Inspirasi Bisnis Daur Ulang Dengan Omzet Puluhan Juta Per Bulannya

0
185

Bisnis daur ulang kini tengah banyak dilirik oleh para pebisnis pemula. Wajar saja demikian, modal awal yang kecil dengan keuntungan berlipat-lipat menjadi alasan utamanya. Ditambah lagi bisnis ini cukup mudah dijalankan.

Meskipun demikian, sayangnya masih cukup banyak yang memandang sebelah mata model bisnis ini. Memang perlu diakui jika tidak ada keren-kerennya menjadi pebisnis di bidang ini. Terlebih lagi berkaitan dengan gengsi. Tapi jangan salah, banyak sekali yang justru berhasil menjadi orang kaya dari bisnis daur ulang.

Pilihan bahan yang didaur ulang juga cukup melimpah. Asal Anda mau, pemanfaatannya bisa membuka lapangan pekerjaan yang menguntungkan. Berikut merupakan ide-ide yang bisa diterapkan untuk lahan bisnis.

Ide Bisnis Dari Kain Perca

Kain perca ini sangat mudah ditemukan. Ketimbang dibuang, ada baiknya dimanfaatkan menjadi sebuah produk bernilai jual.

1.Contoh Produk

Siapa sangka kain sisa dari konveksi ini bisa menjadi sumber pengisi ATM Anda setiap bulannya. Kain sisa-sisa konveksi seperti baju, kerudung, seprei, sarung ini bisa dimanfaatkan.

Dari pada dibuang atau dibakar, dengan tangan kreatif Anda, kain-kain bekas tersebut bisa disulap menjadi produk yang bernilai rupiah. Banyak yang kini memanfatakan kain perca menjadi sarung bantal maupun guling, badcover, boneka lucu, tas, alas kaki, tirai, bros, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meskipun berasal dari kain-kain bekas, di tangan orang-orang yang kreatif mampu menjadi produk yang berbeda dari pada umumnya. Dan uniknya justru banyak yang secara tampilan lebih menarik atau lebih menjual dari pada produk-produk yang bukan berasal dari bahan daur ulang.

Selain itu, untuk merubah kain perca ini menjadi produk yang layak jual sebenarnya mudah dilakukan. Dari potongan-potongan kain dengan berbagai jenis dan motif tinggal dijahit kembali sehingga menjadi satu kain yang baru. Setelah itu Anda tinggal merubahnya menjadi bentuk produk yang diinginkan.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk bisnis daur ulang kain perca ini pun tidak banyak. Setidaknya modalnya cukup untuk membeli perlatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, misalnya seperti mesin jahit, benang, aksesoris, dan lain sebagainya.

2.Tips Daur Ulang Kain Perca

Untuk Anda yang tertarik dengan bisnis ini, beberapa tips yang mungkin bisa Anda praktekkan diantaranya seperti:

  • Carilah kain perca di konveksi-konveksi yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Usahakan untuk membelinya per karung supaya bisa mendapatkan harga lebih murah.
  • Setelah itu rapikan dan bersihkan kain-kain perca dari potongan pola-pola yang tidak beraturan
  • Dikarenakan kain perca ini potongan pola-polanya sudah pasti tidak beraturan, maka sebisa mungkin rapikan lalu bersihkan sehingga mudah untuk dijahit.
  • Kemudian satukan beberapa kain perca dengan cara dijahit sehingga menjadi kain baru yang memungkinkan untuk diubah menjadi produk yang ingin dibuat.
  • Sebelum menjahitnya, jangan lupa untuk membuat polanya terlebih dahulu
  • Penting juga untuk menambahkan aksesoris. Tujuannya adalah sebagai pemanis tambahan agar produk yang dihasilkan semakin menjual.

Ide Bisnis dari Palet Kayu Bekas

Palet kayu bekas ini bisa diolah kembali menjadi produk baru yang memiliki harga cukup tinggi. Apalagi kini banyak perkantoran, rumah, kafe, yang menggunakan barang-barang industri bekas sebagai furniturnya.

