Bisnis Budidaya Tanaman Pertanian Yang Paling Menguntungkan

0
967

Saat ini banyak orang ingin membudidayakan tanaman untuk dijadikan peluang usaha. Namun tidak sedikit pula yang kebingungan memilih tanaman apa yang cocok untuk di tanam. Lantas, apa saja jenis tanaman pertanian yang paling menguntungkan?

Berbicara tentang pertanian, peluang usaha di bidang ini memang sangat menjanjikan. Bisnis pertanian tidak akan ada matinya dan akan terus ada tanpa tergerus oleh zaman. Sebab hanya dari hasil pertanian inilah, kebutuhan pakan manusia dapat terpenuhi.

Jadi selama masih ada kehidupan maka bisnis ini tetap akan berkembang. Akan tetapi perlu Anda tahu, tidak semua jenis tanaman akan menguntungkan.

Jenis Tanaman Pertanian Yang Sangat Menguntungkan

Pada dasarnya dengan adanya teknologi pertanian terbarukan sekarang ini, semua jenis tanaman pertanian dapat menghasilkan panen yang berlimpah dan untung yang besar. Namun akan lebih baik lagi bila Anda menanam tanaman yang paling menguntungkan dalam bisnis pertanian.

Apa saja jenis tanaman tersebut? Berikut beberapa tanaman pertanian yang paling menguntungkan yang bisa Anda tanam:

1.Tanaman Kurma

Tanaman yang berasal dari timur tengah ini buahnya cukup banyak digemari di Indonesia. Apalagi saat ramadhan, permintaan buah kurma di masyarakat bisa langsung melonjak tinggi. Untuk membudidayakan kurma, Anda bisa menanam jenis kurma tropis. Yang mana jenis ini dapat ditanam dan tumbuh dengan baik di wilayah tropis Asia Tenggara termasuk Indonesia.

2.Tanaman Cabai

Tanaman pertanian yang paling menguntungkan selanjutnya ialah tanaman cabai. Cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang tidak akan pernah ditinggalkan. Sebab perannya sebagai penambah cita rasa pedas dalam masakan sangatlah penting. Bahkan setiap kali harganya mengalami kenaikan, masyarakat akan tetap membelinya meski dengan harga tinggi.

Untuk mulai membudidayakannya, Anda bisa mencoba dengan menanam jenis cabai yang banyak digunakan seperti cabai merah besar atau cabai keriting. Saat menanam, perhatikan juga musim yang baik agar cabai tidak gagal panen.

3.Tanaman Paprika

Tanaman ini memang tidak sepopuler cabai, di mana paprika umumnya lebih banyak digunakan oleh kalangan menengah atas. Namun perihal keuntungan, paprika dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibanding cabai biasa. Bentuknya yang lebih besar dan tidak kalah pedas menjadikannya biasa dipakai untuk pengganti cabai sebagai bahan masakan.

Karena paprika termasuk jenis tanaman yang sensitif terhadap alam, budidaya tanaman ini harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Anda harus memperhatikan dengan baik pertumbuhannya dan memastikan agar tanaman tidak terkena air hujan supaya batang dan buahnya tidak busuk.

4.Tumbuhan Nanas

Nanas adalah salah satu tanaman yang buahnya tidak hanya dinikmati dimakan langsung tetapi juga dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan. Mulai dari keripik, selai, sirup, sari buah dan lainnya. Bukan hanya oleh rumah tangga tapi juga pabrik dan perusahaan makanan besar lain. Di mana mereka membutuhkan pasokan buah nanas dalam jumlah besar untuk produksinya.

Karena itulah nanas termasuk salah satu jenis tanaman pertanian yang paling menguntungkan dengan peluang pasar yang terbuka lebar. Apalagi di wilayah Indonesia dengan dataran tinggi dan iklimnya yang sejuk memang sangat cocok untuk dijadikan tempat budidaya nanas.

5.Tanaman Tomat

Permintaan pasar terhadap tomat yang tidak pernah surut menjadikan tanaman ini sangat menghasilkan, karena itulah budidaya tomat sangat menguntungkan. Apalagi untuk budidayanya sangat mudah dilakukan dengan masa tanam yang tidak butuh waktu lama dan perawatan yang tidak sulit. Bila ditanam dengan baik, masa panennya akan berjalan cepat dan hasilnya melimpah.

