Tips Memanfaatkan Lahan Sempit Untuk Berkebun Dengan Hasil Panen Yang Memuaskan

 

Berkebun merupakan salah satu kesibukan yang mengasyikkan dan juga menyehatkan. Saat melihat tanaman Anda subur tentu menjadi kepuasan tersendiri. Tetapi, hanya sedikit orang yang menyisihkan waktunya untuk mengerjakan hal seperti ini.

Kebanyakan orang yang ingin berkebun terhambat dengan keterbatasan lahan. Namun jika Anda ingin berkebun akan tetapi tidak memiliki lahan yang luas untuk berkebun, maka Anda tidak usah pusing memikirkannya.

Anda dapat memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun. Karena berkebun tidak hanya menggunakan lahan yang luas saja, namun menggunakan lahan yang sempit pun juga bisa di lakukan.

Tips Memanfaatkan Lahan Sempit Untuk Berkebun

Mempunyai lahan yang sempit bukan alasan untuk tidak bisa berkebun. Meski lahan sangat terbatas,  kegiatan berkebun juga masih bisa di lakukan asal kita tahu tipsnya. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun.

1. Meletakkan Tanaman Dalam kontainer

Hampir semua sayuran bisa ditumbuhkan di dalam kontainer. Jika sudah memiliki kontainer, maka Anda bisa mengisinya dengan tanah yang baik. lokasi yang digunakan harus mendapat sinar matahari yang cukup. Anda juga harus menyiramnya secara teratur.

2. Menyusun Pot secara Vertikal

Berkebun tidak harus dilakukan di lahan yang luas. Untuk itu, Anda bisa menciptakan kebun vertikal di lahan yang sempit. Caranya, menanam tanaman di dalam pot, lalu menggantungnya. Selain itu, Anda juga bisa menanam beberapa tanaman yang bisa merambat sehingga bisa dikembangbiakkan secara vertikal.

3. Pilih Tanaman Yang Cepat Tumbuh

Hal yang harus diperhatikan saat memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun yaitu pilihlah tanaman yang cepat tumbuh, seperti sayuran selada. Selain itu, tanam juga beberapa jenis sayuran lainnya yang menyehatkan. Dengan begitu, Anda akan merasa senang dan puas karena bisa menikmati hasil dari kebun sendiri walau lahannya sempit.

4. Memvariasikan Tanaman

Tips selanjutnya yaitu Anda juga harus memvariasikan tanaman dengan menanam tanaman yang panennya cukup lama. Tanaman itu, seperti lobak, cabai, dan tanaman lainnya. Melalui cara ini meskipun hanya memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun tetapi hasil yang diperoleh sangat banyak.

5. Pilih Tanaman Kerdil

Karena lahan untuk berkebun Anda sempit, maka sebaiknya jangan menanam pohon buah-buahan. Pohon buah-buahan hanya akan mempersempit lahan perkebunan Anda karena pohon akan tumbuh menjadi besar. Untuk itu, pilihlah tanaman yang kerdil agar kebun Anda semakin terlihat menarik.

6. Memilih Tanaman Yang Sesuai Dengan Media Pot/Polybag

Tidak semua jenis tanaman bisa ditanam dengan media pot atau polybag, dan kalau dipaksakan mungkin hasilnya tidak bisa maksimal. Kita harus melakukan ekstra riset untuk memilih tanaman yang cocok dengan metode tersebut. Misalkan jika kita menanam sayuran, tidak semua sayuran cocok dengan media tanam di polybag dan pot. Hasil dari apa yang kita tanam akan mendatangkan pendapatan untuk kita. Apabila hasil yang didapat memuaskan dan sesuai dengan harapan kita maka akan menjadi kepuasan tersendiri bagi orang tersebut.

7. Mempersiapkan Olahan Tanah Yang Cocok

Mempersiapkan tanah untuk media tanam di pot atau polybag tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena akar tanaman tidak dengan leluasa mencari segala sumber nutrisinya dengan bebas. Kesuburan tanaman bergantung pada tanah yang kita gunakan. Apabila tanah yang digunakan adalah tanah yang subur dan banyak mengandung humus maka tanaman yang kita tanam akan tumbuh subur.

8. Menggunakan Metode Hidroponik

Cara yang cocok untuk memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan sistem hidroponik. Hidroponik menggunakan air sebagai media tanam. Cara ini memang tergolong baru namun bisa memberikan hasil yang tidak jauh berbeda apabila kita menggunakan media tanah. Air yang dipakai sebagai media tanam diberikan berbagai unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Metode penanaman hidroponik sendiri memiliki beberapa teknik yang bisa kita pilih, salah satunya yang cukup mudah adalah teknik hidroponik wick yang menggunakan botol plastik bekas sebagai wadahnya. Tanaman – tanaman yang ditanam secara hidroponik umumnya berjumlah banyak, kualitasnya lebih bagus, dan dapat panen berkali – kali.

9. Berkebun Gantung

Prinsip berkebun gantung dengan cara gantung ini mirip dengan berkebun dalam pot/kontainer. Hanya saja Anda meletakkannya dengan cara menggantungnya di langit-langit teras rumah. Bisa juga digantung pada tiang penyangga yang sudah Anda buat.

author
No Response

Leave a reply "Tips Memanfaatkan Lahan Sempit Untuk Berkebun Dengan Hasil Panen Yang Memuaskan"