Peluang Usaha Agrobisnis Di Lahan Sempit Pada Daerah Perkotaan

menanam-buah-didalam-potUsaha agrobisnis bisa dilakukan dimana saja, walau dilahan sempit sekalipun asal memiliki keinginan berusaha. Ide berbisnis memanfaatkan lahan sempit sangat berguna bagi masyarakat perkotaan, yang umumnya memiliki keterbatasan lahan.

Peluang usaha agrobisnis di lahan sempit, mulai dilirik masyarakat perkotaan yang mau mencari penghasilan tambahan. Dengan memanfaatkan lahan sisa di belakang rumah, di depan rumah ataupun di loteng atas, kita tetap bisa melakukan usaha ini. Ada beberapa peluang melakukan agrobisnis dilahan sempit.

Berbeda dengan pertanian biasa, agrobisnis biasanya dikelola sedemikian rupa sehingga menarik. Pertanian agrobisnis umumnya juga dijadikan sebagai obyek wisata, karena pengelolaannya yang bagus dan indah.

Menjalani bisnis dibidang agrobisnis tidak selalu memerlukan lahan luas, di lahan sempit ditengah kota pun bisa menjalankan bisnis ini. Yang terpenting anda bisa mengelola dengan baik jadi terlihat indah dan memiliki potensi ekonomi tinggi.

Peluang Usaha Agrobisnis Di Lahan Sempit

Jangan berkecil hati bagi anda yang hidup diperkotaan dengan minim lahan. Karena dalam artikel ini akan kita bahas peluang usaha agrobisnis di lahan sempit, yang bisa anda kembangkan di rumah anda.

1. Hidroponik

Ketika tanah sudah tidak seluas dulu, maka hidroponik menjadi salah satu solusi. Apalagi didaerah perkotaan lahan sudah sempit dan sulit. Dan meskipun daerah tersebut kekurangan air tetap bisa melakukan hidroponik.

Karena kebutuhan air dengan metode hidroponik lebih sedikit dibanding dengan budidaya tanah. Budidaya hidroponik menjadi salah satu peluang usaha agrobisnis di lahan sempit, karena tanaman yang bisa ditanam bermacam-macam. Kita bisa membudidayakan sayur dan buah dengan metode hidroponik.

2. Tabulampot

Tabulampot memiliki kepanjangan tanam buah dalam pot menjadi alternatif bercocok tanam dilahan sempit. Bagi mereka yang ingin mempunyai pohon berbuah namun terbatasi dengan lahan yang sempit.

Merekalah yang akan menjadi market dalam peluang usaha tabulampot. Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai sampingan dan anda masih tetap bisa bekerja. Karena perawatannya tidak sulit cuma butuh pemupukan seminggu sekali, dan disiram tiap hari.

3. Budidaya Ikan

Siapa bilang budidaya ikan butuh kolam yang luasnya berhektar-hektar. Usaha budidaya ikan juga bisa dilakukan di halaman rumah, namun harus sesuai prosedurnya. Budidaya ikan dilahan sempit pada umumnya cocok diterapkan pada ikan air tawar seperti ikan lele, nila dan gurame.

Peluang usaha agrobisnis di lahan sempit satu ini, adalah bisnis yang hasilnya menjanjikan dan cukup menggiurkan. Asal tahu pangsa pasarnya, dan peluang-peluang yang ada di dalamnya. Tidak hanya menjual ikan, tetapi kita juga bisa melakukan pembibitan yang nantinya kita bisa jual dalam bentuk bibit.

4. Tanaman Hidrogel

Bagi yang memiliki hobi bercocok tanam namun didaerah perkotaan dan tidak memiliki sisa lahan kosong. Dan sepertinya akan sulit menemukan lahan karena harganya yang tinggi, jangan khawatir sekarang ada media tanam hidrogel.

Selain dijadikan hobi, bisa menjadi peluang usaha agrobisnis di lahan sempit. Kita bisa menanam tumbuhan dengan media hidrogel lalu hasilnya kita jual sebagai tanaman hias. Namun tidak semua tanaman bisa ditanam di media hidrogel, yang bisa ditanam seperti Athrium, bambu rejeki, sirih hias, dan lainnya.

5. Menanam Kaktus

Tanaman sukulen yang berduri halus ini memiliki penggemar tersendiri. Tanaman ini selain mudah perawatannya tidak membutuhkan lahan luas untuk budidayanya, bisa ditanam di pot-pot kecil. Selain itu juga cenderung tidak membutuhkan air, karena termasuk tanaman xerofit. Hasilnya, kaktus yang sudah dibudidaya dikemas rapi untuk dijadikan souvenir , kado dan buah tangan.

6. Terarium

Mungkin masih menjadi hal baru, karena terarium belum begitu dikenal masyarakat. Terarium bisa menjadi peluang usaha agrobisnis di lahan sempit, karena anda bisa membuat taman buatan dalam ruangan kaca.

Keunggulan terarium bisa ditanamkan dengan hampir semua jenis tumbuhan. Tidak hanya pada tumbuhan paku, lumut, sukulen dan kaktus. Namun sebaiknya memilih tanaman yang memiliki karakteristik sama, sehingga bisa tumbuh dengan baik.

7. Suplier Alat Pertanian Dan Berkebun

Jika memang lahannya sangat sempit, namun anda ingin ikut berbisnis dibidang agrobisnis, anda tidak perlu bercocok tanam. Karena memang tidak harus tanaman, anda bisa menjadi penyedia peralatan berkebun, bertani dan beternak. Mulai dari media tanam, pupuk, dan perlatan-peralatan kecil dan besar untuk bercocok tanam. Anda tidak mebutuhkan lahan yang luas untuk melakukan bisnis ini.

author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Agrobisnis Di Lahan Sempit Pada Daerah Perkotaan"