Analisa Peluang Bisnis Ikan Hias Dan Tips Sukses Menjalankannya

Persaingan untuk mendapatkan kerja saat ini semakin ketat ditambah minimnya lapangan kerja yang tersedia. Cara yang dapat diambil untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuka bisnis baru. Peluang bisnis ikan hias sangat bagus di era sekarang ini. Walaupun bisnis ini sering dianggap remeh, tapi tenang saja jika bisnis ikan hias dijalani dengan serius makan keuntungan yang didapatkan cukup besar.

Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan peluang bisnis. Hal ini dikarenakan naiknya permintaan masyarakat terhadap ikan hias. Beberapa orang memang hobi mengoleksi ikan hias sehingga dirinya rela menghabiskan uang hanya untuk menekuni hobi tersebut. Selain hobi, ikan hias memiliki keindahan bentuk, warna, dan rupa yang bermacam-macam. Berikut ini adalah analisa peluang bisnis ikan hias dan tips sukses menjalankannya.

Analisa Peluang Bisnis Ikan Hias Saat Ini

Bisnis ikan hias biasanya sering dinilai sebelah mata karena anggapan masyarakat lebih condong memilih ikan yang bisa dikonsumsi. Namun bagi orang yang teliti, bisnis ikan hias sebenarnya sangat menjanjikan dan memberikan keuntungan yang besar. Hal tersebut dikarenakan modal yang dimiliki pebisnis ikan hias tidak sebanyak sektor bisnis lainnya.

Peluang yang dihasilkan saat menjalani bisnis ikan hias sangat menguntungkan. Saat ini banyak orang yang mengoleksi ikan hiasnya di rumah karena suatu hobi ataupun kepuasan tersendiri. Orang yang sudah hobi pasti akan rela mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk memenuhi koleksi ikan hiasnya. Nah, inilah salah satu alasan mengapa bisnis ini sangat berpotensi besar.

Selain itu, bisnis ikan hias banyak keunggulannya seperti teknologi yang digunakan untuk merawat ikan sangat sederhana dan mudah dipahami. Proses budidaya ikan hias yang tidak memerlukan biaya yang besar membuat bisnis ini memiliki peluang yang bagus dalam mencari keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Walaupun modal membangun bisnis ini murah bukan berarti penghasilan yang diterima sedikit. Nilai ekonomis dari bisnis ikan hias ini cukup fantastis dan mengejutkan. Penghasilan yang didapat biasanya sampai puluhan juta tergantung dari jenis pembeli yang dituju. Apabila ikan hias dijual ke anak-anak pasti harganya lebih murah daripada menjual ke pengoleksi ikan hias.

Sudah tidak heran lagi bisnis ini banyak menghasilkan keuntungan  dan dan digemari masyarakat. Modal untuk membangun bisnis ini bisa dikatakan cukup murah dibanding bisnis budidaya ikan konsumsi. Mengapa begitu? Karena dalam menjalani bisnis ikan hias hanya dibutuhkan wadah atau tempat yang cukup untuk menampung ikan hias. Lain dari bisnis ikan konsumsi yang membutuhkan kolam yang besar.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Ikan Hias

Peluang bisnis ikan hias cukup menjanjikan apabila dijalani dengan serius. Sebenarnya untuk membangun bisnis bisa dibilang ada susah dan gampang. Akan susah dilakukan jika tidak punya pemahaman mengenai ikan hias dan mudah dijalani jika sudah tau apa yang harus dilakukan untuk berbisnis ikan hias. Nah, inilah tips sukses menjalankan bisnis ikan hias.

1. Mengetahui Jenis Ikan

Hal yang harus, wajib, dan kudu diketahui saat berbisnis ikan hias adalah mengenal jenis ikannya. Untuk apa membuka bisnis ikan hias tapi tidak tau jenis ikannya? Sangat aneh bukan? jenis ikan bermaca -macam. Ada jenis ikan hias air tawar dan ada juga ikan hias air laut.

Untuk perawatan jenis ikan berbeda-beda. Pembudidayaan ikan hias air tawar lebih murah daripada perawatan ikan air laut. Hal inilah yang menyebabkan harga ikan hias air laut lebih mahal. Contoh ikan hias yaitu seperti; Ikan cupang, ikan koki, ikan koi, ikan louhan, ikan arwana, ikan guppy, ikan botia, ikan Oscar, ikan sapu-sapu, ikan black phantom dan lain-lain.

2. Memilih Tempat dan Peralatan

Selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis ikan hias adalah tempat perawatan dan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang digunakan haruslah sesuai dengan jenis ikannya dan juga berkualitas. Contoh peralatannya adalah aquarium, jaring ikan, pompa, filter. Pastikan tempat pemeliharaan ikan aman dari predator. Kualitas dan kuantitas air harus bagus dan tercukupi.

3. Memahami Teknik Perawatan dan Pembudidayaan

Poin yang paling penting dari bisnis ikan hias adalah teknik perawatan dan pembudidayaannya. Teknik ini biasanya tergantung terhadap jenis ikan apa yang dijadikan bisnis.  Cobalah untuk memperhatikan kualitas air, makanan ikan, dan suhu. Lalu, pisahkanlah tahap penjodohan, pemijahan, dan pembesaran dengan berbagai wadah yang berbeda.

4. Membuka Toko atau Kios

Jika sudah menentukan jenis ikan, memilih peralatan, dan memahami teknik perawatan maka yang harus diperhatikan selanjutnya adalah lokasi toko atau kios. Lokasi yang strategis akan membuat bisnis ikan hias cepat maju. Biasanya lokasi yang strategis itu berada di tempat keramaian seperti di dekat pemukiman, sekolah, dan pinggir jalan. Jika lokasi kios sudah strategis maka bisnis ikan hias akan lebih mudah dijangkau dan dikenali.

5. Pemasaran yang Bagus

Nah, yang terakhir adalah pemasaran. jika pemasaran bagus, maka usaha dan bisnis juga akan cepat meningkat. Tentukanlah terlebih dahulu bisnis ikan hias yang dijalani untuk pelajar, anak-anak, atau orang dewasa yang memiliki hobi mengkoleksikan hias. Pemasaran bisa melalui media sosial, brosur, atau media cetak lainnya. Pembuatan dan pemilihan logo juga memberikan pengaruh terhadap bisnis ikan hias.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai peluang bisnis ikan hias dan tips sukses menjalani bisnis ikan hias. Kesuksesan dapat diraih jika seseorang tersebut terus gigih dan tekun. Ingat, usaha yang dilakukan dengan senang dan rasa suka cita tentu akan lebih cepat berkembang dan maju daripada orang yang melakukan usaha tersebut dengan terpaksa.

No Response

Leave a reply "Analisa Peluang Bisnis Ikan Hias Dan Tips Sukses Menjalankannya"