6.Tanaman Herbal

Selain sayuran dan buah, tanaman pertanian yang paling menguntungkan ialah jenis tanaman herbal. Hal ini karena peran tanaman herbal sangat penting sebagai bumbu dapur dan obat-obatan alami. Adapun beberapa jenis tanaman herbal diantaranya yaitu jahe, kunyit, daun mint dan daun basil.

Penanaman dan perawatan tanaman ini mudah sekali dilakukan dan tidak butuh waktu tanam yang lama. Selain itu lahan yang dibutuhkan juga tidak harus luas dan hanya perlu cukup air agar tanaman tumbuh subur.

7.Tanaman Organik

Tanaman organik ditanam dengan media tanah dan dirawat tanpa bahan kimia ataupun pestisida. Ada 2 alasan mengapa tanaman organik termasuk tanaman pertanian yang paling menguntungkan. Pertama, minat masyarakat terhadap tanaman ini yang semakin tinggi seiring dengan kesadaran mereka akan bahaya penggunaan bahan-bahan kimia pada hasil pertanian.

Sementara alasan yang kedua ialah permintaan dari supermarket yang tinggi. Akan tetapi kelemahannya, untuk budidaya tanaman organik Anda harus terlatih dalam mengelola dan perlu menyiapkan biaya awal yang cukup besar. Namun hal ini sebanding dengan keuntungan yang dapat diperoleh.

8.Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik ditanam menggunakan media air yang bersilkulasi dengan ditambahkan berbagai nutrisi penting dari bahan kimia. Tanaman ini biasanya banyak dijual di supermarket-supermarket besar dengan target pasar kalangan menengah ke atas. Harga jualnya bisa berkali-kali lipat lebih tinggi jika dibanding hasil pertanian konvensional, begitu pula keuntungannya.

Dibandingkan tanaman pertanian yang paling menguntungkan lainnya, jenis tanaman hidroponik lebih irit lahan. Sebab budidayanya bisa dengan memakai bahan paralon yang ditata secara bertingkat di halaman rumah. Yang terpenting ialah sistem pengairannya baik untuk memastikan tumbuhan cukup nutrisi.

Cara Budidaya Tanaman Pertanian Yang Menguntungkan

Seperti yang telah dijelaskan, bidang pertanian memang bisa sangat menguntungkan. Karena itulah banyak orang tertarik untuk terjun didalamnya dengan mulai budidaya sendiri. Nah, bagi Anda ingin budidaya tanaman pertanian, berikut ini beberapa tips mengenai cara budidaya tanaman agar sukses dan menguntungkan:

1.Pilih Jenis Tanaman Yang Cepat Panen

Tanaman pertanian yang paling menguntungkan adalah tanaman yang nilai jualnya tinggi dan masa tanamnya pendek alias cepat panen. Untuk itulah, Anda perlu mengenali beberapa jenis tanaman terlebih dulu sebelum menentukannya. Selain itu, pilih juga tanaman yang mudah ditanam untuk meminimalisir resiko terjadinya gagal panen di awal budidaya.

2.Tentukan Lokasi Penanaman Yang Tepat

Beberapa jenis tanaman ada yang cocok ditanam di lahan yang sejuk seperti di pengunungan, namun ada pula yang sebaiknya di dataran rendah. Jadi pastikan lokasi Anda memang tepat untuk budidaya tanaman yang Anda pilih. Atau Anda bisa memilih tanaman yang akan tumbuh subur di tempat Anda.

3.Rawat Tanaman dengan Baik

Meskipun Anda menanam tanaman pertanian yang paling menguntungkan, hal ini tidak menjamin keuntungan yang didapat jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Oleh sebab itulah, jaga tanaman agar terhindar dari hama ataupun kerusakan akibat teknik perawatan yang salah.

4.Manfaatkan Lahan Sempit

Untuk memperoleh keuntungan yang besar dari bidang pertanian, Anda tidak perlu lahan luas untuk budidaya. Anda bisa memanfaatkan lahan atau tanah yang Anda miliki meski luasnya tidak seberapa. Seperti dengan memanfaatkan lahan sempit tersebut untuk budidaya tanaman dengan sistem hidroponik.

Agar budidaya tanaman berjalan sukses dan menguntungkan, ada 3 hal paling penting yang harus diperhatikan, yakni pemilihan jenis tanaman, lokasi dan teknik bercocok tanam. Karena itulah Anda tidak boleh asal untuk mulai melakukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here