuk membuat website sebagai media promosi hasil-hasil karyamu. Tidak ada salahnya untuk men-share hasil-hasil karyamu di berbagai media sosial seperti Instagram dan Fecebook untuk mempromosikan jasa fotografi Anda.

Kemudian berkaitan dengan tipe jenis pemotretan yang bisa Anda lakukan misalnya saja seperti pemotretan prewedding, pemotretan pernikahan, pemotretan ibu hamil, pemotetran bayi baru lahir, pemotretan ulang tahun, pemotretan keluarga, Headshots, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Opsi Fotografer Dalam Menghasilkan Uang

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang fotografer dalam mendapatkan uang dari kegiatannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1.Jual Foto ke Situs Stock Photography

Cara lain menghasilkan uang sebagai fotografer yang bisa Anda pilih adalah dengan menjual hasil karyamu ke situs stock photography. Apalagi kini banyak situs stock photography yang menunggu untuk membayar hasil karya terbaik Anda.

Ada banyak sekali situs stock photography yang bisa Anda pilih. Beberapa contoh situs stock photography yang bisa Anda pilih seperti Servolia.com, ShutterStock atau 123rf, Flickr, Pixamola.com, SociaBuzz.com, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara untuk mendapatkan uang di situs stock photography pun terbilang cukup mudah dan tidak ribet. Sebab Anda tinggal melakukan langkah-langkah seperti:

Pertama, sign up atau medaftar sebagai kontributor. Pada saat mendaftar, Anda akan diminta untuk mengisis beberapa informasi dasar, termasuk identitas pribadi Anda.

Kedua, upload foto. Setelah proses sign up beres, Anda tinggal meng-uploud foto yang kira-kira paling memiliki nilai estetika. Jangan lupa untuk menambahkan meta data, deskripsi foto, dan kata kunci yang relevan dengan foto yang Anda upload tadi.

Kemudian setetelah semuanya selesai, Anda tinggal submit stok foto untuk ditinjau lebih lanjut oleh situs stock photography yang sudah Anda pilih. Untuk saat ini situs stock photography bisa dikatakan sebagai cara termudah untuk menghasilkan uang sebagai fotografer.

2.Ikuti Kontes Foto

Jangan merasa minder untuk ikut kontes foto. Percaya dirilah dengan hasil jepretan Anda. selain itu, yang ikut kontes juga bukan hanya yang sudah ahli di bidang fotografi saja. Artinya para kontestan yang akan Anda hadapi nanti berasal dari berbagai level pengalaman dan keahlian.

Di sisi lain, mengikuti kontes foto semacam ini juga bisa dijadikan sebagai pengalaman untuk semakin mengasah kemampuan Anda sebagai seorang fotografer. Artinya jangan hanya melihat hadiahnya saja. Terus ikuti prosesnya. Sebab suatu saat nanti pasti Anda akan memetik hasilnya.

Jika pun Anda kalah, maknai kekalahan ini sebagai awal kesuksesanmu. Apalagi dengan rutin mengikuti kontes semacam ini bisa dijadikan sebagai metode untuk menaikkan rasa percaya diri Anda. Dan yang paling penting adalah bisa menambah pengalaman untuk mencari eskposur-eksposur baru.

3.Awali Dengan Blog Fotografi Atau Youtube Channel

Membuat blog fotografi atau YouTube Channel juga bisa dijadikan sebagai lahan untuk menghasilkan uang sebagai fotografer. Pasalnya dari blog fotografi dan YouTube bisa menghasilkan uang melalui iklan atau konten sponsor.

Dalam hal ini Anda bisa membuat blog tutorial, berbagai tips dan trik, hingga ulasan menganai berbagai peralatan kamera maupun software untuk fotografi. Selain itu Anda juga bisa membuat video-video tutorial hingga slide foto hasil karyamu lalu upload di YouTube Channel yang sudah Anda buat tadi.

4.Jual Cetakan Foto

Ingat bahwa sebuah foto yang indah adalah sebuah karya seni. Dan ingat juga bahwa orang-orang di luaran sana akan dengan senang hati membayar untuk sebuah karya seni. Artinya ada peluang menghasilkan uang sebagai seorang fotografer dari kegiatan ini.

Untuk Anda yang tertarik ingin menjual hasil fotonya, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Menjual foto ke website atau uploud ke website, misalnya saja seperti ImageKind.
  • Membawa salinan foto yang sudah Anda bingkai untuk dijual ke pameran seni dan kerajinan.
  • Jual foto di galeri seni.
  • Jual foto di media-media sosial seperti Instagram dan Facebook.
  • Membawa foto untuk dipajang di restoran, kedai kopi, dan tempat-tempat nongkrong menarik lainnya.

Yang perlu diperhatikan jika memilih cara ini adalah rata-rata orang tidak tertarik membeli foto yang ada elemen orang di dalamnya. Artinya pilihlah foto yang sekiranya umum disukai oleh banyak orang.

Nah, berkaitan dengan harga foto yang nantinya Anda tawarkan, sebaiknya Anda perlu melakukan riset tarif terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya harga yang Anda patok tetap bisa bersaing. Dengan demikian niatan Anda untuk menghasilkan uang sebagai fotografer akan terwujud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here