Bisnis Gratisan Selalu Diminati Dan Menghasilkan, Ini Daftarnya!

0
137

Faktanya, bisnis gratisan selalu diminati oleh sebagian besar masyarakat. Alasannya, bisnis tidak membutuhkan modal besar untuk menjalankannya. Menariknya, bisnis ini pun memberikan hasil yang nyata.

Karena minim modal, bisnis ini tentu banyak pesaingnya. Artinya, Anda dihadapkan pada tantangan untuk bersaing sehat untuk menuai keberhasilan.

Tentunya, strategi pemasaran memegang peran yang sangat penting. Jika Anda memiliki strategi yang jelas, Anda bisa menuai keberhasilan dalam membangunnya.

Kali ini, kami akan mengulas mengenai bisnis gratisan selalu diminati oleh masyarakat. Yakni, bisnis yang sudah memanfaatkan teknologi internet sebagai modal utamanya.

Daftar Bisnis Gratisan yang Menjanjikan

Cukup banyak jenis usaha yang bisa ditekuni oleh pelaku bisnis tanpa modal. Modalnya hanya perangkat elektronik dan internet. Di antara jenis bisnis gratisan selalu diminati masyarakat ini sebagai berikut:

1. Dropship

Dropship nyaris tidak membutuhkan modal besar. Bahkan, bisnis ini pun memiliki peluang yang tinggi dalam menghasilkan pundi-pundi uang.

Anda hanya membutuhkan jaringan internet dan platform yang bisa digunakan untuk promosi produk. Dari sini, Anda memiliki peluang untuk memperoleh penghasilan.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu mencari produsen atau penjual yang membuka kemitraan dalam sistem dropship. Daftarkan diri Anda di program yang disediakan penjual.

Setelah terikat dengan kerja sama tersebut, Anda tinggal mempromosikan produk dari produsen tersebut di berbagai platform. Bahkan, menggunakan platform gratisan seperti media sosial.

Bisa juga dengan membuka lapak di situs ecommerce. Ini pun bisa dibuat dengan gratis.

Cara kerjanya adalah dengan promosi produk dari produsen. Ketika Anda mendapatkan pelanggan yang transaksi di tempat Anda, Anda tinggal mencatat transaksinya. Kemudian, Anda tinggal menyerahkan urusan packing dan pengiriman produk pada produsen.

Bahasa sederhananya, ini mirip seperti makelar. Anda menunjukkan produk dan membuat sebuah transaksi dengan pembeli. Kemudian, Anda menyalurkannya pada pihak produsen.

Setelah pengiriman berhasil, Anda akan memperoleh komisi dari penjualan produk tersebut. Nilai keuntungan berasal dari kesepakatan yang Anda buat dengan penjual/produsen.

2. Bisnis Afiliasi

Afiliasi masih tren saat ini. Bisnis ini pun bisa ditekuni tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Cara kerjanya hampir mirip dengan dropship. Tetapi, perbedaannya terletak pada proses transaksinya.

Jika dropship masih mengharuskan Anda yang menangani transaksi, maka afiliasi akan ditangani sepenuhnya oleh penjual/pemilik produk. Anda hanya perlu promosi produk dan menyediakan pintu masuk bagi pelanggan untuk datang ke penjual.

Sederhananya, Anda menawarkan produk kepada pelanggan. Kemudian, Anda menyediakan tautan yang mengarah ke tempat penjual jika pelanggan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Sewaktu pelanggan membeli produk melalui tautan yang dibagikan, Anda sudah berhak memperoleh komisi. Komisi ini sudah diatur oleh penyedia program afiliasi.

Kuncinya, Anda harus lebih giat dalam promosi. Baik menggunakan sosial yang sifatnya gratis hingga menggunakan website yang berbayar.

3. Freelance

Bisnis gratisan selalu diminati lainnya adalah bisnis di dunia freelancer. Bisnis ini pun menjanjikan keuntungan. Selagi Anda aktif di bisnis ini, maka penghasilan yang didapatkan pun sangat menjanjikan.

Pilihannya pun sangat bervariasi. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan keterampilan Anda.

Contoh pilihannya adalah freelance penulis lepas, penerjemah hingga voice over/pengisi suara. Jenis keterampilan ini banyak dicari oleh beberapa perusahaan atau pengguna jasa lainnya.

Untuk memulainya, pastikan Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan. Kemudian, daftarkan diri Anda di situs freelance. Kemudian, isi profil dan kemampuan Anda.

