Riset Produk di Marketplace untuk Dapatkan Winning Product

0
108

tips riset produk

Bagaimana cara riset produk di marketplace? Bagi Anda yang berperan sebagai reseller atau dropshipper, melakukan riset ini mungkin menjadi sebuah keharusan. Yang mana tujuannya tidak lain ialah untuk bisa mendapatkan barang yang laris, berharga murah dan terbaik dari supplier di marketplace. Sehingga bisa dijual kembali secara online dan menghasilkan keuntungan penjualan yang lumayan.

Tips Mencari Produk Laris di Marketplace

Marketplace merupakan tempat yang paling banyak orang melakukan transaksi jual beli online. Itulah mengapa Anda perlu melakukan riset produk di marketplace jika ingin mendapatkan barang terbaik untuk dijual kembali. Nah, berikut ini adalah tips dan cara untuk melakukan riset yang bisa Anda praktekkan:

  1. Temukan Rekomendasi Produk di Marketplace

Rekomendasi produk merupakan daftar berisi produk-produk yang paling sering diburu oleh banyak orang. Untuk menemukan hal ini tidak sulit, apalagi jika toko online Anda sudah menjadi Gold Merchant di Tokopedia. Maka Anda bisa riset produk di tokopedia dengan cara berikut:

Market insight -> kategori produk -> terlaris -> cari kategori kunci pencarian seminggu terakhir -> cek toko teratas dalam seminggu terakhir.

Namun apabila Anda belum menjadi Gold Merchant, bisa juga melakukan riset dengan masuk ke halaman hotlist tokopedia untuk menemukan produk terlaris. Yang mana pencariannya sedang trending di marketplace per kategori produk. Begitu juga untuk melakukan riset di beberapa marketplace lain seperti Shopee, Bukapalak atau Lazada. Setelah mendapatkan list produknya, coba bandingkan produk dan cek review dari customer untuk menemukan hasilnya.

  1. Kumpulkan Produk dengan Rata-Rata Penjualan Tinggi

Dalam hal ini, tentukan lebih dulu kurang lebih sekitar 10 nama barang atau jasa yang ingin Anda riset. Kemudian cari tahu perihal satu per satu produk tersebut, mana yang penjualannya paling laku. Untuk selanjutnya bandingkan hasil riset tersebut untuk menemukan beberapa produk yang laris dan harganya murah di marketplace yang tepat untuk Anda bisa jual kembali.

  1. Pastikan Melalui Media Sosial

Jika Anda masih belum yakin dengan hasil dari poin sebelumnya, Anda bisa coba memastikannya melalui media sosial. Misalnya melalui facebook atau instagram, ketikkan link dari produk yang ingin diriset pada browser dan lihat hasilnya. Jika jumlah akun yang menjualnya masih belum begitu banyak, maka ini bisa menjadi pilihan produk yang bagus untuk Anda jual kembali.

  1. Temukan Produk dengan Conversion Rate Lebih Dari 10%

Untuk menemukan produk laris dengan kriteria ini di marketplace, lakukanlah riset sederhana terhadap sebuah produk di salah satu marketplace pilihan Anda. Ketahui berapa kali produk telah dilihat oleh calon pembeli dan berapa banyak jumlah yang sudah laku terjual.

Misalnya saja untuk produk jam tangan X di tokopedia, produk ini sudah dilihat sebanyak 46,3 ribu calon pembeli dan sudah terjual sebanyak 15 ribu. Yang itu berarti, setiap 3 orang yang melihat produk jam tangan ini, ada satu orang yang melakukan pembelian. Sedangkan convertion ratenya adalah 15/43,6 ribu yaitu 32,39%. Artinya, ini sangat bagus untuk Anda jual kembali.

  1. Temukan Harga Produk Termurah dengan Rating Tinggi

Tentukan produk yang ingin di riset dan temukan harga produk yang termurah. Ini untuk memperhitungkan harga terbaik produk yang akan Anda jual kembali. Sementara untuk memastikan kualitas produk, pastikan rating bintang minimum rata-rata adalah empat. Selain itu, sebisa mungkin sempatkan untuk membaca rivew dari para pembeli guna memastikan bahwa kualitas produk, kemasan dan pengiriman barang dari penjual memuaskan.

