Cara Mencari Produk Bagus Di Internet Untuk Di Pasarkan Sebagai Reseller

0
185

Berjualan Online adalah salah satu wirausaha yang memiliki peminat paling banyak baik dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan, seorang pemilik tokopun memasarkan produk mereka bukan hanya di toko, namun secara online juga. Ketika Anda ingin menjalankan bisnis online dengan menggunakan media internet, ada baiknya produk tersebut merupakan produk yang memiliki banyak peminat.

Dalam berjualan online langkah yang paling awal dan sangat penting adalah riset produk yang laris di pasaran online. Kelayakan sebuah produk menjadi prioritas dari seorang pembeli untuk memastikan produk tersebut berkualitas atau tidak. Sebagai reseller pemula agaknya kita harus banyak belajar tentang bisnis online, dan yang paling penting bagaimana seorang reseller mampu menjadikan produknya terkenal.

Nah, kali ini kami akan memberikan pengarahan baik Anda yang sudah berpengalaman atau masih pemula. Riset produk yang bagus dari internet sangatlah penting, untuk menarik perhatian pembeli sesuai keinginan kebanyakan pelanggan. Bahkan seorang pakar mengatakan, “Bisnis itu berbicara tentang keinginan pasar bukan keinginan Anda semata.”

Langkah-Langkah Mencari Produk Bagus Untuk Reseller

Bagi Anda yang sedang menekuni dunia bisnis online dan berprofesi sebagai seorang reseller, ikuti langkah berikut ini baik Anda pemula maupun yang sudah berkembang. Dibawah ini merupakan langkah-langkah dalam proses mencari produk berkualitas di internet.

1. Riset Produk Untuk Reseller Pemula

Dalam melakukan riset produk ada beberapa hal yang menjadi titik utama, suksesnya bisnis online Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan bagi Anda reseller pemula;

  • Riset Keyword- Cara Riset Produk yang Laris. Keyword adalah kata kunci yang sering digunakan di google. Jika riset dengan keyword, google akan mudah membaca produk yang dipasarkan. Nah untuk kemudian, databasae yang masuk di google akan memudahkan kita dalam memperkirakan banyak orang yang mencari produk kita.
  • Riset Produk Yang Sedang Trend. Bagi Anda yang masih sangat pemula, tidak perlu khawatir dalam memasarkan produk. Pilihlah produk-produk yang sedang trend saat itu, Anda bisa mencari diberbagai sumber online atau melihat animo masyarakat tentang produk online yang trend. Dengan mengikuti perkembangan zaman Anda bisa menjadi salah satu reseller sukses.
  • Eksplor Produk Best Seller di Beberapa Marketplace. Reseler tidak hanya berkutat pada produk-produk dari internet, carilah juga produk dari marketplace seperti, Tokopedia, Bukalapak, Shoope, dll. Anda bisa mengeksplorasi dengan cara riset produk yang paling laris pada marketplace. Setiap marketplace pasti memiliki produk laris dan best seller. Anda bisa memanfaatkannnya untuk riset produk apa yang laris di market place tersebut.

2. Mengenal Metode Scamper

Scamper adalah sebuah metode yang diciptakan oleh Bob Eberle yang bertujuan supaya otak Anda bisa berpikir Out The Box. Ada kepanjangan Scamper yang memiliki arti tersendiri, seperti berikut ini:

  • Substitute, artinya Ganti. Bisakah Anda memposisikan, Anda dalam masalah tertentu. Misalkan sandal, sandal yang sudah umum dimiliki seseorang. Bagaimana Anda berpikir untuk ganti inovasi baru selain sandal. Anda bisa mencari referensi sendiri di toko online.
  • Combine, artinya Kombinasi. Dalam kombinasi ini, pola pikir Anda diposisikan jika Anda memiliki 2 masalah, Anda harus memiliki 2 kombinasi bukan oleh hanya 1 alat saja.
  • Adapt, artinya. Mungkin dulu ada barang yang bisa untuk manfaat A, sekarang manfaat tersebut sudah menjadi A+. Bayangkan handphone zaman dulu yang berat dan besar, tapi kemudian diadaptasi dengan kebutuhan masyarakat menjadi lebih tipis dengan screen yang lebar.
  • Modify, artinya Modifikasi. Modifikasi adalah membuat barang lama menjadi lebih menarik dan multifungsi. Atau membuat sebuah inovasi baru dari produk semula supaya lebih menarik. Semisal, tahu biasa dimodifikasi menjadi tahu bulat. Bakso biasa, dimodifikasi menjadi bakso raksasa, bakso telor, dan sejenisnya.
  • Put to another use. Dalam hal ini Anda dapat memikirkan sebuah produk biasa, menjadi produk yang multifungsi bukan hanya satu fungsi.
  • Elminate, artinya Menghilangkan. Dalam artian ini, menghilangkan produk lama dengan menggantinya dengan produk yang lebih hemat dan efisien. Misalnya, tombol yang dulunya banyak kini dihilangkan menjadi hanya 1 saja home button.
  • Rearrange, artinya Menyusun ulang. Mungkin ada cara penggunaan produk yang bisa dibalik? Menyusun ulang sebuah produk dengan lebih praktis.

