Peluang Usaha Takjil Puasa Di Bulan Ramadhan

0
864

Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim. Dimana pada bulan Ramadhan umat islam semuanya, baik laki-laki maupun perempuan diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Umat muslim hanya diperbolehkan makan saat sahur dan berbuka. Dan pada saat bulan Ramadhan, muncul berbagai menu takjil yang beraneka ragam.

Takjil sendiri adalah kudapan atau makanan ringan maupun makanan berat yang biasa disantap saat berbuka. Menjelang berbuka puasa orang akan ramai berburu takjil. Nah, hal ini tentunya memunculkan sebuah peluang usaha yakni peluang usaha takjil puasa.

Saat berbuka puasa, orang-orang cenderung tertarik mencari kudapan atau minuman yang manis-manis. Hal ini sesuai anjuran Baginda Rasulullah SAW, yang menganjurkan umat muslim untuk berbuka puasa dengan sesuatu yang manis seperti tiga butir kurma dan segelas air putih. Hal ini bertujuan untuk memulihkan energi yang terkuras selama seharian penuh berpuasa dengan cepat. Selain itu, mengkonsumsi makanan manis saat berbuka juga terbukti aman bagi pencernaan.

Karena perut yang kosong setelah seharian berpuasa jika diberikan makanan yang asam akan sakit. Nah, dari sini kemudian muncul berbagai menu khas takjil puasa yang hanya ada di bulan puasa. Menu-menu ini rata-rata berbahan manis, namun ada pula yang gurih. Anda bisa menjadikan menu-menu ini sebagai inspirasi menu peluang usaha takjil puasa selama bulan Ramadhan.

Bahkan Anda bisa juga membuat menu-menu ini untuk disajikan sebagai menu berbuka puasa untuk keluarga. Menu apa saja itu? Berikut kami sajikan untuk Anda.

Roti Maryam

Makanan ini sebenarnya adalah salah satu makanan khas timur tengah berupa adonan tepung, air, dan telur yang diadoni menjadi satu. Roti maryam biasanya berbentuk bundar seperti pancake namun bertekstur padat. Karena roti ini memiliki rasa tawar, maka cara mengkonsumsinya biasanya menggunakan topping maupun dengan kare sebagai pengganti nasi. Anda bisa menjual roti maryam lengkap dengan berbagai macam topping ini menjelang waktu berbuka. Jika kesulitan membuatnya, Anda bisa memesan atau membeli roti ini di pusat makanan beku maupun di toko arab.

Kolak

Kolak adalah makanan khas jawa yang terbuat dari campuran air, santan, dan gula aren serta daun pandan. Contoh yang paling laku ialah kolak pisang. Anda hanya perlu menambahkan pisang, labu, atau singkong ke dalamnya untuk isinya. Anda juga bisa menambahkan es batu agar terasa dingin. Kolak sangat cocok menjadi menu takjil yang bisa Anda jual menjelang waktu berbuka.

Bubur Sumsum

Bubur sumsum terbuat dari adonan tepung beras, air, dan santan yang dimasak diatas api kecil sampai mengental dan bertekstur lembek. Rasanya gurih. Disajikan dengan kuah dari rebusan air dan gula aren serta daun pandan. Cocok untuk berbuka puasa terlebih setelah seharian perut kosong tak terisi apapun.

Es Buah

Meski es buah dapat dibuat oleh siapa saja, mungkin ada bisa mengkreasikan es buah dengan resep Anda sendiri yang berbeda dari yang lain. Sehingga es buah buatan Anda layak jual dan bernilai ekonomi tinggi.

Gorengan

Berbuka dengan gorengan sebenarnya tidak terlalu baik untuk pencernaan. Namun, gorengan juga selalu laris manis diborong menjelang berbuka puasa. Terutama jika disajikan bersama es teh manis. Jadi tak ada salahnya jika Anda kemudian tertarik berjualan gorengan seperti tahu isi, weci atau ote-ote, onde-onde, pisang goreng, tempe goreng, dan tak lupa petis sebagai pelengkap. Dijamin dagangan Anda akan laris manis diserbu para pemburu takjil.

Es Kepal Milo

Ini dia yang lagi hits. Es kepal Milo. Tidak susah membuat es kepal ini. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk susu Milo, susu kental manis coklat, dan bubuk coklat dengan air hangat secukupnya. Kemudian siapkan es batu yang sudah dihaluskan. Kepal-kepal sampai berbentuk bulat dan masukkan ke dalam wadah. Siram dengan campuran Milo, coklat, dan susu kental manis. Setelah itu hias dengan topping sesuai selera. Es Kepal Milo siap disajikan untuk menemani waktu berbuka puasa. Dijamin akan laris manis diserbu pembeli karena rasa dan toppingnya yang ngehits abis.

Demikian adalah inspirasi menu yang dapat mendatangkan peluang usaha takjil puasa selama bulan Ramadhan yang bisa Anda praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here