15 Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan di Saat Pandemi Covid-19

0
400

peluang usaha baru

Di era pandemi sekarang ini, segala aktivitas di luar rumah memang dibatasi guna dapat mencegah penularan virus Covid-19. Namun meski demikian, kondisi itu bukan berarti bisa menghambat kreativitas, termasuk dalam mencari peluang usaha baru.

Tak dipungkiri, sejak wabah virus covid-19 muncul di Indonesia, himbauan agar tetap di rumah saja semakin digalakkan pemerintah. Akibatnya, banyak tempat usaha tutup dan bahkan sampai gulung tikar. Sehingga mau tak mau mereka harus mencari usaha lain yang bisa dijalankan di tengah masa pandemi, seperti jenis usaha online.

15 Peluang Usaha Via Online di Tengah Pandemi

Menemukan peluang usaha baru di tengah pandemi covid-19 sebenarnya tidak susah. Apalagi mengingat sekarang semuanya bisa dikerjakan dengan mudah menggunakan internet. Ini dapat Anda manfaatkan untuk mencari peluang usaha baru yang dapat dijalankan dari rumah melalui online. Jadi Anda bisa sekaligus bekerja dan menaati himbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja.

Nah, berikut beberapa peluang usaha online yang cukup menjanjikan di tengah pandemi covid-19 yang bisa Anda jalankan:

  1. Makanan

bisnis makanan online

Sektor makanan adalah salah satu yang paling menjanjikan. Terlebih lagi di masa pandemi, aturan memperbolehkan untuk sektor makanan diizinkan beroperasi asal mengikuti peraturan. Anda bisa menjalankan usaha atau katering secara online dengan menerima dan menyediakan jasa layanan pesan antar.

  1. Jual Snack Kiloan

Di saat pandemi seperti ini, kebanyakan orang menjadi lebih suka nyemil. Nah, disinilah menjual snack kiloan bisa jadi peluang usaha baru yang menjanjikan. Anda tidak perlu membuatnya sendiri, beli saja di produsen snack kiloan yang jual dengan harga terjangkau sehingga bisa Anda jual kembali via online dengan harga murah.

  1. Jual Foto

Bagi Anda yang punya hobi fotografi atau memiliki banyak stok foto-foto keren, Anda bisa menjualnya secara online melalui situs atau sosial media. Biasanya foto-foto ini dicari oleh perusahaan untuk menunjang kebutuhan iklan mereka. Dimana nantinya perusahaan akan membeli stok foto melalui situs dan situs tersebut akan membayar Anda, atau sesuai kesepakatan.

  1. Freelance Penulis Artikel

Untuk yang suka menulis, menjadi seorang freelance penulis artikel bisa juga menjadi usaha yang menguntungkan. Situs-situs yang ada di internet biasanya membutuhkan banyak artikel, dimana permintaan akan penulis untuk mengerjakannya masih banyak di masa pandemi ini. Anda cukup menulis artikel sesuai tema yang diminta dari rumah tanpa perlu keluar.

  1. Jasa Desain Grafis

Ini bisa sangat menguntungkan mengingat tidak semua orang menguasai skill ini. Terlebih lagi banyak individu bahkan lembaga perusahaan yang membutuhkan konten visual untuk berbagai kepentingan. Disini Anda cukup duduk di depan laptop dan kembangkan kreatifitas seluas mungkin. Sementara pemasaran bisa dilakukan melalui sosial media atau daftarkan diri di situs terkait.

  1. Buat Podcast Sendiri

Podcast adalah rekaman audio seseorang atau lebih, bisa merupakan monolog ataupun percakapan dengan topik tertentu. Seperti tips-tips mencar kerja hingga wawancara, cara mengurus anak hingga referensi buku. Jika Anda memiliki suatu keahlian spesifik, sebaiknya fokuslah pada hal terkait topik tersebut.

  1. Jadi Youtuber

Tak ada salahnya mencoba jadi youtuber, apalagi sekarang ini profesi youtuber bisa sangat menghasilkan meski di tengah-tengah masa pandemi covid-19. Anda juga tak perlu repot, cukup buat konten menarik di rumah seperti video totorial atau lainnya, kemudian upload di channel Youtube Anda.