3. Mengetahui Ciri-Ciri Produk yang Tepat untuk Reseller Pemula

Produk yang berkualitas dan bagus, memiliki kriteria dan ciri-cirinya. Bagi Anda reseller pemula ada kalanya menggunakan ciri-ciri di bawah ini, supaya Anda tidak salah langkah;

  • Ukuran yang tidak terlalu besar, berat di bawah 3 kg. Dengan ukuran tersebut akan memudahkan Anda dalam penyimpanan dan pengiriman barang. Produk digital termasuk dalam kategori yang bagus untuk pemula. Jadi, lebih baik cari produk seperti ukuran di atas, untuk Anda yang masih pemula
  • Harga antara Rp. 70.000 sampai Rp. 3000.000. Harga yang terlalu rendah akan menyulitkan Anda, karena harus memiliki banyak stok untuk mendapat keuntungan tinggi. Sedangkan, produk harga yang tinggi akan membutuhkan banyak orang yang berpengalaman.
  • Spesifik untuk kalangan tertentu. Ketika Anda menjual sebuah produk, pastikan Anda bisa mengatur segmen pasarnya. Anda harus tahu sasaran atau target pasar yang dituju, misalnya mahasiswa, pekerja, anak sekolahan, dll. Dengan demikian, penjualan produk akan jadi lebih efektif.
  • Tidak dijual di Minimarket atau Swalayan. Orang lain tidak akan membeli dari Anda apabila merek menemukan produk yang lebih terpercaya seperti swalayan. Produk yang tidak ditemukan di Minimarket atau Swalayan akan menjadi produk yang limited edition.
  • Bukan produk KW. Ada baiknya menjual sebuah produk untuk bisnis online, jangan menjual produk KW atau tiruan, mungkin kini tidak menjadi masalah untuk Anda. Namun kedepannya hal tersebut akan menyusahkan diri Anda.

4. Cari Produk Yang Berkualitas

Proses terakhir yang perlu Anda ketahui dalam mencari produk yang berkualitas di internet guna menambah kuantitas Anda. Proses ini perlu Anda belajar lebih lanjut, supaya Anda mudah dalam mencari produk yang berkualitas;

  • Hunting. Anda bisa membuka marketplace yang sudah kami jelaskan diatas. Hunting secara acak terlebih dahulu, kemudian gunakan pola pikir scamper di kepala Anda. Bisa juga Anda, dari awal sudah ingin memilih di segmen niche apa. Misalkan fashion, pilih 10-20 barang.
  • Checking. Kemudian cocokkan barang tersebut di marketplace lainnya. Misalnya, langkah awal Anda memilih shoope, setelah itu cocokan dengan marketplace yang berbeda, seperti tokopedia atau lainnya. Cari banyaknya penjualan pada barang tersebut. Lacak dengan keyword-keyword lain. Jika tidak ada maka lanjutkan ke proses berikutnya.
  • Analizing. Berikutnya produk yang sudah Anda pilih, kemudian Anda analisa dengan scamper. Manfaat apa saja yang didapat? Strategi exit-nya bagaimana, jika barang tidak laku? Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah meminimalisir semua faktor dan resikonya.
  • Testing. Disini Anda bisa membuat sebuah riset kecil-kecilan, seperti apa yang kami terangkan di awal. Gunakan sistem pre-order. Buat sebuah landing page. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui tidak atau diterimanya barang pada konsumen.
  • Executing. Jika sudah siap semuanya, Anda tinggal impor saja. Jika Anda belum tahu bagaimana caranya, Anda bisa meminta penjelasan kepada yang lebih berpengalaman atau mencari referensi sendiri. Ada banyak di komunitas internet marketing para pakar bisnis export import yang bisa Anda follow.

Itulah beberapa langkah dalam mencari produk yang bagus dan tepat di Internet, bagi Anda seorang reseller. Menjadi seorang reseller memang tidaklah mudah, Anda perlu ketekunan dan keuletan dalam membimbing bisnis online Anda. Mencari barang bagus adalah hal utama untuk meningkatkan kualitas produk Anda.

Kami telah menemukan produk blue ocean yang suka diburu kaum pria, dan produk ini sangat bagus untuk di jadikan pembelajaran bisnis online dengan menjual produk yang mudah di pasarkan secara online. Untuk info lebih lengkap silahkan klik www.tokogasa.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here