7 Langkah Mudah Memasarkan Produk Menggunakan YouTube

the power of youtube marketing

Youtube merupakan search engine yang sangat digemari para pengguna internet. Bagi  kebanyakan orang, mereka lebih suka menonton untuk memperoleh informasi ketimbang harus membaca suatu informasi yang akan sangat membosankan. Bagi anda yang memiliki usaha ataupun produk, bisa mencoba untuk memasarkan produk menggunakan youtube. Karena hal inilah yang sangat populer di kalangan para pengusaha.

Cara Memasarkan Produk Menggunakan Youtube

Pada era moderen ini youtube memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat, seperti menonton film dan mencari pengetahuan lainnya. Bagi para pengusaha yang sangat mengenal teknologi moderen saat ini, youtube bisa saja menjadi media pemasaran yang sangat menarik. Banyak orang yang menonton video melalui youtube. Buatlah informasi produk anda menjadi sebuah video yang menarik. Berikut ini hal yang bisa anda simak agar produk anda digemari melalui iklan video di youtube:

1. Menunjukan Produk Anda

Langkah awal untuk memasarkan produk menggunakan youtube adalah dengan menunjukan produk yang anda buat ataupun yang akan dijual ke pelanggan. Buatlah penjelasan yang rinci dalam bentuk webinar atau presentasi yang mudah dipahami oleh pelanggan. Dengan mempelajari proses editing anda bisa membuat video iklan yang sangat menarik.

2. Memiliki Keahlian Yang Berhubungan Dengan Pemasaran

Menempati urutan kedua setelah google, youtube adalah search engine yang disukai banyak kalayak. Mereka yang menggunakan internet untuk mencari jawaban dari pertanyaan sering kali membuka youtube karena sangat praktis. Hal ini bisa dijadikan peluang jika anda memiliki keahlian memasarkan produk. Coba buat video yang bersifat informatif kemudian berilah saran agar penonton meminati produk yang anda jual. Jika anda membuat produk sendiri beri label pada produk agar mudah diingat pembeli.

3. Mengunggah Video Wawancara

Pelanggan pasti akan senang melihat video wawancara. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan mewawancarai orang seperti artis atau pejabat pemerintahan setempat yang sangat dikenal oleh masyarakat. Wawancara tersebut bisa berisi tentang kualitas produk, manfaat produk, dan lainnya. Dengan begitu, pelanggan atau penonton bisa lebih percaya dengan produk tersebut. Jika nantinya produk anda sudah memiliki banyak peminat, coba wawancara juga para pelanggan untuk mendapat hasil testimoni dari mereka

4. Tutorial Penggunaan Produk

Mungkin saja anda menjual peralatan yang bisa difungsikan oleh pelanggan. Bisa di bayangkan jika itu adalah perlengkapan yang sangat rumiy dan mereka harus membaca buku panduan yang memerlukan waktu cukup lama untuk memahaminya. Pasti hal tersebut juga bisa sangat membosankan. Buatlah video cara penggunaan perlengkapan tersebut yang bisa diakses oleh pelanggan di youtube. Tulis juga alamat url yang bisa diakses.

5. Perhatikan Kualitas Suara Pada Video Yang di Buat

Pada dasarnya video memang sangat identik tentang hal yang berkaitan dengan visual. Namun kualitas suara juga tidak kalah penting untuk menarik minat para penonton atau pemirsa. Video yang berkualitas rendah masih bisa dipahami ketimbang kualitas suara yang rendah. Jika suara pada video tidak jelas, penonton sudah pasti akan mengganti tayangan yang lain. Siapkan modal untuk membeli michrohone yang berkualitas agar suara bisa terdengar sangat jelas ketika memasarkan produk.

6. Gunakan Penerangan Yang Bagus

Jika anda melakukan perekaman di dalam ruangan atau indoor, terkadang pencahayaan menjadi hal yang sangat sulit. Gunakanlah pencahayaan seperti lampu sorot untuk menerangi agar kualitas video tampak baik. Walaupun dengan kualitas kamera yang minim, jika pencahayaan maksimal maka hasilnya pun juga maksimal.

7. Gunakan Kamera Yang Memadai

Ini adalah cara terakhir jika akan memasarkan produk menggunakan youtube . Banyak sekali pilihan kamera yang tersedia tergantung budget yang anda miliki. Saat ini jenis kamera yang populer digunakan youtuber adalah kamera action dan mirrorless. Kedua kamera tersebut sangat portable dan kualitas gambarnya pun maksimal. Sebagai saran, saat anda merekam dikondisi indoor, gunakan kamera  mirrorles namun saat temanya outdoor dengan kamera action adalah pilihan yang cocok.

Jangan lupa, ketika anda membuat iklan di youtube buat juga channel yang bisa diakses semua pengguna. Cara pembuatan channel youtube untuk memasarkan produk juga sangat mudah. Langkah pertama, coba sigin pada halaman youtube dengan menggunakan akun google yang anda miliki. Ketika memperhatikan bagian kanan atas anda akan melihat kotak foto profil.

Kemudian klik foto tersebut untuk masuk ke menu. Akan tampak tombol gear yang bisa anda lihat. Tombol tersebut merupakan tombol setting pada halaman youtube.

Klik tombol edit tersebut kemudian ubahlah foto profil yang menarik dan juga nama channel pada youtube anda. Ketika sudah berhasil membuat channel youtube, kalian bisa membuat logo pada channel untuk dipasang pada foto profil.

Setelah itu, tambah deskripsi pada channel anda agar pengunjung atau penonton tau apa maksud dari channel tersebut. Jangan lupa share link pada channel youtube anda melalui media sosial yang anda miliki agar lebih cepat mendapatkan subscriber dan like dari pemirsa.

author
No Response

Leave a reply "7 Langkah Mudah Memasarkan Produk Menggunakan YouTube"