Yuk Simak 12 Cara Bisnis Youtube Menghasilkan Uang

0
555

Youtube merupakan sebuah platfrom yang digunakan untuk berbagi video. Seiring berkembangnya zaman dan semakin meningkatnya pengguna video youtube, saat ini youtube tidak hanya digunakan sebagai tempat berbagi video, namun digunakan sebagai tempat berbisnis. Cara bisnis youtube menghasilkan uang banyak dicari oleh orang yang berminat untuk berbisnis melalui youtube.

Lalu bagaimana cara bisnis youtube menghasilkan uang? Untuk menghasilkan uang dari youtube kita harus membuat konten video dan mengunggah ke akun youtube. Simak langkah-langkah menghasilkan uang di youtube berikut ini.

1. Membuat Akun Youtube

Cara bisnis youtube menghasilkan uang yang pertama adalah membuat akun youtube. Karena kita akan berbisnis di youtube, maka kita harus memiliki akun youtube untuk mengunggah konten video yang telah kita buat.

Membuat akun youtube cukup mudah, langkah pertama adalah login ke aku Gmail (Akun Google), setelah itu buka Youtube.com maka akan muncul tampilan youtube seperti biasa.  Klik buat channel baru untuk membuat channel. Gunakan nama bisnis sebagai nama channel youtube.

Setelah membuat channel baru, maka akan terbuka halaman untuk mengatur channel mulai dari menambahkan gambar untuk icon, gambar cover, dan pengaturan lainnya. Jika semua langkah membuat akun youtube selesai dilakukan berarti sudah berhasil membuat akun youtube dan membuat channel khusus.

2. Mengupload Video Ke Channel Youtube

Untuk bisa mendapatkan uang dari youtube, harus memiliki konten video original atau video pribadi bukan video milik orang lain. Tidak hanya video saja yang harus milik pribadi komponen lain seperti image, logo, backsound juga harus milik pribadi atau jika ingin menggunakan aset orang lain pastikan tidak melanggar hak cipta.

Banyak ide konten video yang bisa dibuat, seperti video kegiatan sehari-hari (Daily Vlog), video tutorial, bermain musik, dan masih banyak lagi ide konten video lainnya. Semakin banyak video yang di upload ke youtube semakin banyak pula hasil yang akan didapatkan.

3. Meningkatkan Popularitas Channel Youtube

Perlu 100-200 video untuk di upload di youtube supaya menghasilkan penghasilan yang cukup besar dari youtube. Selain itu perlu juga meningkatkan jumlah penonton video channel yang telah dibuat dengan cara meningkatkan popularitas channel youtube.

Banyak cara untuk meningkatkan popularitas channel youtube seperti rajin membuat video, dan jangan lupa untuk fokus membuat video yang sesuai dengan minat anda. Ajak audiens untuk menjadi subscriber channel youtube anda. Selanjutnya promosikan channel youtube anda ke media sosial seperti instagram atau facebook.

4. Monetisasi Youtube Channel

Cara bisnis youtube menghasilkan uang berikut ini merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Lakukan monetisasi youtube channel untuk mendapatkan uang dari youtube.

Buka youtube anda, pilih menu “account information”, kemudian klik “creator studio” pilih “channel” dan klik “Status and features”, terakhir pilih “Enable Monetisation”. Setujui agreement yang ada pada menu tersebut.

5. Menyambungkan Channel Youtube ke Adsense

Langkah selanjutnya setelah melakukan monetisasi yaitu melakukan associate dan approved adsense account youtube. Terdapat fitur Youtube Analytic yang bisa digunakan untuk melakukan track penghasilan, yang mana bisa terbayar jika mengikuti youtube payment treshold yang ada.

6. Mengoptimalkan Monetisasi Pada Akun Youtube

Supaya dapat mengoptimalkan monetisasi akun youtube, video yang dibuat dan diunggah harus user friendly, konten yang dibuat juga harus karya orisinil. Jangan melakukan plagiasi karena tidak akan menghasilkan apa-apa. Saat video diaktifkan monetisasinya akan muncul beberapa video iklan.

7. Melakukan Conversion Rate Ke Product Page

Youtube dapat digunakan sebagai saluran untuk mempromosikan sebuah produk, jika anda bertanggung jawab untuk suatu perusahaan atau bisnis tertentu anda bisa melakukan hal ini. Buat konten video yang menunjukkan keunggulan produk tersebut, kemudina buat link product page di kolom deskripsi channel youtube.

Hal ini sering dilakukan oleh pengguna video youtube, untuk mengiklankan atau menjual produk secara halus, Kegiatan tersebut disebut endorse.

8. Menjual Video Di Website Penjualan Video

Saat ini banyak website komersial yang menyediakan sarana untuk penjualan video. Anda bisa membuat video teaser yang unik dan menarik supaya orang tertarik untuk melihat video lengkapnya pada website komersial.

9. Mengarahkan Traffic Untuk Afiliasi Link

Afiliasi merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online, namun masalahnya banyak pemasar afiliasi yang tidak menjelaskan rincian atau sesuatu yang harus dilakukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Biasanya orang mengandalkan blog untuk diarahkan ke afiliasi, namun seiring berkembangnya teknologi dan berubahnya kebiasaan orang dari gemar membaca menjadi menonton. Anda bisa mencoba menghubungkan youtube channel anda pada afiliasi.

10. Menarik Sponsorship

Saat youtube channel yang anda buat sudah banyak dikenal dan populer, hampir semua konten video yang dibuat akan selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Dua hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari youtube.

11. Meningkatkan Customer Engangement

Saat youtube channel anda sudah terkenal, anda akan memiliki sebuah fanbase. Dengan begitu anda bisa mengadakan meeting and greeting untuk meningkatkan customer engagement dengan para subsciber youtube anda.

Anda bisa membuat jadwal rutin supaya fanbase anda bisa bertumbuh. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjual produk atau konten – konten lainnya pada saat acara meet and greet berlangsung, dan manfaatkan kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa market penonton video anda.

12. Berpikir Out Of The Box

Jika ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton, anda harus berpikir untuk membuat konten video yang tidak biasa dibuat oleh content creator lainnya.

Sekian informasi mengenai cara bisnis youtube menghasilkan uang yang bisa anda coba lakukan. Untuk mencapai sebuah kesuksesan bisnis perlu waktu agar menghasilkan. Jika anda konsisten menjalankan bisnis di youtube pasti suatu saat anda akan menikmati penghasilan tak terbatas dari youtube. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here