  1. Jual Pulsa dan Paket Data

Berbarengan dengan munculnya himbauan untuk di rumah saja, kegiatan belajar dan bekerja dianjurkan untuk dijalankan dari rumah. Akibatnya, kebutuhan akan internet jadi meningkat, dimana pulsa dan paket data menjadi barang yang harus dimiliki. Hal ini tentu menjadikan bisnis penjualan pulsa dan paket data menjadi bisa sangat menguntungkan.

  1. Dropshiper

Tanpa perlu keluar modal dan hanya membutuhkan kuota internet lalu mencari pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Disini, Anda hanya berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli tanpa harus ikut langsung dalam pengiriman barang. Keuntungan Anda berasal dari kesepakatan selisih harga.

Di saat pandemi seperti saat ini, yang paling tepat adalah dropship produk kesehatan karena permintaannya sangat tinggi. Misalnya saja Anda bisa memilih produk suplemen kekebalan tubuh yang permintaannya sangat banyak.

  1. Bisnis Sembako

Walaupun sedang dalam masa pandemi, kebutuhan sembako tetap diperlukan oleh masyarakat. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan menjual sembako secara online, dimana pesanan sembako akan diantarkan langsung ke rumah sehingga konsumen tidak perlu pergi keluar.

  1. Bisnis Makanan Beku

Pada masa pandemi seperti ini, banyak orang yang memilih makanan beku untuk disimpan demi mengurangi intensitas keluar rumah. Ini tentu bisa jadi peluang usaha menjanjikan untuk Anda menjual jenis makanan beku atau frozen food. Untuk sistem penjualannya bisa dilakukan secara online guna meminimalisir kontak fisik dengan pelanggan.

  1. Jasa Laundry

Jika memiliki banyak waktu kosong di rumah, tak ada salahnya untuk membuka jasa laundry. Dalam usaha ini, yang terpenting adalah utamakan kebersihan dan pastikan untuk memisahkan pakaian pelanggan agar tidak tercampur.

  1. Jual Masker Kain

Untuk menjual masker, akan lebih baik buat atau jahit sendiri masker yang akan dijual. Kemudian bisa Anda jual via online dengan harga murah.

  1. Jual Hand Sanitizer

Selain masker, bisnis hand sanitizer juga dinilai menjanjikan untuk Anda yang mencari peluang usaha baru di tengah pandemi covid-19. Anda bisa membuat hand sanitizer sendiri dan menjualnya secara online mengingat permintaannya yang terbilang sangat tinggi saat ini.

  1. Bisnis Herbal

Herbal dikenal dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bisa membantu untuk melawan jangkitan virus, karena itulah permintaannya cukup tinggi saat ini. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari peluang bisnis ramuan atau minuman herbal yang banyak dicari via online.

Tips Menjalankan Promosi Usaha di Tengah Pandemi

Bisnis online menjadi salah satu usaha yang kian banyak diminati di tengah pandemi sekarang ini. Karena selain bisa dikerjakan di rumah, bisnis ini juga cukup praktis dan cocok untuk kerja sampingan maupun utama. Meskipun begitu, strategi promosi tetap penting dilakukan. Untuk itu, berikut beberapa tips untuk Anda:

  1. Promosi Langsung

promosi bisnis online

Yang dimaksudkan disini ialah promosi dari mulut ke mulut seperti dari tetangga hingga ke kenalan. Penting diingat, saat menjalankan promosi ini jangan lupakan untuk memakai masker dan perhatikan jaga jarak.

  1. Promosi Via Media Sosial

Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp hingga Line. Pastikan membuat caption dan foto tentang usaha Anda semenarik mungkin agar promosi mendapat respon yang baik.

  1. Jualan di Marketplace

Ada banyak marketplace yang tersedia untuk dijadikan tempat promosi usaha online Anda. Jika dikuasi dengan baik, melakukan promosi di markertplace bisa sangat menguntungkan, apalagi bila produk Anda bisa berada di halaman utama pencarian.

  1. Pakai Jasa Endorsement

Jika usaha sudah masuk dalam kategori UKM dengan pangsa pasar cukup besar, Anda mungkin bisa menggunakan jasa endorsment untuk promosi. Anda bisa mengajak content creator atau influencer untuk mengenalkan usaha Anda.

Pandemi virus covid-19 memang memaksa sebagian orang mencari peluang usaha baru mengingat beberapa jenis usaha tidak bisa beroperasi. Maka tak heran bila sekarang ini banyak yang beralih ke bisnis yang lebih menjanjikan saat pandemi terutama dalam bidang online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here