Cara Memulai Usaha Tanaman Hias Yang Sukses Dan Menguntungkan

0
731

Bisnis tanaman hias saat ini terus mengalami perkembangan dan peningkatan yang bisa dikatakan sangat menjanjikan. Di mana usaha ini sangat berpotensi di masa yang akan datang dan bisa memberikan hasil yang sangat menguntungkan.

Namun meski begitu, hal ini tidak menutup kemungkinan usaha gagal dan mengalami kebangkrutan. Karena itulah, Anda harus penuh persiapan jika ingin memulai bisnis di bidang ini.

Cara Memulai Usaha Tanaman Hias

Dalam bisnis tanaman hias, setidaknya ada 3 model usaha yang umum dijalankan yaitu khusus pengecer atau hanya menjual tanaman hias, pembibitan dan pengecer sekaligus pembibitan. Anda harus menentukan lebih dulu jenis usaha mana yang akan dijalankan. Untuk selanjutnya, berikut ini cara memulai usahanya yang bisa Anda ikuti:

1.Bekal Pengetahuan Yang Cukup Tentang Tanaman Hias

Dalam membuka sebuah usaha, Anda tentu harus memiliki pengetahuan tentang apa yang Anda tawarkan, setidaknya untuk hal-hal yang mendasar. Ini berlaku juga pada usaha tanaman hias, di mana Anda harus mengetahui hal-hal terkait tanaman hias, meliputi jenis, cara penanaman hingga perawatannya.

Untuk mendapatkan informasi, Anda bisa browsing di internet atau langsung belajar dengan yang berpengalaman. Memiliki pengetahuan yang cukup tentang tanaman hias juga bisa mempengaruhi kepercayaan pelanggan, di mana hal ini akan berdampak baik pada jalannya usaha Anda.

2.Pilih Jenis Tanaman Hias

Pemilihan tanaman yang tepat dapat menjadikan usaha bertahan lama dan tetap eksis. Karena sejatinya ada banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat Anda pilih, entah itu tanaman hias daun ataupun tanaman hias bunga.

Mulai dari yang harganya paling murah hingga yang paling mahal. Untuk memilihnya, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan atau bertanya langsung ke supplier.

Sebaiknya pilihlah tanaman yang memiliki daya jual stabil, tidak hanya musiman dan harganya terjangkau. Selain itu, karena usaha tanaman hias Anda masih pada tahap awal, pertimbangkan juga biaya perawatan tanaman.

3.Tentukan Lokasi atau Tempat Usaha Yang Tepat

Lokasi merupakan salah satu kunci sukses pada sebuah usaha, di mana letaknya harus strategis dan pas untuk barang yang Anda dagangkan. Untuk lokasi bisnis tanaman hias sendiri, Anda tidak perlu tempat megah.

Yang terpenting areanya luas, cukup untuk tempat memajang tanaman hias dan menyimpan bibit serta bersuhu aman untuk tanaman agar tidak mudah layu atau rusak.

Sedikit tips bagi Anda agar konsumen tertarik datang ke lokasi usaha, atur dan tata tanaman hias supaya terpajang dengan menunjukkan variasi tanamannya. Pastikan juga kualitas tanaman terjaga dengan baik dan tempat usaha selalu bersih sehingga sedap dipandang oleh mata.

4.Perhatikan Aspek Keamanan

Memastikan lokasi usaha Aman dari tindakan pencurian dan tangan-tangan tidak bertanggung jawab juga sangat penting untuk kesuksesan usaha. Sebab lokasi usaha tanaman hias yang seringkali berada di pinggir jalan raya, rawan akan terjadinya pencurian dan perusakan tanaman atau sarana lainnnya. Yang mana nantinya usaha Anda bisa mengalami kerugian besar.

Untuk menjaga lokasi tetap aman, sering-seringlah pantau dan awasi keamanan lokasi usaha. Bila usaha sudah semakin besar, Anda bisa juga membayar orang untuk menjaga keamanan sekaligus mempekerjakannya sebagai karyawan.

5.Sediakan Sarana dan Prasarana Penunjang

Untuk usaha tanaman ini Anda perlu menyediakan sarana dan prasarana seperti ruang display atau etalase berupa taman, ruang untuk bibit tanaman hias, ruang penyimpanan tanaman dan ruang khusus budidaya untuk kebutuhan perawatan tanaman hias. Juga tempat parkir kendaraan yang luas serta ruang tunggu yang nyaman untuk pelanggan dan lain sebagainya.

