3 Keahlian Yang Harus Dimiliki Pebisnis Generasi Milenial

rahasia sukses generasi milenial

Menjadi wirausahawan atau pebisnis generasi milenial saat sekarang ini menjadi suatu tantangan tersendiri untuk kamu yang mempunyai niatan terjun menjadi seorang pengusaha. Untuk dapat sukses dalam bisnis yang digeluti tentunya membutuhkan motivasi yang berlipat-lipat dan sungguh-sungguh karena dalam dunia bisnis tidak ada kata setengah-setengah, dalam bekerja harus terjun langsung dan merasakan atmosfer kegiatan bisnis itu sendiri.

Menjadi Pebisnis Generasi Milenial Yang Sukses

Setiap pebisnis generasi milenial yang ingin meraih kesuksesan wajib belajar bagaimana menjadi dan menempatkan diri sebagai seorang manajer yang hebat. Jika kamu tidak/kurang  memahami dunia manajemen, dikhawatirkan akan menghambat dalam perkembangan bisnis yang kamu geluti..

Nah, untuk kamu pebisnis generasi milenial yang akan mencoba menjadi seorang wirausaha berikut ini 3 keahlian utama yang harus dimiliki oleh kamu. Simak tipsnya berikut ini.

1. Miliki Keahlian Manajerial

Kamu mungkin tidak pernah memperoleh kesempatan untuk belajar atau mempelajari keterampilan (skill) yang akan menjadi dasar pengetahuan untuk memulai bisnis sendiri. Sayangnya, ada juga generasi milenial zaman now yang mungkin juga tidak pernah mendapatkan peluang untuk mencari tahu informasi/pengetahuan atau menunjukkan skill/kemampuannya.

Bahkan pengusaha sekelas Mark Zuckerberg pun harus belajar tentang bagaimana menjadi seorang manajer yang efektif untuk perusahaannnya. Jika tidak, maka perusahaan yang dia dirikan tidak akan pernah mendunia seperti sekarang ini, tidak peduli betapa pun  hebatnya inovasi yang dimiliki dan ditawarkannya.

Bergurulah dan cari tahu informasi kepada pengusaha-pengusaha yang telah lebih dahulu sukses pelajari bagaimana mereka mengembangkan usahanya, bagaimana menjalankan sebuah perusahaan, bagaimana kelangsungan bisnis akan berlangsung dan bagaimana setiap lini perusahaan dapat bekerja secara team work guna meningkatkan kinerja perusahaan. Kesemuanya itu merupakan  hala-hal yang wajib  untuk dipelajari dalam dunia bisnis.

Di sisi lain, semua pengetahuan dan informasi mengenai bisnis yang sedang kamu geluti kesemuanya itu merupakan bahan utama untuk kamu meracik bisnis agar dapat terjaga dan berkembang ke depannya.

2. Mempunyai Ambisi, Inovasi, Keberanian, dan Decision Maker

Point diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

 

a. Ambisi

Jika kamu hidup untuk mencapai hal-hal tertentu di masa depan, kemudian kamu berusaha untuk mewujudkannya, ini menjadi suatu pertanda yang baik. Ambisi untuk memperoleh sesuatu atau pencapaian akan sangat membantu dalam berbisnis, ditambah dengan kemampuan untuk memberi. akan menjadi titik start  yang bagus ke depannya. Inovasi menjadi kendaraan guna mencapai tujuan yang diinginkan, untuk itu wajib hukumnya untuk terus berinovasi dalam berbisnis.

 

b. Keberanian

Sangat sedikit dari kita benar-benar mempunyai kepercayaan (confident)  yang tinggi. Di saat muda, kita beralasan tidak mempunyai cukup pengalaman, tidak punya track record berbisnis apalagi mengalami keberhasilan dan kegagalan dalam bisnis, kesemuanya itu menjadi penghambat untuk mengembangkan kepercayaan diri terjun di dunia bisnis.

Akan tetapi jika kamu mempunyai nyali yang kuat dan tekad  serta kemauan yang keras untuk berbisnis maka motivasi tersebut akan mendorong kamu untuk bertindak dan orang-orang disekitar kamu akan melihatnya dan berangsur-angsur  mempercayai tindakanmu tersebut.

 

c. Pengambil Keputusan

Jika kamu bertanya kepada 10 orang saat akan mengambil keputusan tentang suatu hal, maka kamu  hanya akan mendapatkan 10 jawaban berbeda-beda. Kamu harus mempunyai gagasan/ide yang jelas tentang sikap ketegasan dan metode kepemimpinan. Pengambilan keputusan bukan hanya bicara tentang hasil akhir. Namun, kamu harus membuat keputusan yang tepat dan efektif dengan melakukan tindakan menyelidiki, mendengarkan,menalar, dan tahu kapan waktunya untuk mempercayai ide diri sendiri.

 

d. Milik Kemampuan IT (Tidak Gaptek)

Di zaman melenium saat sekarang ini, dunia bisnis condong berkembang pesat terutama dibidang digital dan teknologi. Menjamur pesatnya bisnis di dunia digital seperti e-commerce, market place, website builder, aplikasi-aplikasi bisnis seperti fintech, go- jek, dan masih banyak lainnya merupakan contoh bagaimana bisnis zaman sekarang mempunyai frame yang agak berbeda dengan dimasa lampau  yang mayoritas masih serba manual.

Bagi kamu yang ingin berkembang di dunia bisnis digital ini tentunya harus memiliki kemampuan di bidang ini, atau setidaknya tidak gaptek dengan dunia IT dan digital. Media digital saat sekarang ini mendominasi sektor bisnis melalui media internet.

Untuk kamu yang ingin cepat mendapatkan pasar potensial, temukanlah ide bisnis di dunia digital ini, selami dan  kamu akan tahu mengenai seluk-beluk dunia ini. Pendiri go-jek Nadiem Makarim merupakan contoh sukses bagaimana seorang anak muda menjadi miliarder karena idenya tentang pembuatan aplikasi go-jek, yups, aplikasi itu merupakan produk dari era digital saat sekarang ini.

Asah keterampilan kamu tentang dunia digital ini, karena disini potensi pasar (market) sangat potensial, tidak saja di dalam negeri bahkan kamu bisa berjualan sampai keluar negeri tanpa harus membuat toko di negara tersebut, cukup hanya dengan membuka toko online, semua orang yang terhubung ke internet akan dapat melihat toko online kamu. Bagaimana ? tertarik ?

author
No Response

Leave a reply "3 Keahlian Yang Harus Dimiliki Pebisnis Generasi Milenial"