Anda juga perlu mengajukan proposal untuk diterima klien di platform freelancer. Selagi Anda menampilkan profil yang meyakinkan, keterampilan Anda akan dilirik dan dihargai mahal oleh klien.

4. Youtuber

Masih terus mengalami pertumbuhan, Youtuber menjadi salah satu bisnis gratisan selalu diminati oleh masyarakat di berbagai negara. Begitu pula di tanah air yang terus menunjukkan pebisnis baru.

Modalnya hanya perangkat untuk merekam, laptop/ponsel pintar dan internet. Setelah memilikinya, Anda cukup mengunggah sebuah video original di platform Youtube.

Bangun channel Youtube hingga bisa berkembang. Usahakan agar konsisten dalam mengunggah video dan pastikan kontennya seragam topiknya. Contohnya channel teknologi, maka kontennya sebaiknya berkaitan dengan teknologi.

Setelah berkembang, Anda bisa memonetize Youtube sesuai keinginan. Mulai dari mengikuti program adsense, afiliasi, langganan membership, hingga endorse dan lain sebagainya.

5. Influencer

Sejauh ini, influencer sudah menjadi bagian dari karir di tengah masyarakat. Ini pun menjadi bisnis gratisan selalu diminati yang menghasilkan keuntungan sangat menjanjikan.

Beberapa influencer bisa mengantongi uang puluhan hingga ratusan juta rupiah di tiap bulannya. Ini tidak lepas dari kemampuannya dalam menyajikan informasi hingga mempengaruhi khalayak ramai sesuai topik yang dibahas.

Ketika sudah memiliki follower loyal, banyak perusahaan besar yang akan meliriknya. Tentunya, influencer ini akan diajak kerja sama untuk mempromosikan produk.

Kerja sama inilah yang membuatnya dibayar dengan bayaran mahal. Ini bergantung pada banyak faktor. Mulai dari tingkat engagement hingga jumlah follower yang dimilikinya. Bahkan, popularitas dari influencer itu sendiri.

6. Jualan Foto

Bisnis gratisan selalu diminati pasar lainnya adalah jualan foto. Ini pun bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan hanya bermodal ponsel pintar di genggamannya.

Tugasnya hanya mengambil beberapa foto yang unik di sekitar. Kemudian, mengunggahnya di situs penjualan foto. Ketika foto ini terjual ke pelanggan, Anda akan memperoleh keuntungan dari penjualan foto tersebut.

Untuk memulainya, daftarkan diri di situs penjualan foto. Lengkapi profilnya dan sepakati ketentuannya. Baru Anda bisa mengoperasikannya sebagaimana mestinya.

Strategi Pemasaran Bisnis Gratis

Seperti halnya bisnis modal besar, bisnis gratisan juga butuh strategi pemasaran. Strategi promosi yang tepat akan membuat bisnis yang ditekuni lebih cepat berkembang. Tentunya, menghasilkan keuntungan seperti yang diinginkan.

Lantas, seperti apa strateginya? Pertama, tentukan terlebih dahulu target marketnya. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa promosi yang dilakukan tepat sasaran. Contohnya adalah menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pasar.

Kedua, bangun sebuah fanspage di media sosial. Atau, buat sebuah wadah khusus untuk menjaring pelanggan.

Ketiga, mulai dengan promosi secara teratur. Jika Anda menggunakan media sosial, usahakan untuk memposting konten promosi dengan tepat.

Promosi konten disesuaikan dengan waktu paling ideal. Yakni, waktu yang mana banyak dimanfaatkan oleh pengguna untuk bermedia sosial. Contohnya pada jam istirahat kerja atau malam hari.

Kemudian, pastikan pula untuk menggunakan hashtag di tiap postingan. Gunakan hashtag populer yang berkaitan dengan produk. Dengan begitu, konten promosi Anda akan ditemukan calon pelanggan dengan lebih mudah.

Keempat kalinya, bangun komunikasi dengan pelanggan. Ini menjadi poin penting untuk membuat pelanggan mau memanfaatkan produk yang Anda promosikan.

Anda bisa mengawalinya dengan mengedukasi pelanggan terkait penggunaan produk. Sembari mengedukasi, jangan lupa untuk memasukkan kata-kata yang mengarah pada ajakan untuk membeli.

Di samping itu, berikan tanggapan di tiap kali pelanggan memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih betah dan mau membeli produk yang telah dipromosikan.

Demikianlah informasi mengenai bisnis gratisan selalu diminati hingga saat ini. Meskipun gratis, bisnis ini ternyata sangat menjanjikan. Jadi, tidak salah bila banyak orang yang tertarik untuk menekuninya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here