Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Perantau Yang Minim Modal

Menjadi mahasiswa memang memiliki banyak kebutuhan yang harus dikeluarkan, apalagi mahasiswa yang  merantau yang hanya mengandalkan biaya kiriman dari orangtua. Ini menjadi masalah utama bagi mahassiwa perantau, karena banyak pengeluaran untuk memenuhi kebutuhannya.

Di mana kebutuhan utama bagi mahasiswa adalah harus membayar uang bulanan tempat tinggal yang biasa disebut uang kostan, belum lagi  uang jajan untuk kebutuhan makan sehari-hari.  Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan bahwa seorang mahasiswa bisa membuka usaha sendiri, selain untuk menambah penghasilan dari orangtuanya juga membantu kebutuhan lainnya. Namun ada salah satu kendala bagi mahasiswa yang menghalangi untuk membuka usaha, kendala yang dimaksud yaitu modal usaha.

Sebenarnya anda pun dapat menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa yang tidak terlalu mengeluarkan banyak modal usaha. Adanya peluang usaha ini dapat mengasah keterampilan anda sebagai seorang mahasiswa.

Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Perantau

Banyak bisnis yang mudah dilakukan oleh seorang mahasiswa perantau. Tetapi usaha yang tidak mengganggu tugas-tugas perkuliahannya, serta dengan modal yang tidak terlalu besar Berikut ini adalah ide-ide yang dapat dijadikan bisnis rumahan untuk mahasiswa perantau yang minim modal.

1. Usaha Pulsa Elektrik

Peluang usaha yang kedua ini adalah usaha yang sangat tepat untuk dijalankan dilingkungan mahasiswa. Sebenarnya bukan hanya dilingkungan mahasiswa, masyarakat umum pun membutuhkan pulsa untuk melakukan komunikasi. Melihat juga perkembangan teknologi komunikasi yang sekarang berkembang begitu cepat. Hingga hampir semua orang sudah memiliki telepon genggam.  Telepon genggam atau yang biasa disebut handphone atau HP membutuhkan pulsa untuk mengoperasikannya baik untuk menelpon, mengirim pesan dan lain-lain. Hal tersebut menjadikan peluang usaha yang menguntungkan bagi mahasiswa selain mudah dijalankan, modalnya pun tidak terlalu besar.

2. Jasa Les Private

Les private bisa dilakukan untuk seorang mahasiswa karena pekerjaan ini tidak sulit. Hanya saja anda sebagai pengajar les private mendatangi rumah yang mempercayai anda sebagai pengajar. Modalnya  pun tidak banyak, cukup transportasi perjalanan yang anda lakukan saja ke tempat tujuan dan ilmu yang anda miliki. Di peluang bisnis ini untuk mengasah keterampilan seorang mahasiswa, karena ilmu tidak hanya didapat dari perkuliahan saja namun bisa diperoleh dari luar. Hingga anda bisa berbagi ilmu  dalam melaksanakan usaha ini.

3. Jual Makanan

Mahasiswa sangat menyukai kuliner, tidak heran jika mahasiswa sering sekali mencicipi makanan yang baru. Dengan rasa yang pas serta dijual  dengan harga kantong mahasiswa itu salah satu penarik pelanggan. Peluang usaha ini pun bisa dijalani dengan tanpa modal usaha seperti anda mengambil makanan untuk  dijual kembali atau yang anda kenal sebagai reseller.

4. Jasa Ojek Online

Banyak mahasiswa yang membawa transportasi untuk digunakan ketika berangkat  dan pulang dari kampus. Ini dapat menjadi kesempatan bagi anda untuk memanfaatkan fasilitas yang anda miliki serta menjadikan peluang usaha. Kalangan ojek online pun sudah tidak asing di mata masyarakat umum. Begitupun untuk keuntungannya lumayan menjanjikan.

5. Usaha Toko Online

Membuka toko online yaitu termasuk usaha yang sedang trend dimasa kini apalagi dikalangan mahasiswa. Memang bisnis online sudah banyak yang menjalankan. Dalam menjalankan usaha ini anda hanya mempromosikan katalog yang anda punya, biasanya dipromosikan lewat akun media sosial seperti facebook, instagram dan media sosial lainnya. Dengan itu anda dapat menjual berbagai model baju, celana/rok, sepatu ataupun pernak-pernik lainnya yang sedang dicari oleh pelanggan. Kemudahan dari usaha toko online, anda hanya melakukan secara online baik dalam pemesanan dan interaksi dengan pelanggan.

6. Usaha Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan bisa menjadi solusi peluang usaha bagi mahasiswa. Banyak mahasiswa yang  membutuhkan jasa kerajinan tangan untuk kado ulang tahun, graduation ataupun lainnya. Dalam bisnis ini ada hanya menyiapkan kebutuhan kerajinan tangan  yang  akan anda buat atau  sesuai pesanan pelanggan. Untuk modalnya pun terlalu besar bisa juga menggunakan bahan bekas yang dimodifikasi menjadi barang unik.

7. Usaha Toko Alat Tulis dan Kantor (ATK)

Salah satu usaha yang menjadi peluang besar untuk mahasiswa, karena usaha ini menjadi salah satu kebutuhan pokok mahasiswa. Hanya saja untuk menjalankan usaha ini anda menyiapkan tempat yang sesuai yaitu sekitar kampus. Dalam toko alat tulis ini anda bisa menyiapkan berbagai kebutuhan mahasiswa seperti pensil, pulpen, buku, map dan kebutuhan yang menjadi sasaran bagi mahasiswa.

author
No Response

Leave a reply "Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Perantau Yang Minim Modal"