Cara Menggunakan Instagram Untuk Jualan Agar Diserbu Pelanggan

cara berjualan sukses mengguankan instagram

Dari hari ke hari pengguna sosial media semakin meningkat. Entah itu digunakan untuk sekedar berkomunikasi, berbagi informasi, promosi maupun berjualan. Artikel ini akan membahas cara menggunakan instagram untuk jualan. Berdasarkan data yang ada, di Indonesia, instagram menjadi aplikasi paling favorit yang banyak digunakan untuk berjualan online.

Dalam berbisnis pastinya kita ingin toko kita dikenal banyak orang dan dapat banyak order dong. Oleh karena itu, yuk kita simak penjelasan berikut.

6 Cara Menggunakan Instagram Untuk Jualan Agar Diserbu Pelanggan

Instagram merupakan media sosial yang berbasis galeri digital atau visual. Sehingga dinilai lebih efektif digunakan untuk berjualan karena menampilkan foto dan video yang memudahkan konsumen untuk mencari suatu produk. Anda dapat sukses berjualan di instagram dengan melakukan hal-hal seperti dibawah ini:

1. Gunakan Nama Akun Khusus Jualan yang Unik

Membuat akun khusus untuk berjualan dapat memudahkan anda untuk mengelola akun bisnis dan dapat mencapai sasaran pasar yang tepat. Disamping membuat nama yang unik, anda perlu membuat nama yang dapat mudah diingat, dapat menampilkan karakter dan dapat menonjolkan kelebihan toko online anda.

2. Upload Foto Berkualitas Secara Berkala

Jangan hanya mengupload foto sekedarnya untuk berbisnis dengan menggunakan instagram. Anda perlu mengupload foto dengan kualitas terbaik dengan memperhatikan pencahayaan, background, tingkat kecerahan, detail foto, dll.

Bagi kamu yang baru merintis usaha dan belum memiliki admin untuk mengelola postingan barang atau iklan, anda dapat memanfaatkan aplikasi scedugram yang memiliki fitur untuk memposting gambar maupun video dengan waktu yang terjadwal. Anda dapat membuat postingan terlebih dahulu kemudian mengatur jadwal tayangnya, sehingga anda dapat melayani pelanggan tanpa harus khawatir soal memposting barang atau mengiklankan barang.

3. Perbanyak Follower

Semakin banyak follower, maka semakin banyak juga yang melihat akun anda. Follower tersebut merupakan pasar yang mempunyai potensi untuk membeli barang anda karena tertarik dengan barang yang anda jual. Oleh karena itu anda perlu mendapatkan follower aktif. Anda dapat menambah follower dengan cara:

1) Rajin Upload Konten yang Menarik

Cara menambah follower yang aman adalah banyak memposting konten-konten kreatif dan berbeda dengan yang lain yang share-able. Sehingga akun anda akan lebih dikenal banyak orang. Sertakan juga caption unik untuk melengkapi foto atau video anda.

2) Tambahkan Hastag yang Sesuai

Menambahkan hashtag atau tanda pagar di setiap foto atau video yang anda upload dapat memudahkan pengguna lain atau konsumen untuk menemukan apa yang mereka cari. Jika mereka tertarik, maka akan menjadi follower baru.

3) Bagikan Postingan Melalui Jejaring Sosial Lain

Anda dapat dengan mudah membagikan konten yang anda posting dengan cara melakukan sinkronisasi atau menghubungkan instagram pada Facebook atau twitter. Sehingga ketika anda memposting sesuatu di instagram, akan terposting juga di facebook maupun di twitter anda.

4) Manfaatkan Aplikasi untuk Menambah Follower

Walaupun cara ini tidak seharusnya dilakukan tapi ini cara yang sering diigunakan terutama oleh para selebgram untuk meninggikan jumlah follower instagram. Anda dapat menggunakan aplikasi fast follower booster maupun fame boom for real follower, like.

5) Menggunakan Teknik Follow-Unfollow

Cara ini dilakukan dengan cara memfollow orang-orang yang terkenal seperti para artis, selebgram atau orang-orang yang sedang viral. Setelah difollow para artis tersebut, buka tab folllowernya, kemudian follow orang-orang teratas dari followernya artis tersebut, tunggu beberapa saat, biasanya anda akan difollow balik.

Setelah beberapa hari melakukan following dan mendapatkan follow balik, anda dapat unfollow akun-akun tersebut. Yang perlu dijadikan catatan dalam menggunakan teknik ini adalah jangan memfollow banyak akun dalam satu waktu. Tiap anda memfollow 20 akun, berikan jeda sekitar satu jam agar pertambahan following dan follower terlihat natural dan tidak terkena suspend oleh instagram.

4. Manfaatkan Fitur Promotion

Semakin banyaknya para pebisnis yang menggunakan instagram untuk menjalankan bisnisnya, instagram memberikan kemudahan layanan untuk akun bisnis dengan cara menyediakan fitur promotion. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mengubah profil anda menjadi profil bisnis. Dengan adanya fitur ini, Postingan yang dipilih untuk dipromosikan akan muncul ditampilan beranda para follower yang telah anda tentukan. Anda juga dapat mengatur lamanya promosi yang diinginkan.

5. Tawarkan Promo atau Diskon

Setiap orang senang membeli barang berkualitas bagus terlebih jika ada promo atau diskon. Anda juga dapat menawarkan free ongkir untuk para follower anda yang melakukan re-order, dll.  Tawarkan promo atau diskon secara berkala untuk meningkatkan perhatian terhadap barang-barang yang anda jual. Lakukan dengan strategi yang berbeda-beda agar pelanggan tidak bosan dan selalu menunggu promo baru dari anda.

6. Gunakan Jasa Endorse

Anda dapat menggunakan jasa para artis atau selebgram untuk mengiklankan produk-produk jualan anda. Dalam memilih orang yang akan mengiklankan produk, jangan asal memilih artis, carilah artis yang sesuai dengan produk anda. Meskipun menggunakan jasa artis untuk menarik banyak pelanggan, cara terbaik adalah tidak berganti-ganti model endorse dalam waktu singkat. Biarkan produk yang digunakan oleh artis tersebut melekat di benak para pelanggan sehingga pelanggan mengingat produk anda.

Itulah 6 cara menggunakan instagram untuk jualan agar diserbu pelanggan dan order terus berdatangan. Hasil yang anda dapatkan tidak akan menghianati usaha keras anda. Good luck, semoga bisnis yang anda jalankan berkah, sukses dan lancar ya.

author
One Response
  1. Top 7 Cara Jitu Jualan Via Instagram Bagi Pemula Agar Cepat Laris - Tabloid Peluang Usaha4 weeks ago

    […] seperti voucher belanja, ataupun yang lainnya. Hal ini bertujuan agar nantinya toko online Anda tidak sepi peminat di kemudian hari. Dengan begitu, toko online produk penjualan Anda akan cepat terkenal dan laku di […]

    Reply

Leave a reply "Cara Menggunakan Instagram Untuk Jualan Agar Diserbu Pelanggan"