Cara Memulai Bisnis Rental Dengan Modal Ringan

0
213

Di awal tahun ini banyak perusahaan yang menyayangkan beberapa karyawannya yang mengundurkan diri dari pekerjaannya. Banyak yang menjadi pemicu seperti gaji yang tak sesuai, bos yang menyebalkan, atau jam kerja yang kurang efektif. Di era yang cukup modern seperti saat ini membuka bisnis sendiri dapat dengan mudah dilakukan. Terlebih perkembangan internet yang cukup signifikan dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis yang yang akan dijalankan.

Macam-macam trend bisnis tahun 2019 yang juga menjanjikan salah satunya adalah bisnis rental ynag menjadi primadona para traveller. Untuk memulai bisnis tersebut yang perlu disiapkan selain modal adalah juga motivasi yang tinggi untuk membuka bisnis. Karena membuka bisnis tidaklah mudah, akan ada tantangan dan halangan sebelum kesuksesan.

Memulai Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Kecil

Pertama, untuk memulai bisnis rental mobil modal yang dibutuhkan memang tidak sedikit. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan membeli beberapa armada terlebih dahulu, seiring berjalannya waktu armada akan bertambah sesuai permintaan pelanggan. Mengingat rental mobil menjadi trend bisnis tahun 2019 peluang tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan beberapa tips memulai bisnis rental mobil seperti berikut ini.

1. Pilih Jenis Mobil Yang Ideal

Pemilihan jenis mobil untuk dijadikan bisnis rental mobil harus lebih selektif dan teliti. Jika tidak maka bisa merugikan bisnis yang akan dijalankan. Oleh sebab itu pilihlah jenis mobil yang lebih irit bahan bakar, karena biasanya pelanggan lebih suka menggunakan mobil yang tidak boros BBM. Dengan menyediakan mobil yang hemat BBM akan lebih mudah mendapatkan pelanggan karena sudah jelas memiliki banyak peminat.

Mengapa demikian? Karena tentu armada yang lebih irit BBM juga akan mempengaruhi harga sewa. Harga sewa yang lebih murah cocok bagi para traveller yang juga ingin menghemat pengeluaran mereka. Oleh karenanya cari jenis mobil yang ideal dan disukai konsumen agar lebih mudah mendapat pelanggan.

2. Gunakan Armada Yang Masih Baru

Langkah kedua untuk memulai trend bisnis tahun 2019 adalah gunakan armada yang masih baru agar lebih nyaman saat digunakan oleh pelanggan. Selain memberikan kenyamanan kepada konsumen, armada yang masih baru juga memilili nilai plus untuk menarik hati konsumen karena tampilannya yang masih mulus. Dibanding dengan membeli mobil bekas yang memiliki perhatian ekstra untuk biaya perawatannya, mobil baru dapat menghemat biaya untuk membuka rental mobil.

Selain itu jangan terburu-buru untuk membeli banyak armada baru di awal membangun sebuah bisnis. Karena permintaan konsumen akan terbatas, seiring berjalannya waktu dan ketika bisnis anda telah berkembang permintaan akan bertambah.

3. Pilih Pembelian Non Tunai

Bagi anda yang memang telah siap secara finansial, perhatikan dulu agar tidak membeli mobil secara tunai. Dengan begitu anda lebih dapat mengelola keungan secara bertahap, selain itu dengan tidak membeli armada secara tunai akan meminimalisir resiko buruk yang akan terjadi. Jika anda tidak memiliki cukup modal besar untuk membeli mobil baru maka anda bisa membeli mobil secara kredit.

Anda cukup siapkan dana 30% dari harga mobil yang diinginkan melalui sarana lembaga pembiayaan. Cara ini terbukti cukup aman untuk kelangsungan bisnis rental mobil anda. Dengan memilih cara membeli mobil secara kredit maka biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan usaha rental anda dapat tertutupi.

4. Buat Prosedur Untuk Usaha Rental Anda

Membuka bisnis rental mobil memang sangat riskan dengan beberapa resiko buruh yang bisa terjadi. Salah satunya adalah kasus pencurian mobil dan penipuan. Namun jangan khawatir, hal tersebut dapat disiasati dengan membuat prosedur penyewaan demi kenyamanan bersama. Jika biasanya jasa rental mobil kebanyakan membutuhkan KTP, SIM , atau surat penting lainnya untuk dijadikan jaminan, anda dapat menambahkan pengamanan kendaraan anda menggunakan GPS tracker dan juga navigasi.

Atau jika tidak, anda dapat menyediakan paket rental sekaligus dengan sopirnya juga. Dengan begitu resiko terjadinya kehilangan mobil dapat diminimalisir.

5. Jangan Lupa Melakukan Promosi

Promosi adalah hal yang diwajibkan dalam menjalankan sebuah usaha. Sebagai trend bisnis tahun 2019 tentunya akan memiliki banyak kompetitor yang juga akan gencar melakukan promosi. Maka anda tidak boleh kalah start dengan yang lainnya, tentu dengan menjalani persaingan secara sehat. Anda dapat mengikuti jejak bisnis usaha rental yang sudah terkenal sebelumnya. Untuk melakukan promosi anda dapat memanfaatkan internet yang telah terbukti pengguna internet semakin kesini semakin berkembang.

Untuk meminimalisir biaya promosi, anda dapat memanfaatkan sosial media seperti facebook, instagram, atau sosial media lainnya yang tidak membutuhkan biaya tambahan sebagai ajang promosi. Meskipun armada yang dipunya baru satu tidak akan menyiutkan niat konsumen untuk menggunakan jasa anda. Asalkan promosi yang dilakukan rutin dan aktif. Selain itu jika anda memiliki rekan bisnis tour, hotel atau restoran juga bisa untuk anda ajak kerja sama agar permintaan pelanggan lebih banyak anda dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here