6.Promosi dan Pemasaran

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu tidak akan lepas dari kegiatan promosi dan pemasaran. Jika kedua hal ini dilakukan dengan baik, usaha tanaman hias Anda akan lebih banyak dikenal orang sehingga lebih banyak pula konsumen yang datang.

Dalam melakukan promosi, Anda bisa menggunakan media sosial atau secara online maupun secara offline dengan menyebar brosur.

Jika ingin lebih efektif lagi, Anda bisa berpromosi dengan mengikuti pameran tanaman hias. Yang mana semua ini dilakukan untuk mengenalkan tanaman hias kepada lebih banyak orang sekaligus menarik minat konsumen.

7.Rawat Tanaman Hias dengan Baik

Agar tanaman laku terjual dan dihargai dengan nilai yang tinggi, tanaman hias harus dalam kondisi baik dan sehat. Untuk itu, Anda harus merawat tanaman sebaik mungkin termasuk untuk penyiraman, pemberian pupuk dan lain-lain. Semakin tanaman tumbuh baik dan terawat, maka harga jualnya juga akan dapat semakin mahal dan keuntungan yang diperoleh semakin besar.

8.Ketahui Trend Tanaman Hias

Sama seperti produk jenis usaha lainnya, tanaman hias juga memiliki trend yang berubah dari waktu ke waktu. Agar usaha tanaman hias Anda tetap diminati konsumen, Anda juga harus menyediakan tanaman hias yang sedang populer. Tapi pastikan juga Anda memiliki beragam variasi lainnya.

Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Usaha

Masing-masing tanaman hias memang memiliki nilai jual yang lumayan. Namun perlu Anda tahu, tidak semua jenis tanaman hias mudah terjual atau banyak peminatnya. Oleh karena itu Anda juga harus melihat dari sisi pemasaran, tanaman hias mana yang selalu banyak diminati. Jika masih bingung, berikut 4 tanaman hias yang bisa Anda pilih:

1.Bunga Mawar

Diantara banyak sekali jenis bunga, bunga mawar memiliki peluang bisnis yang paling menguntungkan sebagai tanaman hias. Bunga ini memang sangat populer sebagai simbol cinta, persahabatan dan rasa syukur sehingga banyak dijadikan bucket bunga untuk hadiah pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, ulang tahun dan wisuda.

Dalam usaha tanaman hias bunga mawar setidaknya ada 3 model usaha, diantaranya yaitu penjualan bibit bunga mawar, penjualan bunga mawar dalam pot dan bisnis bunga potong bunga mawar.

2.Bunga Anggrek

Selain bunga mawar, anggrek juga menjadi tanaman hias favorit bahkan punya banyak penggemar tersendiri. Itulah mengapa budidaya tanaman hias bunga anggrek sangat menguntungkan. Bisnis bunga anggrek memiliki 2 model usaha yaitu penjualan bibit bunga anggrek dan penjualan bunga anggrek dewasa.

3.Bunga Matahari

Warna bunga matahari yang cerah dan tanamannya yang mudah sekali dirawat ternyata menjadi poin unggul yang banyak menarik minat. Bahkan sama halnya bunga anggrek, bunga ini juga memiliki penggemar tersendiri. Jadi dapat dilihat, potensi usaha tanaman hias bunga matahari memang cukup besar meskipun masih kalah dibanding bunga mawar dan bunga anggrek.

4.Pohon Bonsai

Usaha pohon bonsai menjadi usaha tanaman hias yang paling menguntungkan dengan harga jualnya yang relatif mahal. Jadi, tak mengherankan jika pelanggan pohon bonsai umumnya berasal dari kalangan menengah atas.

Potensi usaha ini sangat besar dengan omzet yang bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran bila memiliki jaringan bisnis yang bagus. Model variasi pohon bonsai diantaranya yaitu pohon kelapa, kamboja, azalea, cemara, bougenvile dan lainnya.

Bagi Anda yang memiliki hobi merawat tanaman hias, usaha ini patut dipertimbangkan. Di mana hobi ini bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Jadi Anda bisa menjalankan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan. Hal ini tentu akan menjadi usaha yang menyenangkan untuk Anda jalankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here