5 Jenis Usaha Sampingan Yang Cocok Buat Karyawan

0
208

Usaha sampingan yang dilakukan karyawan ialah sesuatu yang wajar dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, tidak sedikit karyawan yang belum melakukannya karena modal yang terbatas.Padahal tren bisnis tahun 2019 banyak yang bisa dilakukan oleh karyawan tanpa modal yang besar. Inilah beberapa di antaranya:

1. Jasa Laundry

Sekarang ini tidak sedikitorang yang ingin serba praktis, tidak terkecuali dalam urusan mencuci pakain. Inilah peluang untuk Anda yang hendak memulai jasa laundry.Agar menguntungkan, urusan yang satu ini membutuhkan pertimbangkan lokasi yang strategis.

Anda bisa memilih lokasi di sekitar perguruan tinggi atau pabrik-pabrik.Jika berbicara modal, untuk membuat usaha jasa laundry ini, Anda membutuhkan modal sedikitnya Rp 10 juta. Sebagian besar uang tersebut dipakai untuk membeli sebuah mesin cuci tabung otomatis dan juga mesin pengiring. Sedangkan sisanya untuk membeli berbagai perangkat tambahan seperti timbangan, plastik, dan setrika sedangkan gaji seorang pegawai Rp  750 ribu s.d Rp 1 juta per bulan.

2. Menjual Pulsa Elektrik

Tren bisnis tahun 2019 yang bisa Anda coba adalah menjual pulsa elektrik. Menjual pulsa merupakan ide-ide bisnis yang dapat meningkat seiring dengan semakin banyaknya pemakai telepon seluler. Kabarnya, seorang pebisnis pulsa di Jakarta bisa mempunyai omset Rp 2 triliun setahun.

Jika Anda hendak berbisnis pulsa, Anda dapat memilih pulsa elektrik sebagai permulaan.Pulsa elektrik dapat dijalankan melalui telepon genggam Anda sehingga tidak terlalu merepotkan.Untuk mengawali bisnis pulsa elektrik, modal yang kita sediakan tidak banyak, hanya sekitar Rp 1 juta s.d Rp 3 juta. Calon konsumen Anda dapat saja rekan dari sepekerjaan Anda atau tetangga di sekitar rumah Anda.

3. Menjual Makanan Sarapan

Menyediakan makanan sarapan merupakan gagasan bisnis sampingan yang menjanjikan untuk Anda. Hal ini karena tidak sedikit karyawan yang kerepotan untuk meluangkan waktunya sendiri untuk membuat sarapan.Menariknya lagi, Anda dapat memanfaatkan halaman depan rumah tinggal Anda untuk memasarkan makanan tersebut.

Di samping itu, menu yang kita tawarkan dapat beragam, seperti bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan.Modal yang butuhkan untuk membuat usaha sampingan ini sekitar Rp 4 juta per bulan. Hal itu digunakan sebagain besar untuk membeli berbagai barang baku, seperti beras, telur, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran.

Sedangkan sebagian kecil lainnya untuk membeli bahan bakar, kemasan atau bungkus makanan. Dengan modal itu, Anda mempunyai kesempatan untuk memperoleh keuntungan sebesar Rp 2 juta per bulan.

4. Membuat Blog

Anda sadari atau tidak, ngeblog sangat digemari dalam lima tahun terakhir. Oleh sebab itu, membuat blog dapat Anda jadikan sebagai kegiatan sampingan untuk dapat menghasilkan pundi-pundi tambahan.Contohnya, ketika menjadi karyawan, lakukanlah hal ini tanpa mengganggu waktu kerja Anda.

Bisa dibilang membuat blog dapat dilakuakan ketika senggang.   Pondasi awal dalam membuat blog tidaklah sulit. Cukup memakai situs penyedia blog gratis untuk mencobanya, contohnya blogspot.com. Tulislah hal-hal yang Anda pahami atau sukai untuk menghasilan postingan yang berkualitas.Jika Anda bekerja di dunia maya, tak ada salahnya untuk membuat blog tentang tips sukses seputar bidang internet.

Sedangkan bagi Anda yang mempunyai hobi memasak, tak ada salahnya untuk membagi berbagai resep sehat dan enak melalui blog tersebut.Dengan melakukan hal yang sering dilakukan atau disukai, otomatis hasil postingan Anda berkualitas baik.

Dengan postingan yang bagus, maka dengan sendirinya iklan-iklan akan menghampiri blog Anda.Namun jangan merasa puas hanya dengan hal itu saja, Anda tetap harus mempelajari berbagai teknik mnghasilkan uang melalui blog dengan rajin membaca dan mengikuti berbagai workshop yang sesuai.

5. Membuat Toko Online

Seperti halya ngeblog, menciptakan toko online juga sedang ngetren. Pantas saja jika usaha ini menjadi tren bisnis tahun 2019. Salah satu alasannya ialah gaya melakukan pembelian barang masyarakat saat ini mulai bergeser ke gaya berbelanja online.Di lihat dari segi barang yang dijual, Anda dapat menjual barang sendiri atau barang orang lain. Juallah barang yang umum dipasarkan para pelaku toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, dan kaos.

Sementara itu, barang digital yang populer dipasarkan adalah ebook, software, musik, theme, plugin, dan video tutorial.Modal yang butuh Anda siapkan untuk menciptakan toko online tidaklah besar. Sebagai contoh, modal Anda hanyalah sebuah blog dan desain templae yang menarik untuk digunakan.

Jangan khawatir untuk hal tersebut sekarang ini telah banyak template gratis toko online. Sekalipun harus membeli, Anda dapat membeli template yang harganya di bawah Rp 300 ribu.Namun jika bingung membuat toko online sendiri, maka Anda dapat saja menggunakan market place online seperti BukaLapak dan Tokopedia yang sangat mudah digunakan.

Keunikan dari toko online lainnya adalah sistem dropshipper. Dengan sistem ini, dropshipper dapat mengirim barang langsung dari suplier menuju pembeli. Itulah 5 bisnis sampingan yang menjadi trend bisnis tahun 2019. Bisnis-bisnis di atas dapat dilakukan oleh karyawan tanpa membutuhkan modal yang besar. Meski modalnya minim, keuntungan yang didapat dapat membuat kantong Anda semakin besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here