5 Rahasia Membangun Toko Online Bagi Pemula

0
177

Tiap orang pasti menginginkan untuk menjadi sukses entah bagaimana caranya. Termasuk mencoba peruntungan dari trend bisnis tahun 2019 berupa bisnis online shop.  Memang bisnis online ini sudah muncul dan hype akhir-akhir ini. Hal ini karena kemudahan yang ditawarkan serta keuntungan yang diberikan.

Tak heran banyak para pelajar maupun ibu rumah tangga yang ikut bergabung menjadi seorang pebisnis online. Masalahnya, untuk membangun bisnis toko online yang sukses, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan supaya toko online tersebut mampu bertahan seiring berjalannya waktu dan berkompetisi dengan toko online lainnya. Yuk simak info lebih jelasnya pada ulasan berikut.

Perhatikan 5 Cara Bangun Toko Online

Pasti Anda pernah melihat kisah seorang pebisnis online yang vakum selama berhari-hari setelah sering menawarkan produknya melalui laman sosial media bukan? Selama waktu itu, bisa jadi pebisnis tersebut benar-benar berhenti atau memang lagi mencari pemasok lain. Nah, menghilangnya pebisnis online tersebut karena telah berhenti patut dipertanyakan. Apabila karena minat pembeli yang kurang, maka alasan tersebut dipastikan karena terjadi kesalahan awal saat membangun bisnis online. Untuk mengatasinya, pastikan untuk lebih jeli dan hati-hati ketika membangun toko online. Ingin tahu cara sukses berbisnis online? Ikuti 5 caranya berikut ini.

Lakukan Riset Pasar dan Produk yang Tepat

Ada kalanya pebisnis online yang vakum karena memang produknya tidak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Atau bisa juga karena pasar yang ia bidik tidak sesuai dengan produk yang ia jual. Terlepas dari kedua hal itu, pastikan untuk lebih mengenal produk atau jasa apa yang ingin Anda jual. Tentu berbeda kiat penjual ketika menjual produk yang ia sukai dengan produk yang tidak ia sukai bukan?

Ada beberapa tips yang dapat Anda coba supaya sukses mengikuti trend bisnis tahun 2019 menjadi pebisnis online. Pertama, jangan langsung memilih produk yang ingin Anda jual. Perhatikan dulu lingkungan sekitar Anda. Tentukan produk apa yang kira-kira dibutuhkan oleh masyarakat. Jika sudah tahu, tips kedua adalah jadilah seorang probelm solver. Artinya, pikirkan produk yang menjadi solusi kebutuhkan masyarakat. Baru setelah itu pikirkan lagi bagaimana produk atau jasa yang Anda pikirkan tersebut dapat ditukar menjadi sebuah nilai yang berarti.

Miliki Toko Online

Cara kedua setelah Anda tahu produk yang akan dijual adalah memiliki toko online. Disinilah para pembeli akan menemukan produk yang ia cari. Bagaimana cara memiliki toko online? Ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih tergantung modal yang dimiliki. Apabila modal yang dimiliki cukup banyak, pertimbangkan untuk membuka sebuah website. Melalui website ini, pembeli dapat memilih produk dan langsung add to chart untuk proses pembayaran atau checkout. Namun, apabila modal yang dimiliki sedikit, gunakanlah marketplace atau chat sosial yang sekarang ini lagi booming. Melalui marketplace tersebut, pembeli dapat langsung membeli produk Anda.

Pahami Digital Marketing

Ketahulaih, selain bisnis online shop, trend bisnis tahun 2019 berupa digital marketing cukup memberikan profit yang lumayan besar. Maka dari itu, supaya bisnis toko online Anda ramai dikunjungi pasar, gunakan teknik marketing yang baik dan benar. Misalnya saja penggunaan sosial media sesuai usernya. Ya, untuk target pasar anak muda, gunakanlah sosial media yang banyak digandrungi anak mudah seperti ig atau twitter. Beda lagi untuk target pasar yang lebih luas, gunakanlah facebook atau marketplace. Cukup praktis bukan? Apabila kedua sosial media tersebut kurang efektif, tambahkan pula media blogging, tumblr, atau situs lainnya. Terakhir, gunakan teknik marketing yang lebih menyeluruh seperti SEO.

Manajemen Keuangan yang Baik

Tiap trend bisnis tahun 2019 pasti memerlukan manajemen keuangan yang baik. Tanpanya, bisnis tersebut tidak akan berjalan. Banyak kasus pebisnis yang lalai akan hal ini sehingga sering gagal dan berhenti pada akhirnya. Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk lebih jeli dan berhati-hati. Pertama, pisahkan uang untuk modal bisnis dan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Kedua, tentukan biaya penunjang bisnis seperti marketing, penyimpanan, branding, dan sebagainya. Dengan demikian, arus keluar uang akan lebih jelas dan terstruktur. Pastikan pula pengeluaran tidak melebihi pemasukan.

Kembangkan Produk Lainnya

Apabila Anda telah sukses mengikuti trend bisnis tahun 2019 berupa membangun toko online, selanjutnya cobalah untuk melanjutkan langkah serupa untuk produk lainnya. Misalnya Anda berhasil mendirikan usaha online kecantikan, lebarkan sayap Anda untuk usaha fashion. Akan lebih baik lagi jika Anda terampil dalam urusan make up, juallah jasa bidang kecantikan.

Itulah beberapa cara rahasia untuk membangun toko online bagi para pemula. Apabila sudah sukses membangun toko online, tak ada salahnya untuk mempelajari trend bisnis tahun 2019 lainnya bukan? Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here