Contoh Ide Usaha Dengan Modal 100 Juta

0
3153

Banyak orang berpendapat, membuka usaha memerlukan dana besar. Pendapat ini sebenarnya ada benarnya. Dalam mendirikan usaha, dibutuhkan berbagai hal seperti bahan baku, tenaga kerja, hingga tempat usaha. Akan tetapi, bukan berarti usaha tidak bisa didirikan dengan sedikit modal. Bahkan usaha dengan modal 100 juta pun bisa berdiri. Apa saja usaha yang bisa berdiri dengan modal 100 juta? Berikut ini daftarnya.

1. Usaha Furniture

Furniture adalah salah satu usaha dengan modal 100 juta. Usaha furniture memang tidak memerlukan banyak biaya. Cukup dengan membeli kayu dan membayar tenaga pemahat. Mengenai tempat tidak perlu dipusingkan karena bisa dilakukan di rumah.

Usaha furniture adalah usaha yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Akan tetapi pengusaha furniture harus sabar karena mungkin waktu balik modal usahanya cukup lama. Untuk mensiasati lamanya balik modal, pengusaha furniture perlu membuat diferensiasi produk. Jangan hanya memproduksi satu jenis furniture saja. Coba produksi furniture yang perputarannya lebih cepat seperti meja belajar dan rak makanan.

2. Katering

Cara termudah membuka usaha dengan modal 100 juta adalah dengan berbisnis kuliner. Membuka katering adalah salah satu usaha yang paling mainstream. Untuk membuka katering, biaya tetap biasanya hanya dikeluarkan untuk membeli alat memasak. Biaya bahan baku cukup dikeluarkan saat ada pesanan.

Sejauh ini, bisnis katering adalah bisnis yang paling aman kerugian. Kelemahannya, pesanan makanan mungkin tak selalu ada setiap hari.

3. Cafe Rumahan

Usaha café merupakan salah satu usaha paling digemari, terutama oleh kalangan anak muda. Pada umumnya, café didirikan di lokasi yang terpisah dengan tempat tinggal. Akan tetapi jika modalnya terbatas, café tetap bisa didirikan di rumah. Caranya cukup simpel. Siapkan satu bagian rumah untuk dikosongkan (misalnya teras). Sediakan menu yang menarik. Selain itu, jangan lupa memasang Wi-Fi. Niscaya café rumahan tersebut akan menarik perhatian.

Akan tetapi sebelum memilih mendirikan café, perhatikan kondisi sekitar lokasi. Apakah masyarakat di sekitar sana suka aktivitas nongkrong. Jika tidak, lebih baik pilih alternatif usaha lainnya.

4. Toko Kelontong

Jika modal yang tersedia hanya 100 juta, modal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendirikan toko kelontong. Toko tersebut biasanya menyediakan keperluan sehari-hari seperti sabun, mi instan, minyak, dan sebagainya. Tidak perlu menyediakan lokasi tertentu. Di rumah saja, toko kelontong sudah bisa didirikan.

Kelemahan dari usaha toko kelontong adalah tidak pastinya waktu balik modal. Belum menghitung kompetitor toko kelontong yang biasanya banyak. Akan tetapi jika yakin tetap akan untung, toko kelontong bisa dipertahankan sebagai pilihan.

5. Lembaga Kursus

Usaha dengan modal 100 juta ini berbeda dari lainnya. Jika sebelumnya usaha cenderung menjual barang, lembaga kursus hanya menjual jasa. Biasanya perusahaan jasa tidak menghabiskan banyak dana untuk produksi.

Dalam mendirikan lembaga kursus, modal 100 juta bisa dimanfaatkan untuk menyewa tempat dan menggaji pekerja. Selain itu, dana juga bisa dimanfaatkan untuk membeli media penunjang pembelajaran. Akan tetapi dalam membangun lembaga kursus, dibutuhkan mental dan kerja tim yang kuat. Pastikan para pengajar kursus benar-benar ahli di bidang yang dipegangnya.

6. Kerajinan Tangan

Usaha dengan modal 100 juta selanjutnya yang bisa didirikan adalah kerajinan tangan. Usaha kerajinan tangan bisa berupa banyak hal, mulai dari gerabah, tas, dompet, hingga aksesoris rumah. Kerajinan tangan biasanya tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Dengan 100 juta saja, pengusaha kerajinan tangan sudah bisa membeli bahan baku dan menggaji beberapa karyawan. Meski pendiriannya mudah, usaha kerajinan tangan membutuhkan kreativitas lebih dari usaha-usaha lainnya.

7. Butik

Satu lagi usaha dengan modal 100 juta yang membutuhkan kreativitas tinggi. Akan tetapi hasilnya bisa jauh melebihi perkiraan. Jangan membayangkan pendirian butik membutuhkan dana hingga ratusan juta bahkan milyaran rupiah.

Modal 100 juta saja cukup untuk mendirikan butik, asal sang pengusaha bisa mendesain busana sendiri. Buatlah sekitar 50 contoh busana untuk dipamerkan di galeri (yang juga bisa dibuka di rumah). Jika desain-desain busana memang menarik, pembeli butik akan terus berdatangan.

8. Konveksi

Sedikit berbeda dengan butik, tapi sama-sama untungnya. Usaha dengan modal 100 juta berikutnya adalah usaha konveksi. Pengusaha biasanya tidak perlu modal desain, hanya seperangkat alat jahit dan bahan baku. Garapan yang diterima konveksi notabene berbentuk borongan, misalnya seragam sekolah, cattle pack, atau seragam karyawan. Sekali menerima garapan saja, pengusaha konveksi bisa meraup untuk hingga jutaan.

9. Jasa Sablon

Jasa sablon termasuk usaha yang tidak memerlukan modal terlalu tinggi. Biasanya jasa sablon menangani borongan sablon kaos saja, meski beberapa di antaranya berekspansi membuat cenderamata. Untuk membuka jasa sablon, barangkali modal hanya ke luar untuk membeli alat sablon dan menggaji karyawan. Modal 100 juta untuk jasa sablon bukan hanya cukup, melainkan sangat lebih.

10. Konter Pulsa

Usaha dengan modal 100 juta yang lain salah satunya konter pulsa dan HP. Saat ini, siapapun membutuhkan pulsa. Bahkan dalam seminggu, satu orang saja bisa membeli pulsa berkali-kali. Maka dari itu, bisnis konter pulsa sangatlah menjanjikan.

Katakanlah pendirian usaha konter pulsa dilakukan di rumah pribadi. Perlengkapan yang dibutuhkan meliputi etalase, rak, seperangkat komputer, sekian puluh kartu perdana untuk dijual, dan saldo pulsa. Supaya konter pulsa lebih lengkap, barang yang dijual bisa bervariasi. Barang lain yang biasanya dijual di konter pulsa misalnya aksesoris HP, stiker, charger, headset, MP3, dan sebagainya. Berdirilah sebuah konter pulsa yang cukup besar, hanya dengan modal sebesar 100 juta.

Demikianlah ulasan mengenai contoh ide usaha dengan modal 100 juta. Jangan takut mendirikan usaha meski hanya bermodal sedikit. Kesuksesan bukan diraih mereka yang kaya, tapi mereka yang bisa melihat peluang.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here