  1. Cek Harga Lebih Tinggi

Cara riset produk di marketplace yang terakhir adalah dengan mencari tahu dan mengecek harga yang lebih tinggi dari produk yang ditentukan, tapi yang tetap mempunyai convension rate cukup baik. Yang mana goal-nya adalah Anda bisa mengira-ngira produk tersebut dapat Anda jual kembali dengan kisaran harga berapa untuk memperoleh keuntungan yang terbaik.

Jenis Produk yang Paling Populer

mencari produk laris di marketplace

Dari banyaknya kategori jenis produk yang dijual di marketplace, ada beberapa produk yang dinilai paling laris terjual. Apa saja itu? Perhatikan berikut ini:

  1. Pakaian Wanita

Tak dipungkiri, marketplace sekarang ini memang lebih didominasi oleh produk fashion khususnya pakaian wanita. Untuk pakaian sesi apapun baik resmi atau non resmi, jenis wanita-lah yang paling banyak laku terjual. Karena itu, jika Anda mencari produk yang laris untuk dijual kembali, disarankan pilih saja pakaian wanita. Sebab ini bisa sangat menjanjikan untuk bisnis kedepannya.

Yang perlu Anda perhatikan, karena tren fashion kerap berubah-ubah sepanjang waktu maka pastikan Anda selalu update mengenai model pakaian terbaru dan sedang banyak disukai. Semakin Anda mengikuti trend maka online shop Anda pasti juga akan selalu ramai oleh pembeli.

  1. Hijab

Produk hijab saat ini tidak hanya dicari menjelang hari raya atau hari besar Islam lainnya. Hampir setiap hari pasti akan selalu ada saja yang mencari hijab model keluaran terbaru, seperti hijab syar’i, segiempat, instan hingga pashmina. Melihat banyaknya muslimah berhijab sekarang ini, tentu tidak mengherankan bila hijab menjadi salah satu produk paling laku di toko online.

  1. Skincare Korea Selatan

Produk skincare kian banyak di minati, terlebih skincare korea selatan yang saat ini menjadi primadona. Alasannya bermacam-macam, ada yang beralih memakai produk skincare ini karena trend hingga inovasinya yang beragam. Misal seperti munculnya BB cream, masker wajah kemasan, cushion compatc dan lainnya.

Selain itu, harganya yang terjangkau juga menjadi pertimbangan. Apalagi pada umumnya produk-produk skincare dari korea selatan juga cocok dipakai untuk kulit tropis seperti di Indonesia. Maka dari itu, tidak heran jika di marketplace produk ini termasuk yang terlaris dan banyak dicari.

  1. Produk Unik

Banyak orang memilih belanja online di markeplace bila ingin membeli barang-barang unik. Pasalnya dibanding di pasar tradisional atau tempat-tempat lain, mencari barang unik secara online memang lebih mudah. Karena selain adanya gambar yang menunjukkan tampilan produk, calon pembeli juga tidak kesulitan untuk menemukan tokonya. Itulah mengapa barang-barang unik bepotensi tinggi untuk terjual dan laris di marketplace.

  1. Mainan Anak

Anak-anak memang tidak melakukan pembelian ini, melainkan orang tua mereka khususnya si ibu. Di mana kebanyakan ibu-ibu, terutama yang sibuk lebih suka membelikan mainan kesukaan anak secara online, salah satunya yaitu melalui marketplace. Karena cara ini dianggap yang termudah dan menghemat waktu dibanding mencari dan membeli ke supermarket atau toko mainan.

6. Produk Kesehatan

Kesehatan menjadi hal utama, terutama di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini. Itulah mengapa produk kesehatan seperti suplemen kesehatan banyak dicari. Anda bisa manfaatkan momen ini untuk jualan suplemen.

Nah, itulah tadi beberapa produk paling laris di marketplace yang bisa menjadi pilihan untuk Anda jual kembali. Selain di marketplace, riset produk juga bisa di tempat belanja online mana pun. Hanya saja untuk medapatkan produk yang laris dengan harga murah, melakukan riset produk di marketplace adalah yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here