Trik Menggaet Pasar Millenial Dengan Cara Yang Mudah

0
129

Produk-produk yang dihasilkan dalam suatu usaha sekarang ini ditargetkan untuk generasi yang sudah melek teknologi, yang lahir pada rentang tahun 1980an – 1990.an. Semakin banyak orang kreatif yang berniat menjalankan suatu usaha, semakin ketat juga persaingan bisnis yang ada.

Kita tahu bahwa trend bisnis tahun 2019 ini tidak bisa terlepas dari sosial media, baik untuk informasi maupun promosi. Oleh karena itu, perlu kita ketahui apa yang harus dilakukan untuk menggaet dan membuat generasi milenial tertarik untuk membeli atau menggunakan suatu produk.

Trik Untuk Menggaet Pasar Milenial

Generasi milenial adalah generasi yang lebih mahir dalam menggunakan teknologi dan lebih banyak menggunakan sosial media dibandingkan dengan radio dan televisi. Trend bisnis tahun 2019 memang mewajibkan seseorang untuk pintar serta cerdas dalam memanfaatkan teknologi agar produk anda lebih banyak dikenal dan dapat terus bersaing di pasaran.

Banyak perusahaan diluar sana yang sudah memanfaatkan berbagai sosial media untuk menggaet pasar millenial. Mungkin anda juga sering melihat bagaimana perilaku generasi yang melek teknologi ini ketika akan membeli suatu produk. Mereka akan mempertimbangkan produk berdasarkan persepsi brand.

Selain itu, mereka juga akan mencari review mengenai produk tersebut atau bertanya kepada teman-teman yang sudah menggunakan produk tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mencari strategi atau trik yang tepat untuk mendapatkan perhatian dari para milenial. Trik yang dapat anda gunakan untuk menarik pasar milenial adalah sebagai berikut:

1.      Berikan Hadiah dan Diskon

Para generasi milenial akan cenderung menilai suatu produk dari mereknya. Apabila produk mempunyai brand atau merek ternama, maka produk tersebut akan dinilai berkualitas bagus. Akan tetapi jangan berkeciil hati dengan produk anda yang belum terkenal, walaupun mereka sangat menyukai barang-barang branded, mereka juga sangat menyukai hadiah.

Banyak perusahaan besar yang brandnya sudah terkenal memberi banyak diskon untuk menggaet pasar. Oleh karena itu, jangan pelit untuk memberi voucher atau diskon agar produk anda dilirik orang.

Jika barang yang anda tawarkan mempunyai khas tersendiri, unik, kualitasnya lumayan bagus dan harganya tidak mahal, lambat laun produk anda akan dikenal. Jangan ragukan kekuatan promosi dari mulut-kemulut, jangan lupa juga untuk memanfaatkan sosial media untuk menyebarluaskan hadiah dan diskon dari produk anda.

2.      Kerjasama dengan Influencer

Seperti yang telah diketahui bahwa genarasi zaman now cenderung lebih mudah menerima rekomendasi idola yang di sukainya. Anda juga dapat bekerja sama menggaet orang yang mempunyai followers yang cukup banyak di sosial media dan memiliki pengaruh kuat bagi followersnya. Seperti selebgram, blogger, youtuber, dll.

3.      Mempromosikan Produk dengan Cara Soft Selling

Jika anda menawarkan dan menjual suatu produk, jangan meminta secara terang-terangan pada konsumen untuk membeli produk anda. Konten iklan yang anda buat seharusnya memberikan pengertian atau membuka kesadaran konsumen mengenai manfaat produk yang anda jual.

Biarkan mereka menyadari bahwa produk anda dibutuhkan oleh mereka. Mempromosikan produk dengan cara ini merupakan cara yang paling tepat. Cara ini dilakukan oleh penjual untuk membangun kepercayaan kepada konsumen mengenai produk yang anda miliki. Promosi dengan soft sellinmg dapat dilakukan dengan cara berikut:

#Promosi dengan story telling atau bercerita

Memperkenalkan suatu produk dapat anda lakukan dengan bercerita di sosial media. Anda dapat menyisipkan nama produk yang anda jual pada cerita menarik anda tersebut. Orang tidak langsung tersadar kalau anda sedang mempromosikan suatu produk.

#Promosi dengan membagikan sample produk

Kegiatan membagi-bagikan sample produk sudah sangat sering kita lihat bukan? Cara ini memang lumayan efektif untuk memperkenalkan produk kita pada orang banyak. Tidak perlu repot untuk memperkenalkan produk. Jika mereka tertarik pasti suatu saat akan membeli.

#Promosi dengan memberikan kursus atau pembelajaran gratis

Cara promosi yang ini memang lumayang membutuhkan sedikit usaha extra. Tetapi promosi melalui cara ini sangat efektif. Misalnya ketika anda menjual make up lengkap dengan peralatannya, anda dapat membuka kelas kecantikan untuk memperkenalkan kelebihan produk yang anda miliki dan mempraktekkan cara mengaplikasikan make up dengan benar sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

#Promosi dengan gambar yang menarik

Beriklan dengan cara soft selling dapat dilakukan dengan membuat gambar yang unik, lucu dan menarik. Sertakan kata-kata yang membuat orang penasaran dengan produk anda tetapi kata-kata tersebut tidak terkesan berjualan.

#Promosi melalui artikel

Melalui artikel yang anda tulis di blog, anda dapat membeberkan banyak informasi bermanfaat yang relevan dengan produk yang anda miliki.

4.      Gunakan E-Payment

Generasi milenial adalah generasi yang anti ribet, sudah nyaman dengan kecanggihan teknologi. Sekarang ini mereka sudah jarang menggunakan uang tunai untuk melakukan pembayaran karena cukup merepotkan. Lebih praktis jika hanya menggunakan kartu, tidak perlu repot-repot mengambil uang terlebih dahulu.

Inilah penjelasan mengenai trik untuk menggaet pasar milenial pada trend bisnis tahun 2019. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberi pencerahan dan bermanfaat untuk kita semua. Semangat sukses ya untuk anda yang akan berbisnis di tahun 2019.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here