Inilah Hal Yang Harus Anda Persiapkan Saat akan Memulai Bisnis Kuliner

0
871

Bisnis kuliner merupakan salah satu tren bisnis tahun 2019 yang cukup banyak peminatnya. Bagaimana tidak, bisnis ini menjanjikan keuntungan yang cukup banyak jika sukses. Apakah Anda salah satu orang yang ingin mengembangkan bisnis ini? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1.Lakukan Riset Dan Pastikan Lokasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis kuliner adalah melakukan riset atau mencari informasi terlebih dahulu. Anda dapat memulainya dari kategori jenis kuliner apa yang akan Anda tekuni. Misalnya saja kafe, restoran, food truck, makanan ringan, catering, dan lain sebagainya. Selanjutnya Anda harus menentukan apakah yang menjadi spesialisasi bisnis kuliner Anda. Apakah masakan asli Indonesia, luar negeri, atau justru masakan spesifik seperti cake dan pastry, bakso, sop buntut, dan lainnya.

Jika semua hal di atas sudah Anda pastikan, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghitung jumlah modal yang Anda perlukan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan analisis SWOT. Beberapa hal yang harus Anda analisis adalah keunggulan dan kelemahan kuliner Anda jika dibandingkan yang lain serta kesempatan apa yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat bisnis Anda dibicarakan banyak orang.

Setelah melakukan riset, Anda harus memastikan dimana bisnis kuliner Anda akan dijalankan. Sebaiknya Anda memilih lokasi yang strategis dan juga dekat dengan keramaian. Tak harus tempat ramai dengan harga sewa yang mencekik leher. Anda bisa memilih lokasi ramai dengan harga sewa miring seperti halnya di pasar, perkantoran, tempat wisata, dan sekolah.

2.Pastikan Bisnis Anda Memiliki Ciri Khas

Hal yang harus dipersiapkan selanjutnya sebelum memulai trend bisnis tahun 2019 ini adalah memastikan bisnis Anda memiliki ciri khas. Apakah hal ini perlu? Tentu saja. Pasalnya, jika bisnis Anda memiliki ciri khas, para konsumen akan selalu mengingat bisnis kuliner Anda. Selain itu, inovasi yang unik dan menarik inilah yang akan membuat bisnis kuliner Anda banyak dibicarakan orang dan membuat banyak konsumen berbondong-bondong mendatangi restoran Anda.

3.Lakukan Promosi

Tak sedikit pebisnis yang memiliki restoran dengan menu unik, menarik, dan enak tetapi memiliki sedikit pengunjung. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan pebisnis tersebut memiliki kelemahan dalam hal marketing atau promosi. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama ya!

Ada banyak cara memperkenalkan bisnis kuliner Anda kepada masyarakat luas. Terlebih kini teknologi berkembang cukup pesat. Anda dapat mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial seperti facebook, Instagram, twitter, youtube, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membayar jasa food bloggers atau memberikan sample kepada mereka dengan cuma-cuma agar di-review. Cara ini cukup efektif dan banyak pebisnis yang telah menggunakan cara satu ini.

4.Utamakan Kualitas

Tak sedikit pebisnis kuliner yang hanya berfokus untuk membuat bisnis kulinernya dibicarakan banyak orang (booming atau viral) sehingga banyak orang berdatangan. Sayangnya, berfokus pada hal ini saja tidak menjamin usaha Anda dapat tetap bertahan. Banyak pelanggan yang enggan untuk datang kembali karena bosan atau ada kuliner lain yang lebih menarik dan memiliki kualitas lebih.

Lalu apa yang harus Anda persiapkan sebelum memulai trend bisnis tahun 2019 ini? Selain memiliki ciri khas, Anda juga harus memastikan bahwa kualitas makanan Anda tetap nomor satu. Selain itu, kebersihan restoran Anda juga tak boleh lepas dari perhatian Anda.

Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah skill atau kemampuan karyawan Anda. Pastikan karyawan Anda memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Selain itu, jika bisnis Anda sudah mulai berjalan, Anda dapat mendatangkan orang yang ahli dalam bidangnya untuk meningkatkan skill karyawan Anda. Jika skill karyawan Anda bagus, tentu kesuksesan bisa lebih mudah Anda capai.

5.Rencanakan Manajemen Dengan Tepat

Apakah adanya kualitas yang baik dan memiliki ciri khas sudah menjamin bisnis yang akan dijalankan sukses? Tentu tidak. Bisnis tidak akan sukses tanpa adanya manajemen yang transparan. Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai bisnis kuliner, pastikan Anda merencanakan sistem yang baik dalam mengelola pemasukan, pengeluaran, dan modal. Jika manajemen tersebut tidak Anda jalankan dengan baik, maka bisnis yang akan Anda jalankan bukan tidak mungkin akan tumbang dalam beberapa bulan saja.

Nah, jika Anda belum memahami manajemen keuangan dengan tepat, sebaiknya Anda mempelajarinya terlebih dahulu sebelum membuka bisnis kuliner. Anda bisa mempelajarinya secara mandiri melalui buku atau website manajemen bisnis. Jika tidak, Anda bisa mempelajari hal tersebut dari ahlinya secara langsung dengan mengikuti seminar atau menyewa jasa penasihat keuangan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis kuliner yang termasuk salah satu tren bisnis tahun 2019. Selain beberapa hal tersebut, pastikan Anda benar-benar yakin dan memiliki tekad yang kuat untuk menekuni bisnis ini. Meski sangat menjanjikan, faktanya untuk memulai dan mempertahankannya tidak semudah membalikkan tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here