Jangan Biarkan Kamu Takut Memulai Usaha

0
1096

Contents

Berwirausaha adalah hal yang cukup mengesankan di mata masyarakat. Apalagi jika usaha yang dijalankan sudah banyak dikenali orang-orang. Bagaimana tidak, seorang pengusaha akan dikenal namanya, tokonya, dan produknya. Mendengar itu pun membuat orang berimpian ingin memiliki usahanya sendiri. Tapi, sebagian orang merasa ragu untuk memulainya karena takutnya hambatan dan kegagalan.

Padahal itu semua hanya akan menghambat keinginan untuk memajukan kehidupan karena ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan berwirausaha. Jangan biarkan kamu takut memulai usaha karena kegagalan dan kesuksesan tidak akan kamu ketahui hasilnya sebelum mencoba.

Jangan Biarkan Kamu Takut Memulai Usaha

Rasa takut merupakan hal biasa yang dimiliki seorang manusia. Bahkan saya sendiri pun memilikinya. Tapi untuk itu semua, kita harus bias menghadapi rasa takut itu sendiri. Karena rasa takut yang berlebihan dan berlangsung sering dapat membuat mindset kehidupan Anda menjadi tidak stabil. Apalagi saat ingin memulai usaha baru, biasanya ketakutan akan kegagalan menghantui di dalam pikiran.

Kegagalan di dalam usaha mungkin memang hal yang buruk, tapi tidak untuk dihindari atau ditakuti. Sebenarnya jika kita bisa mencerna di balik datangnya kegagalan, ia merupakan guru yang sangat berpengaruh. Dari kegagalan kita bisa merasakan dan belajar bagaimana dalam sebuah usaha harus adaya pertimbangan. Anda tetap saja merasa cemas dan takut akan hal itu. Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa takut dalam memulai usaha:

1.      Berfikir Positif

Pikiran buruk hanya akan memenjarakan ide-ide dan inovasi untuk keluar. Perasaaan takut dan cemas berlebihan membuat Anda berhenti di jalan. Hal ini menghambat perkembangan otak untuk berkembang dan berpikiran maju. Anda pun merasa takut untuk memulai usaha. Untuk itu Anda harus menghapuskan pikiran buruk dan mengubahnya dengan pemikiran positif dan masuk akal. Pikiran positif membantu menenangkan stimulasi otak karena rasa takut. Dengan begitu Anda akan memiliki keyakinan untuk menjalankan atau memulai usaha baru.

Pikiran positif juga membantu kehidupan pribadi dan lingkungan Anda. Tak hanya dalam memulai usaha, tapi juga memberikan Anda pencerahan dalam melangkah maju untuk kehidupan lebih baik lagi. Jadi, tetaplah selalu jaga untu tetap berpikiran positif baik dalam bidang usaha maupun orang lain.

2.      Berani Menghadapi Resiko

Lawan dari kata takut yaitu berani. Berani merupakan sikap dimana Anda tidak merasa ragu-ragu dalam melakukan suatu hal. Tepatnya dengan berani Anda dapat mengatasi dan menghilangkan rasa takut dari dalam diri. Sama halnya ketika memulai usaha, Anda harus memiliki sikap berani untuk menghadapi segala resiko yang akan datang. Cobalah untuk berani walau ada rasa takut yang mendatangi Anda. Perlahan Anda mungkin dan pasti akan bisa mengatasi segala apa yang ada di depan. Terutama untuk rasa takut yang akan Anda kalahkan dan menggantinya dengan keberanian.

Sikap berani mengambil resiko juga sangat membantu Anda saat ingin memulai usaha sehingga Anda memiliki pertimbangan untuk segala hambatan. Sebuah usaha harus memiliki target dan siap akan kemungkinan yang dihadapinya karena dalam usaha pasti akan ada resiko yang datang.

3.      Planning

Planning atau dalam Bahasa Indonesianya yaitu rencana. Renacana sangat diperlukan ketika Anda ingin memulai sebuah usaha. Rencana biasanya mencakupi seperti modal, produk, tempat dan lainnya yang mendukung jalannya sebuah usaha. Rencana usaha merupakan hal yang harus Anda pikirkan sebelum memulai usaha, harus bagaimana dan seperti apa. Nantinya. Rencana usaha pun harus efektif dan efisien untuk emndukung kemajuan suatu perusahaan baik itu dalm ruang lingkup kecil maupun besar. Rencana usaha yang efektif merupakan fondasi utama yang wajib dipersiapkan secara maksimal sebelum memasarkan suatu produk atau barang. Anda harus siap berinovasi dan menemukan ide-ide terbaru untuk menghadapi perkembangan dan permintaan pasar.

Adanya rencana usaha akan mengurangi rasa takut Anda saat ingin memulai usaha. Karena di sini Anda sudah memiliki semua wacana dan catatan dalam menjalankan usaha nantinya. Sehingga tidak ada lagi yang perlu ditakutkan, baik itu kegagalan maupun hambatan didalam pekerjaan atau usaha. Semua rasa takut sudah berada dalam jalur rencana dan memiliki solusi di balik itu. Tidak perlu lagi meragu dalam memulai usaha yang baru ataupun meneruskan uasha yang lama mati karena namanya kegagalan.

Nah, baik pemula maupun Anda yang sudah pernah mengalami kegagalan, Anda tidak perlu merasa takut akan pengalaman yang buruk. Karena kegagalan ataupun hal buruk yang pernah kita alami itu merupakan peristiwa berharga. Adanya pembelajaran di balik itu semua yang harus Anda pahami dan cerna, dari mana itu berasal dan kesalahan apa yang sebenarnya telah terjadi hingga membuat Anda mengalami itu. Jadi, jangan biarkan kamu takut memulai usaha itu kembali dan jangan pernah enggan untuk mulai lagi. Ingat, rasa takut akan membuat hidupmu berhenti maka itu lawan itu untuk dirimu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here