8 Ide Bisnis Di Masa New Normal Yang Berpotensi Berkembang

0
850

ide bisnis di masa new normal

Cari ide bisnis di masa new normal? Sebentar lagi Indonesia akan memberlakukan era new normal. Di mana masyarakat sudah bisa mulai kembali beraktivitas normal namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Karena itulah para pelaku bisnis kini sudah mulai bergeliat kembali mencari peluang-peluang usaha yang dinilai menjanjikan dan punya potensi berkembang di masa berlakunya new normal.

8 Ide Bisnis Di Masa New Normal

Pada masa new normal, akan terjadi perubahan perilaku di masyarakat. Yang mana itu juga berpengaruh pada kegiatan bisnis dan usaha yang memiliki potensi berkembang dengan prospek menjanjikan di masa itu. Nah, untuk Anda yang masih memikirkan ide bisnis untuk dijalankan di masa new normal, berikut beberapa ide untuk Anda:

  1. Makanan Beku/Frozen Food

Permintaan akan produk frozen food kemungkinan masih terus meningkat saat new normal diterapkan. Pasalnya, banyak orang berpikir untuk menyimpan stok bahan makanan lebih lama guna mengurangi intensitas keluar rumah.

Ditambah lagi, makanan sejenis frozen food umumnya adalah makanan siap saji yang tahan lama sehingga tepat untuk orang tidak pandai memmasak. Anda bisa menjadikan kondisi ini sebagai ide bisnis di masa new normal dengan membuka usaha produk frozen food seperti bakso, dimsum, sosis dan sebagainya.

  1. Sayur dan Buah Online

Di masa pandemi virus covid-19 dan new normal, permintaan terhadap sayuran dan buah-buahan diprediksi akan terus meningkat. Ini tidak lain karena semakin banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.

Namun mengingat kebijakan pemerintah yang membatasi gerak di luar rumah, usaha jual sayur dan buah secara online dinilai akan menguntungkan pada masa ini. Anda bisa memanfaatkan penggunaan platform situs web atau aplikasi jual beli online untuk mengoperasikan bisnis ini. Lakukan kerjasama dengan supplier lokal untuk meningkatkan peluang keuntungan.

  1. Minuman Herbal

Kembalinya masyarakat melakukan aktivitas seperti biasanya saat new normal diberlakukan, mengharuskan mereka lebih bisa menjaga imunitas tubuh supaya tidak tertular virus. Untuk alasan itulah minuman herbal dan produk kesehatan dari ramuan herbal alami banyak dicari.

Nah, Anda bisa mengambil kesempatan usaha ini dengan memulai bisnis produk minuman herbal atau jamu. Buatlah jamu dalam kemasan siap minum agar lebih praktis dan pastikan kandungannya bermanfaat tinggi juga enak.

Selain minuman herbal, Anda juga bisa jualan suplemen untuk kekebalan tubuh. Misalnya saja suplemen HemoHIM. Ini banyak sekali dicari oleh masyarakat saat ini.

  1. Coffee at Home/Office

Kebutuhan ngopi tampaknya memang sulit untuk dihilangkan. Apalagi sebelum terjadi pandemi, nongkrong di cafe atau coffe shop sembari menikmati secangkir kopi sudah menjadi kebiasaan. Pada saat new normal, coffe shop memang telah boleh beroperasi namun jumlah pengunjungnya akan dibatasi sehingga mungkin akan cukup susah untuk kebagian tempat.

Nah, kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk mencari peluang usaha dengan menjual produk kopi kemasan siap minum. Tawarkan ragam varian rasa dengan kemasan menarik untuk siap diantar di rumah ataupun di kantor.

  1. Layanan Belanja Online

Saat physical distancing diberlakukan, orang-orang akan cenderung malas untuk terlalu sering pergi ke tempat-tempat pusat keramaian. Untuk itulah Anda bisa mengambil kesempatan membuat layanan belanja online. Di mana Anda menjual jasa pembelian, bukan menjual barang. Jadi disini Anda hanya akan membeli dan mengantar pesanan saja.