1.Contoh Produk

Untuk produk-produk yang bisa dibuat dengan mengunakan palet kayu bekas seperti meja, kursi, sofa, rak kecil, tempat tidur, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis daur ulang palet kayu bekas ini?

Berkaitan dengan modal awal yang dibutuhkan terbilang cukup banyak. Pasalnya Anda perlu mengumpulkan palet kayu bekas ini dari berbagai pertokoan dan pergudangan yang pastinya tidak cuma-cuma.

Selain itu, Anda juga membutuhkan perlengkapan lain untuk menyulap palet kayu bekas menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual. Namun tidak perlu khawatir, sebab bisnis ini omzetnya bisa dikatakan sangat besar. Bahkan banyak yang mengatakan omzet perbulannya bisa tembus hingga ratusan juta.

2.Tips Daur Ulang Palet Kayu Bekas

Jika Anda tertarik untuk memanfatkan palet kayu bekas menjadi produk baru yang bernilai jual tinggi, beberapa tips yang bisa dijadikan bahan pertimbangan adalah:

  • Survei terlebih dahulu di berbagai tempat untuk mendapatkan bahannya. Pasalnya harga palet kayu bekas di tempat satu dengan lainnya bisa berbeda-beda dan bahkan cenderung berbeda.
  • Jangan pernah sungkan untuk melakukan penawaran kepada para penadah kayu palet bekas. Hal ini disebabkan banyak juga palet kayu bekas ketika sudah tidak digunakan akan langsung diberikan kepada para penadah.
  • Pada saat membuat produk dari palet kayu bekas, usahakan untuk menciptakan produk yang bagus, rapi, dan unik. Hal ini akan menjadi nilai tambah tersendiri terhadap produk yang Anda jual. Pasalnya produk yang Anda jual ini berasal dari barang bekas.
  • Usahakan untuk selalu melakukan inovasi produk. Tujuannya agar produk yang Anda tawarkan semakin banyak. Dengan demikian para konsumen pun akan semakin suka dengan produk dari palet kayu bekas yang Anda jual.

Ide Bisnis Daur Ulang Dari Botol Plastik

Botol plastik bisa menjadi alternatif utama pada saat Anda ingin terjun di dunia bisnis daur ulang. Apalagi botol plastik bekas bisa dengan mudah Anda dapatkan. Namun jika harus membelinya pun harganya terbilang cukup murah.

Pada umumnya botol plastik bekas ini akan diolah kembali dengan cara digiling menggunakan mesin khusus. Setelah itu akan dihancurkan kembali sehingga pada akhirnya akan menjadi biji plastik.

Kenapa bisnis ini dikatakan memiliki prospek yang sangat bagus? Hal ini dilatarbelakangi oleh permintaan pabrik hingga industri bisa dikatakan cukup besar terhadap barang bekas tersebut. Tapi tidak hanya itu saja, di tangan orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi, botol plastik bekas juga bisa disulap menjadi produk baru bernilai jual tinggi.

Adapun beberapa contoh produk atau olahan tangan yang banyak berasal dari botol plastik bekas ialah aneka pot bunga, bunga plastik, celengan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apalagi kini banyak sekali tutorial-tutorial di Internet mengenai pemanfaatan botol bekas menjadi berbagai produk kerajinan yang bisa dijadikan sebagai inspirasi.

Ide Dari Kardus Dan Sedotan Bekas

Seringnya kardus-kardus bekas di rumah-rumah hanya dijadikan sebagai barang rongsokan yang tidak bernilai. Paling mentok hanya dijual ke pengepul kardus bekas keliling dengan harga yang relatif sangat murah. Begitupun juga dengan sedotan bekas.

Kardus bekas sendiri sebenarnya bisa dijadikan kerajinan tangan yang memiliki nilai estetika tinggi dan menjual. Misalnya saja seperti kotak tisu, celengan, rumah-rumahan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Begitupun juga dengan sedotan bekas. Banyak sekali barang-barang kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan botol bekas. Bahkan sedotan sendiri termasuk barang bekas yang paling sering dimanfatakan untuk bisnis daur ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here