7 Potensi Usaha Ternak Ikan Lele

No comment 701 views

sukses-budidaya-ikan-lele

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis ternak Ikan Lele termasuk salah satu jenis bisnis yang potensial untuk dijalankan. Ternak Ikan Lele termasuk salah satu jenis usaha perikanan yang mudah dijalankan, mengingat jenis ikan ini termasuk ikan yang mudah perawatannya.

Pakan pun juga tidak menjadi masalah ketika memelihara ikan ini, karena ikan ini termasuk pemakan segala makanan. Selain itu, ikan ini juga termasuk ikan seribu umat yang banyak sekali penggemarnya. Potensi usaha ternak Ikan Lele yang besar membuat banyak orang yang memulai usaha ternak ikan ini.

Potensi Usaha Ternak Ikan Lele

Ikan Lele banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja maupun kaum tua. Potensi area pemasaran yang luas ini membuat bisnis ini memiliki peluang yang besar untuk dijalankan.

Berikut ini adalah potensi usaha ternak Ikan Lele dilihat dari peluang area pemasarannya.

1. Bekerjasama Dengan Pengepul

Menjalin kerja sama dengan pengepul merupakan salah satu cara yang sangat praktis untuk memasarkan hasil ternak Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa bertemu dengan pengepul.

Kadangkala pengepul sendiri yang akan menawarkan kerja sama ketika mengetahui Anda beternak Ikan Lele. Saat menjalin kerja sama, perhatikan penawaran harga yang diberikan. Jika perlu, carilah beberapa pengepul agar Anda bisa membandingkan haraga yang ditawarkan.

2. Diolah Sendiri

Kondisi lele yang overweight akan menyulitkan peternak untuk bisa menjualnya. Apabila Anda merasa kesulitan untuk menemukan usaha yang menggunakan bahan baku lele, maka Anda bisa mengambil inisiatif untuk mengolahnya sendiri.

Anda bisa membuatnya menjadi nugget lele, kerupuk lele, ataupun abon lele sehingga lele tersebut tetap memiliki nilai komersial yang tinggi.

3. Kerjasama Dengan Restoran

Selain bisa memasarkan ke penjaja pecel lele, Anda juga bisa menawarkan Ikan Lele Anda ke depot ataupun restoran. Tidak sedikit depot maupun restoran yang juga menyediakan masakan dengan bahan dasar lele. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan lele Anda ke mereka.

4. Kerjasama Dengan Supermarket

Karena banyaknya penggemar Ikan Lele, sehingga tidak heran apabila ikan ini juga menjadi salah satu produk ikan di supermarket. Bisa masuk ke pasar ini akan menjadi keuntungan besar untuk Anda. Karena biasanya supermarket menawarkan harga yang lebih untuk Anda.

5. Bekerjasama Dengan Penjaja Pecel Lele

Ini merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menjual lele hasil ternak Anda, yaitu memasarkannya ke penjaja pecel lele. Hal ini disebabkan karena penjual pecel lele yang jumlahnya sangat banyak di negeri ini. Di berbagai kota di Indonesia pasti hampir semua ada penjual makanan ini. Makanan ini juga termasuk jenis sajian seribu umat yang digemari oleh segala kalangan.

Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk menjalin kerja sama dengan para penjaja pecel lele. Bisa menjadi suplier bagi mereka akan memudahkan Anda dalam memasarkan lele hasil panen Anda.

6. Menawarkan Diri Sebagai Suplier Pasar

Tidak hanya biasa dijual sebagai sajian warung kaki lima, Ikan Lele juga termasuk salah satu sajian yang sangat digemari oleh kalangan rumah tangga. Rasa yang gurih, harga terjangkau dan kandungan nutrisi yang tinggi membuat ikan ini banyak diminati di pasar.

Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk masuk sebagai suplier Ikan Lele di pasar-pasar. Jumlah pedagang yang tidak sedikit akan menjadi peluang tersendiri untuk memasarkan Ikan Lele di pasar.

7. Menawarkan Ke Produsen Makanan Berbahan Lele

Saat ini banyak sekali usaha-usaha makanan yang menggunakan bahan baku Ikan Lele. Mulai dari bisnis kerupuk ikan lele, abon lele, dendeng lele, nugget lele hingga siomay lele sudah tersedia di era sekarang ini.

Kondisi ini dapat Anda manfaatkan untuk menawarkan lele Anda ke produsen-produsen makanan ini. Karena dalam usaha ini suplai bahan baku adalah hal yang sangat penting. Tawarkan kerja sama sehingga Anda bisa menjadi suplier untuk bahan baku dari bisnis mereka.

Itulah potensi usaha ternak Ikan Lele yang bisa Anda lakukan. Luasnya daerah pemasaran menjadi salah satu peluang untuk suatu usaha. Karena dengan area pemasaran yang luas, Anda tidak akan bingung dalam memasarkan produk Anda. Selain itu, Anda juga memiliki peluang keuntungan yang lebih besar ketika bisa memasuki pangsa pasar yang luas.

 

author
No Response

Leave a reply "7 Potensi Usaha Ternak Ikan Lele"