  1. Layanan Kesehatan Online

Beberapa perusahaan sekarang ini memang sudah ada yang menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter via aplikasi. Pada masa new normal, layanan jasa ini tampaknya akan semakin banyak dimanfaatkan sesuai dengan himbauan physical distancing. Di mana ke depannya, bisnis seperti ini diperkirakan masih akan semakin berkembang dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

  1. Alat Sanitasi dan Perlindungan Diri

ide bisnis jual masker

Menjual alat kesehatan dan perlindungan diri seperti masker dan hand sanitizer menjadi ide bisnis di masa new normal yang masih menjanjikan. Selain memberi kontribusi besar bagi masyarakat, Anda juga dapat meraup banyak keuntungan. Mengingat banyaknya pesaing dalam bisnis ini, lakukan promosi sebaik mungkin dan buatlah kemasan atau desain yang menarik untuk produk. Sepert kemasan hand sanitizer yang mudah dibawa kemana-mana dan tampil kekinian.

  1. Produk Kecantikan Rumah

Selama masa pandemi covid-19, banyak orang yang sama sekali tidak bisa pergi ke salon untuk merawat dan mempercantik diri. Pada akhirnya, tak sedikit yang memutuskan untuk bleaching dan cat rambut secara mandiri dengan keahlian yang ala kadarnya. Bahkan ada banyak orang yang mulai coba-coba melakukan eksperimen dengan rambutnya sendiri dan membuat style rambut baru.

Bagi Anda yang punya salon, ini bisa jadi peluang untuk jual produk salon dalam kemasan ekonomis yang bisa dipakai sendiri oleh pelanggan di rumah. Atau jika baru memulai bisnis, cobalah cek tren kecantikan yang sedang booming saat ini.

Yang Harus Diperhatikan Saat  Berbisnis Di Masa New Normal

Dalam menjalankan bisnis di masa new normal tidak bisa disamakan dengan saat masa normal sebelum pandemi. Untuk itu, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis di masa new normal:

  1. Manajemen Krisis

Peran manajemen krisis akan selalu dibutuhkan, terlebih lagi dalam masa new normal. Ini penting diperhatikan guna mengelola tantangan logistik dan strategi serta memberikan informasi yang faktual. Dalam hal ini, Anda perlu membentuk sebuah tim untuk menilai titik-titik pada resiko dan melakukan penyesuaian apa yang diperlukan dalam bisnis.

  1. Tenaga Kerja

Dalam sebuah usaha, karyawan atau tenaga kerja adalah aset terbesar dan yang paling penting untuk menjalankan bisnis. Namun pada saat pandemi seperti ini, jumlah karyawan yang diizinkan bekerja dibatasai dan banyak dari mereka yang khawatir akan pekerjaannya di masa depan.

Untuk itu, di masa new normal pemimpin harus pandai menentukan karyawan yang akan bekerja tetap dan yang diperlukan untuk mendukungnya. Efisiensi tenaga kerja dapat membantu bisnis Anda melewati masa new normal, termasuk dampak dari berbagai program pemerintah serta kemungkinan PHK.

  1. Rantai Pasok

Pada masa pandemi covid-19 ini, banyak bisnis yang terperangkap dan merugi karena terganggunya rantai pasokan bisnis. Untuk itu, mereka harus bertindak cepat memastikan bahwa produksi dan pengelolaan stok tidak terpengaruh oleh kebijakan saat pandemi atau tidak dapat dikirim. Bisnis perlu memeriksa semua ketersediaan rantai pasokan juga rencana untuk mengaktifkan dengan normal kembali saat pembatasan new normal dicabut.

  1. Keuangan dan Likuiditas

Pengelolaan keuangan dan likuiditas adalah prioritas utama untuk menjaga agar perusahaan tetap beroperasi. Penting untuk sebuah usaha memperhatikan dan meneliti hal ini guna mengetahui perkembangannya. Terutama pada masa new normal, Anda harus memiliki pembukuan untuk memperoleh laporan keuangan dan data finansial lainnya.

  1. Strategi dan Merk

Karena situasi yang tidak stabil selama masa pandemi dan new normal, Anda bisa mempertimbangkan strategi dan cara-cara baru yang berhasil dilakukan di saat pandemi sebelumnya. Contohnya seperti menjual produk secara online dan menerapkan gratis ongkir.

Yang tidak kalah penting dari semua hal diatas adalah keyakinan dan kepercayaan diri Anda untuk mengelola usaha. Juga kedisiplinan, kesabaran dan sikap pantang menyerah dalam menjalankan bisnis agar terus berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here