bisnis joybiz

Melihat Peluang Usaha Content Writer dan Potensinya

peluang bisnis Joybiz

Peluang Usaha Content WriterSemakin banyak orang yang melirik peluang usaha content writer. Kebanyakan adalah anak-anak muda. Ada anak kampus yang mencari rejeki dari membuka jasa menjadi seorang content writer.

Meskipun demikian, bukan berarti peluang bisnis ini hanya cocok untuk dilakukan oleh anak muda. Siapapun bisa menjadikan bisnis ini sebagai lahan untuk mencari rejeki. Besar kecilnya untung yang didapatkan tergantung pada strategi dan juga layanan yang diberikan.

Untuk itu, diperlukan kecerdikan untuk membuat bisnis ini menjadi bisnis besar. Anda tertarik? Anda perlu tahu hal-hal terkait dengan bisnis ini.

Pangsa Pasar Content Writer

Seorang content writer itu juga dinamakan dengan penulis artikel. Tugas utamanya adalah menuliskan sebuah artikel sesuai dengan pesanan.

Biasnya, pihak yang order artikel adalah mereka yang terjun di dunia bisnis online. Ada yang menjadi publisher, pemilik toko online, dan bahkan perusahaan yang ingin mengoptimasi website mereka.

Anda harus tahu karkater dari setiap client agar Anda bisa membuat keputusan serta penawaran yang sesuai dengan keinginan pasar.

  • Publisher

Publisher merupakan orang yang membangun sebuah website dengan tema tertentu. Tujuannya adalah agar website tersebut dikunjungi banyak pembaca.

Untuk itulah, publisher sangat membutuhkan seorang content writer. Umumnya, mereka memesan beberapa artikel dengan kriteria tertentu, seperti panjang artikel, tema artikel, dan bahasa artikel.

Sebenarnya, salah satu yang menjadikan terbukanya peluang usaha content writer adalah semakin banyaknya orang Indonesia yang terjun sebagai publisher. Apalagi ketika saat ini masyarakat sudah tidak lagi menganggap internet sebagai barang aneh. Hampir semua orang sudah memiliki smartphone untuk mengakses internet. Setidaknya, masyarakat sudah melek internet.

Itulah yang membuat publisher semakin menjamur. Jika Anda memiliki kemampuan content writer, tidak salah jika Anda memanfaatkan keadaan ini.

  • Pemilik Toko Online

Selain publisher, sekarang ini banyak juga yang berani membuka usaha dengan menggunakan media online. Saat ini, orang tidak harus bersusah payah untuk membuka toko atau menyewa tempat untuk membuka usaha.

Cara membuka usaha kini semakin mudah. Setiap orang ini ingin menjadi penjual, misalnya hanya perlu membangun sebuah website yang hanya membutuhkan modal yang relatif lebih kecil daripada toko offline.

Setelah memiliki website, langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi. Tujuan dari optimasi adalah agar semakin banyak pengunjung website. Atau bahkan website atau toko online tersebut berada di halaman pertama Google.

Untuk melakukan optimasi tersebut, komponen utama adalah artikel. Untuk itu, seorang pemilik toko online sangat membutuhkan layanan dari penyedia jasa content writer atau jasa pembuatan artikel agar membuatkan artikel yang menarik bagi pengunjung. Semakin banyak dan menarik artikel akan membuat semakin banyak pengunjung sehingga peluang konversi pengunjung menjadi pembeli semakin terbuka.

Pentingnya konten artikel untuk sebuah toko online ini membuat peluang usaha content writer sangat bagus. Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang terjun ke dalam dunia bisnis online.

  • Perusahaan

Saat ini, perusahaan sudah mulai mengerti betapa pentingnya memberikan pelayanan secara online. Bahkan, perusahaan besar sekalipun sekali melakukan ekspansi dengan cara membuat website online.

Selain melakukan ekspansi, tujuan lain adalah untuk mempertahankan brand. Dengan semakin ketat kompetisi di dalam dunia bisnis, mereka butuh mempertahankan branding agar tidak kehilangan customer.

Bagi seorang content writer profesional, bekerjasama dengan perusahaan merupakan kesempatan yang sangat menarik. Pasalnya, tarif artikel juga berbeda dengan tarif yang ditentukan untuk jenis client yang lain.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Content Writer

Publisher, pemilik toko online, dan perusahaan hanyanya sebagian kecil dari pangsa pasar yang bisa dimasuki oleh seorang content writer. Jika Anda tertarik, Anda harus tahu kemampuan atau skill apa saja yang harus Anda kuasai.

  • Skill Mengetik 10 Jari

Mengetik dengan menggunakan 10 jari memang bukanlah skill yang wajib dimiliki oleh seorang content writer. Akan tetapi, jika Anda menguasai skill ini, maka pengerjaan artikel akan semakin cepat.

  • Pengetahuan Tentang Artikel SEO

Karena pangsa pasar adalah para pebisnis online yang ingin menguasai mesin pencarian seperti Google, maka yang dibutuhkan adalah artikel yang sesuai dengan SEO. Artinya, artikel tersebut harus sesuai dengan ketentunan mesin pencarian sehingga artikel tersebut bisa membuat website yang dioptimasi berada di halaman utama mesin pencarian.

  • Kemampuan Copywriting

Sebenarnya, copywriting itu berhubungan dengan kemampuan persuasive orang lain dengan tulisan. Akan tetapi, secara umum, copywriting bisa dikatakan sebagai kemampuan untuk membuat artikel yang disenangi oleh pembaca.

Tentu ada banyak hal yang mempengaruhi. Anda harus bisa memahami pembaca sehingga bisa menentukan tone dan bahasa artikel.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang bisnis content writer. Saat ini, semakin banyak orang yang terjun di dunia bisnis online membuat kesempatan semakin lebar untuk membuat usaha content writer ini.

Tentu saja Anda akan mengahadapi beberapa kompetitor. Untuk itu, Anda bisa siapkan website sebagai lapak Anda kemudian melakukan promosi melalui media sosial dan grup terkait dengan content writer. Lakukan secara konsisten sehingga Anda dikenal banyak orang. Siap untuk mengambil peluang usaha content writer ini? Atau lebih tertarik membuka bisnis web designer?

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
One Response
  1. Peluang Usaha Jual Beli Domain - Tabloid Peluang Usaha2 years ago

    […] Melihat Peluang Usaha Content Writer dan Potensinya […]

    Reply

Leave a reply "Melihat Peluang Usaha Content Writer dan Potensinya"